Cara menggunakan aplikasi Kalibrasi HDR Windows

Artikel ini menunjukkan cara menggunakan aplikasi Windows HDR Calibration. Ada kabar baik untuk semua gamer PC Windows. Microsoft akhirnya merilis aplikasi Kalibrasi HDR Windows yang ditunggu-tunggu. Dengan menggunakan aplikasi ini, Anda dapat mengkalibrasi tampilan HDRuntuk mengoptimalkan konsistensi dan akurasi warna game HDR dan konten HDR lainnya di PC Windows 11 Anda.

Aplikasi ini menawarkan 3 pola pengujian untuk membantu mengkalibrasi tampilan HDR Anda. Ini juga menawarkan fitur tambahan untuk menyesuaikan saturasi warna saat HDR dihidupkan.

Cara menggunakan aplikasi Windows HDR Calibration

Dalam artikel ini, kami akan menunjukkan cara menggunakan aplikasi Windows HDR Calibration. Tapi sebelum itu, mari kita lihat dasar-dasarnya.

Apa itu Kalibrasi Warna Monitor?

Berdasarkan cara produsen membuat tampilan, monitor yang berbeda menghasilkan output layar yang berbeda. Tergantung pada ini, gambar yang terlihat hangat pada monitor tertentu mungkin terlihat keren pada monitor yang berbeda. Monitor yang dikalibrasi selalu menampilkan warna yang benar dengan menyesuaikannya agar sesuai dengan model warna RGB standar.

Cara paling akurat untuk mengkalibrasi monitor adalah dengan menggunakan spektrometer. Ini adalah perangkat yang tergantung di depan layar komputer Anda, mengukur keluaran warnanya, dan menggunakan aplikasi pendamping, menghasilkan profil warna untuk mengoreksi tampilan.

Kalibrasi Monitor di Windows

OS Windows 11/10 menawarkan alat bawaan untuk mengalibrasi monitor. Meskipun tidak seakurat spektrometer, alat ini dapat menghasilkan hasil yang baik tanpa Anda harus berinvestasi dalam perangkat keras khusus.

Alat ini sebelumnya tersedia untuk mengkalibrasi streaming video HDR pada Windows 11/10. Dengan Pembaruan Windows 11 2022 Versi 22H2, ia mendapat dukungan tambahan untuk game dan aplikasi HDR. Dinamakan aplikasi Windows HDR Calibration, alat ini saat ini dirilis hanya untuk pengguna Program Windows Insider.

Seperti yang disebutkan di awal, aplikasi Windows Calibration menawarkan 3 pola pengujian. Saat konten pemandangan lebih terang atau lebih gelap dari tingkat kecerahan maksimum atau minimum yang didukung monitor Anda, layar menghasilkan efek `kliping` yang mengurangi detail dalam sorotan dan bayangan. Pola pengujian ini membantu mengurangi efek kliping ini. Aplikasi ini juga dilengkapi opsi saturasi untuk membuat warna terlihat lebih jelas di layar tampilan Anda.
Persyaratan Sistem untuk aplikasi Kalibrasi HDR Windows
Untuk menggunakan aplikasi Kalibrasi HDR Windows, tampilan Anda harus mendukung game dan aplikasi HDR. Untuk memeriksa ini, buka Pengaturan > Tampilan > HDR. Sekarang periksa apakah Gunakan HDR Didukung atau Tidak Didukung di bawah kemampuan Tampilan. Pastikan untuk memilih monitor yang tepat di panel di bagian atas jika Anda memiliki beberapa layar yang terhubung.

Jika Menggunakan HDR didukung, Anda harus Mengaktifkannya. Persyaratan sistem lainnya adalah sebagai berikut:
Sistem Operasi:Windows 11Tampilan:Grafis tampilan berkemampuan HDR internal atau eksternalGrafik:AMD: AMD RX 400 Series atau lebih baru Prosesor AMD Ryzen dengan Radeon GraphicsIntel: Intel 11th Gen (Ice Lake) atau lebih baru (Terintegrasi ) Intel DG1 atau lebih baru (Diskrit)NVIDIA: NVIDIA GTX 10xx atau lebih baru (Pascal+)Driver tampilan:WDDDM 2.7 atau lebih baruMemasang aplikasi Windows HDR Calibration
Anda dapat mengunduh aplikasi dari Microsoft Store di PC Windows 11 atau dengan mengeklik tautan ini. Klik tombol Dapatkan dan tunggu hingga aplikasi terinstal di PC Anda.
Menggunakan aplikasi Kalibrasi HDR Windows
Setelah aplikasi diinstal, luncurkan menggunakan menu Mulai atau buka Pengaturan > Sistem > Tampilan > Gunakan HDR lalu klik tampilan HDR kalibrasi.

Catatan: Pastikan untuk beralih ke mode layar penuh sebelum menggunakan app.

Klik tombol Mulai saat Anda siap untuk mengkalibrasi. Anda akan melihat 3 layar sesudahnya:
Minimum Luminance: Ini menunjukkan pola pengujian untuk menentukan detail paling gelap yang terlihat di layar Anda.Maximum Luminance: Ini menunjukkan pola pengujian untuk menentukan detail yang terlihat paling terang di layar Anda.Max Full Frame Luminance: Ini menunjukkan pola pengujian untuk menentukan kecerahan maksimum yang dapat dicapai layar Anda.
Untuk setiap pengujian, aplikasi akan menampilkan penggeser di bagian bawah layar. Anda harus menyesuaikannya dengan memindahkannya ke kanan atau ke kiri hingga polanya tidak terlihat lagi.

Selanjutnya, Anda akan melihat layar Saturasi Warna. Anda dapat menggerakkan penggeser di bagian bawah layar ini untuk menyesuaikan tingkat kejenuhan tampilan untuk konten HDR dan SDR.

Layar terakhir memungkinkan Anda meninjau pengaturan dengan menampilkan efek kalibrasi `sebelum dan sesudah`. Jika Anda puas dengan hasilnya, Anda dapat menyimpan pengaturan dengan mengklik tombol Selesai; jika tidak, Anda dapat memulai ulang seluruh proses.

Catatan Tambahan:
Saat menggunakan aplikasi, pertahankan kondisi pencahayaan yang sama dengan yang biasa Anda gunakan untuk monitor HDR Anda. khusus tampilan, Anda harus menjalankan aplikasi setiap kali Anda menambahkan atau mengganti tampilan di sistem Anda.
Anda juga dapat mengaktifkan HDR Otomatis untuk memungkinkan game menggunakan kemampuan HDR, meskipun mereka tidak mendukung HDR secara asli.

Baca Juga:Cara mengembalikan pengaturan Warna Tampilan default di Windows 11/10.
Menghapus Profil Warna

Untuk menghapus profil warna yang Anda buat menggunakan aplikasi Kalibrasi HDR Windows, Anda dapat mengikuti langkah berikut:
Klik kotak pencarian bilah tugas dan ketik `kontrol`.Klik pada `Control Panel` yang muncul di atas hasil pencarian. Klik pada dropdown View by di sudut kanan atas layar dan ubah ke ikon Besar. Klik pada opsi Color Management. Di Color Mana jendela gement, alihkan ke tab Semua Profil.Pilih profil warna yang ingin Anda hapus.Klik tombol Hapus.Bagaimana cara Mengkalibrasi HDR saya di Windows?
Untuk mengkalibrasi tampilan Anda untuk game dan aplikasi HDR di Windows 11/10, buka ke Pengaturan > Tampilan > HDR. Nyalakan tombol Gunakan HDR dan klik Kalibrasi Tampilan HDR. Kemudian ikuti langkah-langkah seperti yang dijelaskan dalam artikel ini. Persyaratan utama untuk menggunakan fitur ini adalah tampilan Anda harus mendukung game dan aplikasi HDR. Anda juga dapat mengkalibrasi tampilan untuk streaming video HDR dengan mengikuti langkah-langkah yang disebutkan dalam artikel itu.
Apakah Windows 11 mendukung HDR?

Dalam pembaruan terbarunya, Windows 11 menambahkan HDR Otomatis, VRR, dan dukungan latensi yang lebih baik untuk game yang berjalan dalam mode berjendela. Pembaruan juga menampilkan aplikasi HDR Calibration baru yang dirancang khusus untuk mengkalibrasi tampilan yang mendukung game dan aplikasi HDR.

Baca Berikutnya:Cara mengkalibrasi Pengontrol Xbox One di PC Windows.