Cara mengganti Keyboard secara otomatis agar sesuai dengan Bahasa Teks di Word, PowerPoint, Publisher

Anda dapat mengetik dalam berbagai bahasa di Word, PowerPoint, dan Publisher. Aplikasi ini tidak mengganti keyboard jika Anda mencoba mengedit kata bahasa asing. Jika Anda ingin secara otomatis mengganti keyboard agar sesuai dengan bahasa teks di Word, PowerPoint, dan Publisher, panduan ini cocok untuk Anda. Anda dapat mengaktifkan atau menonaktifkan pengaturan ini menggunakan panel Opsi, Editor Kebijakan Grup Lokal, dan Editor Registri. Namun, hanya Publisher yang mengizinkan pengguna menggunakan metode GPEDIT dan REGEDIT.

Otomatis beralih Keyboard agar sesuai dengan Bahasa Teks di Word & PowerPoint

Untuk secara otomatis mengganti keyboard agar sesuai dengan bahasa teks di Word dan PowerPoint, ikuti langkah berikut:
Buka Microsoft Word atau PowerPoint.Klik tombol Opsi.Beralih ke tab Lanjutan.Centang kotak Otomatis beralih keyboard untuk mencocokkan bahasa teks di sekitarnya.Klik tombol OK.
Untuk mengetahui lebih lanjut tentang langkah-langkah ini, lanjutkan membaca.

Pertama, Anda perlu membuka Microsoft Word atau PowerPoint di komputer. Kemudian, klik Opsi yang terlihat di sudut kiri bawah untuk membuka panel Opsi Word/PowerPoint.

Selanjutnya, alihkan ke tab Lanjutan dan centang kotak Otomatis alihkan keyboard untuk mencocokkan bahasa teks di sekitarnya.

Terakhir, klik tombol OK untuk simpan perubahan.

Seperti yang dikatakan sebelumnya, Anda dapat mengaktifkan atau menonaktifkan pengaturan ini di Publisher menggunakan Editor Kebijakan Grup Lokal dan Editor Registri. Oleh karena itu, jika Anda menggunakan Publisher, Anda dapat terus mengikuti dua metode berikut.

Otomatis mengganti Keyboard agar sesuai dengan Bahasa Teks di Publisher

Untuk secara otomatis mengganti keyboard agar sesuai dengan bahasa teks di Publisher menggunakan Kebijakan Grup, ikuti langkah-langkah berikut:
Tekan Win+R > ketik gpedit.msc > tekan tombol Enter.Buka Advanced in User Configuration.Klik dua kali pada Automatically switch keyboard to match language of around text setting.Pilih opsi Enabled untuk mengaktifkan.Pilih opsi Disabled untuk menonaktifkan.Klik tombol OK.
Mari kita temukan mengetahui lebih lanjut tentang langkah-langkah ini.

Untuk memulai, Anda perlu menekan Win+R untuk membuka perintah Jalankan, ketik gpedit.msc, dan tekan tombol Enter. Kemudian, navigasikan ke jalur ini:
User Configuration > Administrative Templates > Microsoft Publisher 2016 > Publisher Options > Advanced

Klik dua kali pada Automatically switch keyboard to match language of around text setting dan pilih opsi Enabled untuk mengaktifkan dan opsi Disabled untuk menonaktifkan.

Akhirnya , klik tombol OK untuk menyimpan perubahan.

Catatan: Jika Anda ingin menyetel default pabrik, buka setelan yang sama di Editor Kebijakan Grup Lokal, dan pilih opsi Tidak Dikonfigurasi. Atau, Anda juga dapat memilih opsi Dinonaktifkan . Terakhir, Anda perlu memulai ulang aplikasi Publisher untuk mendapatkan perubahan yang sesuai.

Otomatis alihkan keyboard agar sesuai dengan bahasa teks di Publisher menggunakan Registry

Untuk secara otomatis mengganti keyboard agar sesuai dengan bahasa teks di Publisher menggunakan Registry, ikuti langkah-langkah berikut:
Telusuri regedit dan klik hasil penelusuran .Klik tombol Ya di permintaan UAC.Buka Microsoftoffice16.0 di HKCU.Klik kanan pada 0 > Baru > Kunci dan tetapkan namanya sebagai penerbit.Klik kanan pada penerbit > Baru > Kunci dan beri nama sebagai preferensi .Klik kanan pada preferensi > Baru > StringValue.Sebut saja autokeybd.Klik dua kali untuk menyetel data nilai sebagai 1.Klik tombol OK dan mulai ulang PC Anda.
Untuk mengetahui lebih lanjut tentang langkah-langkah ini, lanjutkan membaca.

Pertama, telusuri regedit, klik hasil penelusuran, dan klik tombol Ya untuk membuka Registry Editor di komputer Anda.

Kemudian, navigasikan ke jalur ini:
HKEY_CURRENT_USERSoftwarePoliciesMicrosoftoffice16.0
Jika Anda tidak dapat menemukan 16.0, Anda n eed untuk membuat sub-kunci tersebut secara manual. Untuk itu, klik kanan pada Microsoft > New > Key dan beri nama sebagai office. Kemudian, lakukan hal yang sama untuk membuat kunci 16.0.

Klik kanan pada 16.0 > Baru > Kunci dan beri nama sebagai penerbit. Setelah itu, ulangi langkah yang sama untuk membuat sub-kunci bernama preferences.

Selanjutnya, klik kanan pada preferences > New > String Value dan tetapkan namanya sebagai autokeybd.

Lalu, klik dua kali untuk menyetel Value data sebagai 1 dan klik tombol OK.

Terakhir, tutup semua jendela dan mulai ulang komputer Anda untuk mendapatkan perubahan.

Catatan: Jika Anda ingin kembali ke setelan awal, Anda memiliki dua opsi. Pertama, Anda dapat mengatur data Nilai sebagai 0. Kedua, Anda dapat menghapus Nilai String ini. Untuk itu, klik kanan padanya, pilih opsi Hapus dan klik tombol Ya.

Baca: Cara menambah atau menghapus tata letak Keyboard di Windows

Mengapa keyboard beralih bahasa secara otomatis?

Windows 11/10 dapat mengganti bahasa secara tidak sengaja jika Anda menggunakan yang telah ditentukan sebelumnya pintasan keyboard. Jika Anda menekan Alt+Shift Kiri bersamaan, ini akan membuka panel pemilihan bahasa di Taskbar dan beralih ke bahasa lain. Setelah itu, jika Anda menekan tombol Enter, bahasa akan dipilih secara otomatis. Namun, jika itu terjadi di Word atau PowerPoint, Anda perlu menonaktifkan pengaturan yang disebutkan di atas.

Bagaimana cara mengubah bahasa secara otomatis?

Jika Anda menggunakan Word atau PowerPoint dan ingin mengubah bahasa secara otomatis, Anda dapat melalui langkah-langkah yang disebutkan di atas. Namun, Anda harus menambahkan bahasa terlebih dahulu ke sistem Anda. Jika tidak, panduan ini tidak akan berfungsi untuk aplikasi Office apa pun.

Semoga membantu.

Baca: Memperbaiki perubahan bahasa keyboard Windows sendiri di Windows.