Cara menggunakan Mode Efisiensi di Windows 11 untuk mengurangi pemanfaatan sumber daya

Task Manager Efficiency Mode adalah fitur Windows 11 baru yang dirancang untuk membatasi penggunaan sumber daya sistem (terutama CPU) oleh proses latar belakang yang menganggur atau tidak digunakan secara aktif oleh program aplikasi. Ini mirip dengan mode Eco yang diperkenalkan oleh Microsoft di Windows 10.

Ketika proses menganggur terus menggunakan sumber daya sistem, lebih sedikit sumber daya yang dialokasikan ke aplikasi yang membutuhkannya, yang menghasilkan respons latar depan yang lebih lambat, masa pakai baterai yang lebih pendek, suara kipas yang lebih keras , dan suhu yang lebih tinggi. Mode Efisiensi berupaya memperbaiki masalah ini dengan mengurangi prioritas CPU dan konsumsi daya dari masing-masing proses. Ini juga membantu dalam mengidentifikasi program yang mungkin sudah berjalan dalam mode efisiensi, seperti Microsoft Edge, yang berjalan pada mode Efisiensi secara default.

Dalam artikel ini, kita akan melihat cara menggunakan Mode Efisiensi di Windows 11 untuk mengurangi penggunaan sumber daya. Fitur ini tersedia di Task Manager baru Windows 11 dan merupakan bagian dari pembaruan Windows 11 2022 versi 22H2.

Cara menggunakan Mode Efisiensi di Windows 11

Semua proses Windows memiliki `prioritas`, yang digunakan untuk menentukan kepentingan dan jumlahnya CPU yang dialokasikan untuk mereka. Saat mode efisiensi diaktifkan untuk suatu proses, prioritas dasarnya dikurangi untuk mencegahnya mengganggu proses aktif lainnya yang memiliki prioritas lebih tinggi. Mode efisiensi juga menempatkan proses dalam mode `EcoQoS` untuk memungkinkannya berjalan dengan hemat daya. Dengan EcoQoS, prosesnya menghabiskan energi CPU paling sedikit. Ini memastikan bahwa `ruang kepala termal` disimpan untuk proses penting lainnya yang harus dijalankan terlebih dahulu.

Cara mengaktifkan mode Efisiensi

Berikut adalah cara Anda dapat mengaktifkan Mode Efisiensi di Windows 11PC:
Buka Pengelola Tugas.Buka tab Proses.Perluas pohon proses untuk aplikasi yang diinginkan dengan mengeklik ikon perluas/ciutkan (>). Pilih proses dan klik opsi Mode Efisiensi di bagian atas jendela Pengelola Tugas. Atau, Anda dapat mengklik kanan pada proses yang diinginkan dan memilih Mode Efisiensi. Klik tombol Aktifkan mode Efisiensi di jendela konfirmasi yang muncul.
Ini akan mengaktifkan Mode Efisiensi untuk proses yang dipilih.

Anda juga dapat memeriksa proses mana yang menggunakan Mode Efisiensi dengan melihat kolom `Status`. Proses-proses yang mengaktifkan fitur ini akan menampilkan label `Mode Efisiensi` di sebelahnya. Proses induk juga akan menampilkan ikon daun jika salah satu proses anaknya mengaktifkan Mode Efisiensi.

Catatan: Untuk beberapa proses, opsi Mode Efisiensi mungkin berwarna abu-abu. Ini adalah proses inti Windows dan mengubah prioritas default dari proses tersebut dapat berdampak negatif pada PC Anda.

Cara menonaktifkan mode Efisiensi

Opsi mode Efisiensi di Pengelola Tugas berfungsi sebagai tombol sakelar. Jadi Anda dapat mematikannya untuk proses apa pun hanya dengan memilih proses dan mengklik mode Efisiensi di bilah perintah jendela Pengelola Tugas. Anda juga dapat melakukan ini dengan menghapus centang opsi mode Efisiensi di menu konteks proses.

Ini adalah bagaimana Anda dapat menggunakan Mode Efisiensi di Windows 11 untuk mengurangi pemanfaatan sumber daya. Semoga postingan ini bermanfaat bagi Anda. Ikuti terus ruang ini untuk tips dan trik Windows lainnya.

Apa itu mode Efisiensi di Pengelola Tugas Windows?

Mode efisiensi adalah fitur Windows 11 baru yang memungkinkan pengguna menjalankan proses latar belakang menganggur dengan prioritas rendah sambil mengonsumsi lebih sedikit energi CPU untuk meningkatkan respons latar depan, meningkatkan masa pakai baterai, menurunkan kebisingan termal, dan mengurangi tekanan pada CPU. Ini mirip dengan mode Eco, yang tersedia di OS Windows 10. Kedua fitur ini adalah bagian dari inisiatif Perangkat Lunak Berkelanjutan Microsoft. Haruskah saya mengaktifkan mode Efisiensi di Windows 11?

Mode efisiensi dirancang untuk mengurangi beban CPU dan memperpanjang masa pakai baterai perangkat Windows 11. Jika Anda memiliki beberapa proses yang berjalan di sistem Anda, menempatkan beberapa proses latar belakang yang menganggur dalam mode efisiensi dapat meningkatkan kinerja sistem Anda. Namun, untuk beberapa proses, Anda mungkin tidak melihat adanya perubahan yang signifikan. Beberapa program bahkan mungkin macet – seperti yang terjadi pada saya dengan SnagIt. Jadi Anda harus memeriksa di akhir, apakah mode efisiensi bekerja dengan proses yang mana.
Bagaimana cara mengaktifkan mode Efisiensi di Windows 11?

Anda dapat mengaktifkan mode Efisiensi di Windows 11 untuk aplikasi atau proses individual melalui Windows Task Manager. Klik kanan pada tombol Start untuk meluncurkan menu WinX dan pilih opsi Task Manager. Lalu buka tab Proses. Perluas pohon proses untuk aplikasi dengan mengeklik ikon perluas/ciutkan (>). Pilih proses yang diinginkan dan kemudian klik opsi mode efisiensi di area bilah perintah. Anda juga dapat mengklik kanan pada proses dan memilih opsi mode Efisiensi untuk mengaktifkannya untuk proses tersebut.
Baca Selanjutnya:Memperbaiki penggunaan Disk 100%, CPU Tinggi, Memori, atau Daya di Windows.