Cara menggunakan alat Tangkapan Layar dan Editor Tangkapan Layar di Chrome

Jika Anda ingin mengaktifkan dan menggunakan alat tangkapan layar dan editor tangkapan layar bawaan dari browser Chrome, maka pos ini berguna. Google Chrome telah hadir dengan fitur asli untuk menangkap tangkapan layar halaman web, mengeditnya, dan menyimpan tangkapan layar yang telah diedit ke komputer Anda. Fitur ini memungkinkan Anda memilih area bagian halaman web yang terlihat, menggunakan alat pengeditan tangkapan layar untuk mengedit atau membubuhi keterangan, dan terakhir mengunduh atau mengekspor tangkapan layar sebagai gambar PNG. Secara default, fitur ini tetap dimatikan atau dinonaktifkan di browser Chrome. Posting ini mencakup langkah-langkah untuk mengaktifkan atau mengaktifkan fitur ini dan menggunakannya.

Ada beberapa ekstensi tangkapan layar gratis untuk browser Chrome untuk menangkap area yang dipilih atau mengambil tangkapan layar satu halaman penuh, tetapi, jika Anda ingin menangkap dan membubuhi keterangan hanya area yang dipilih dari halaman web, maka Anda mungkin menemukan fitur bawaan ini lebih cocok. Sebelum Anda dapat menggunakan fitur ini, pastikan browser Anda diperbarui. Jika tidak, maka perbarui browser Chrome terlebih dahulu agar Anda dapat mengakses, mengaktifkan, dan menggunakannya.

Cara menggunakan alat Screenshot Capture dan Editor Screenshot di Chrome

Screenshot capture dan editor adalah salah satu fitur eksperimental Google Chrome yang tersedia di halaman Flags. Setelah Anda mengaktifkannya dari halaman itu, Anda dapat menangkap halaman web apa pun dan kemudian mengeditnya. Mari kita periksa dulu cara mengaktifkan fitur ini, dan nanti Anda dapat menggunakannya untuk mengambil dan mengedit tangkapan layar.

Aktifkan alat Penangkap dan Editor Tangkapan Layar di Google Chrome

Berikut langkah-langkahnya:
Buka browser ChromeKetik chrome://flags di Omnibox (atau bilah alamat )Tekan tombol Enter untuk membuka laman EksperimenKetik tangkapan layar di kotak pencarianAnda akan melihat dua fitur eksperimental bernama Tangkapan Layar Desktop dan Mode Edit Tangkapan Layar Desktop. Untuk kedua opsi, ada menu tarik-turun terpisah. Gunakan menu tarik-turun itu dan pilih opsi Diaktifkan untuk kedua fiturKlik tombol Luncurkan Ulang yang tersedia di bagian kanan bawah.
Ini akan memulai ulang browser Chrome dan mengaktifkan fitur tangkapan layar dan editornya. Sekarang mari kita lihat cara menggunakan fitur ini.

Gunakan Screenshot Capture and Editor tool di Google Chrome

Langkah-langkahnya adalah:
Buka halaman web di browser Chrome yang ingin Anda ambil screenshotnyaKlik ikon Bagikan halaman ini (tersedia tepat sebelum ikon Bookmark ) yang ada di Mahakotak browser ChromeDaftar opsi yang tersedia akan terlihat oleh Anda. Dari daftar itu, klik pada opsi Tangkapan Layar Pilih area pilihan Anda Segera setelah Anda memilih area dan melepaskan tombol mouse, sebuah pop-up akan muncul. Di pop-up itu, pilih tombol Edit untuk mengakses alat pengeditan. Anda juga dapat mengklik tombol Unduh yang tersedia di pop-up itu jika Anda ingin menyimpan tangkapan layar tanpa menggunakan alat anotasi. Setelah memilih tombol Edit, Editor Gambar Tangkapan Layar akan terbuka di tab baru dengan semua alat yang tersedia. Ini memiliki alat Teks, Persegi Panjang, Panah, Kuas, Garis, dan Ellipse. Untuk setiap alat, Anda dapat mengatur salah satu warna yang tersedia dan juga mengatur lebar menggunakan penggeser yang diberikan. Cukup pilih alat dan gunakan di tangkapan layar yang diambil. Terlepas dari alat-alat ini, Anda juga dapat menggunakan opsi Pangkas, Perbesar, Perkecil, Undo, Emoji, Ulangi, dan Hapus KanvasSetelah Anda selesai dengan bagian pengeditan, klik tombol Ekspor Gambar untuk menyimpan tangkapan layar ke komputer Anda.

Meskipun fitur tangkapan layar dan editor ini berfungsi dengan baik, beberapa opsi hilang yang dapat membuatnya lebih bermanfaat. Sampai sekarang, itu tidak menyediakan opsi tangkapan layar halaman web lengkap, alat penghapus, mengatur tingkat opacity untuk alat, dll.

Selain itu, Anda tidak dapat memilih seluruh tab untuk tangkapan layar. Itu berarti alat ini tidak berfungsi di bilah Bookmark dan area di atasnya. Ini hanya berfungsi pada bagian halaman web yang terlihat. Mungkin saja fitur tersebut atau beberapa fitur lainnya akan hadir dengan pembaruan baru. Sampai saat itu, Anda dapat menggunakan fitur ini dengan opsi yang tersedia.

Terkait:Cara mengambil tangkapan layar halaman web lengkap di Chrome dan Firefox secara asli.

Bagaimana cara mengaktifkan tangkapan layar di Chrome?

Sebelumnya, satu-satunya opsi untuk mengambil tangkapan layar halaman web secara asli di Chrome adalah menggunakan alat Pengembang. Namun sekarang, Chrome telah hadir dengan fitur baru dan bawaan yang memungkinkan Anda menangkap area halaman web yang dipilih, membuat anotasi, dan menyimpannya ke komputer Anda. Untuk mengaktifkan fitur tangkapan layar ini, Anda perlu menggunakan halaman Bendera di browser Chrome. Jika Anda memerlukan petunjuk terperinci untuk mengaktifkan dan menggunakan fitur ini, maka Anda dapat memeriksa panduan langkah demi langkah yang disebutkan di atas dalam posting ini.

Mengapa saya tidak dapat mengambil tangkapan layar di Google Chrome?

Meskipun Google Chrome tidak menghentikan atau memblokir Anda dari mengambil tangkapan layar halaman web dengan atau tanpa menggunakan ekstensi, ada kemungkinan bahwa beberapa pengaturan diaktifkan di komputer Windows Anda karena itulah yang terjadi. OS Windows 11/10 memiliki opsi bawaan yang memungkinkan Anda mengizinkan atau memblokir tangkapan layar di Google Chrome. Opsi tersebut adalah Windows Registry dan Local Group Policy Editor. Jadi, Anda perlu memeriksa kedua opsi dan mencari tahu apakah pengaturan untuk mengizinkan atau menolak tangkapan layar diaktifkan di sana. Jika ya, maka Anda perlu menonaktifkannya agar dapat menggunakan fasilitas screenshot capture di browser Chrome.

Baca selanjutnya:Software Screen Capture gratis terbaik untuk Windows 11/10.