Cara menggunakan Photoshop untuk menghapus Objek yang Tidak Diinginkan dari Foto

Anda mengambil foto indah matahari terbenam di pantai dan pulang ke rumah untuk menambahkannya ke koleksi gambar latar belakang untuk PC Anda. Sayangnya, ada seseorang yang tepat di foto jadi sekarang Anda harus menyimpan orang asing di foto Anda. Nah, tidak harus, Anda bisa menggunakan Content-Aware di Photoshop untuk menghilangkan objek yang tidak diinginkan dari foto.

Menghapus Objek yang Tidak Diinginkan dari Foto dengan PhotoShop

Bukan hal yang aneh jika memiliki foto cantik yang memiliki objek yang tidak diinginkan di dalamnya. Biasanya, Anda harus mengambil kembali foto tersebut, menghapus foto tersebut, atau tinggal dengan objek yang tidak diinginkan. Namun, Photoshop membuatnya cukup mudah untuk menghapus objek yang tidak diinginkan dari foto menggunakan Content-Aware.
Buka foto di Photoshop
Buka Photoshop dan buka File lalu Buka cari foto yang objeknya ingin Anda hapus. Anda juga dapat menyeret gambar ke Photoshop. Perhatikan bahwa yang terbaik adalah memilih foto yang tidak terlalu ramai karena hal ini dapat mempersulit penghapusan objek.
Siapkan Gambar
Sekarang gambar ada di Photoshop, ada satu hal penting yang harus dilakukan. Gandakan foto dan buat perubahan pada duplikat, sehingga Anda tidak sengaja mengacaukan foto asli. Menggandakan foto asli akan memastikan jika Anda membuat kesalahan, foto asli akan aman.
Gunakan Content-Aware

Buka salinan gambar, pastikan itu salinan dan bukan asli lalu pilih Lasso Tool atau klik L .

Tahan tombol kiri mouse dan gambar di sekitar gambar yang tidak diinginkan. Gunakan alat Lasso untuk menguraikan Gambar yang tidak diinginkan. Gambarlah di sekitar gambar sampai kedua ujung Lasso bertemu. Seperti inilah seharusnya garis besarnya. Cobalah untuk membuatnya sedekat mungkin dengan gambar tanpa memotong bagian mana pun dari gambar.

Buka Edit, Fill atau tekan Shift + F5.

A Jendela opsi Fill akan muncul, dari menu drop-down pilih Content-Aware.

Ketika Anda tekan Content-Aware Photoshop akan memproses dan kemudian gambar yang tidak diinginkan akan hilang. Lihat betapa bersih tampilannya.

Baca: Tips dan Trik Photoshop untuk Pemula

Apa itu Content-Aware?

Content-Aware adalah alat pengeditan yang digunakan di Photoshop untuk menghapus objek yang tidak diinginkan dari Foto. Ini adalah Opsi Isi di Photoshop yang mengisi ruang tempat gambar dihapus. Action Content-Aware menghilangkan Object yang tidak diinginkan kemudian mengisi spot tersebut dengan memperhatikan apa yang ada di sekitarnya dan mengisi spot tersebut agar terlihat seperti sekitarnya.

Alat Lain Apa di Photoshop yang Mirip dengan Content-Aware?

Ada alat lain yaitu disebut Clone Stamp Stamp Tool. Alat ini mirip dengan opsi isi Content-Aware dan dapat digunakan dalam beberapa kasus. Namun, menurut saya metode  Content-Aware lebih cepat, lebih mudah, dan memberikan hasil yang lebih bersih. Clone Stamp Tool bisa menjadi pilihan untuk dicoba jika opsi Content-Aware tidak cocok untuk foto tertentu.

Baca:20 alasan kenapa kamu harus belajar Photoshop

Seberapa Penting Menggunakan Content-Aware?

Content-Aware adalah tool penting di Photoshop karena dapat digunakan untuk menghilangkan objek yang tidak diinginkan dari foto. Ini dapat menghemat waktu berharga pengguna karena pengguna tidak perlu mengambil foto ulang. Content-Aware juga dapat digunakan dengan alat lain untuk membuat perubahan pada foto.

TIP: Anda juga dapat menghapus Objek yang tidak diinginkan dari Foto dengan alat online gratis

Dapatkah Foto Asli Dipulihkan?

Selalu disarankan agar Anda bekerja pada lapisan di photoshop, jadi semua perubahan besar dilakukan pada lapisan yang berbeda. Untuk menghindari kerusakan pada foto asli, yang terbaik adalah menduplikasi foto asli di panel lapisan. Anda kemudian dapat mematikan visibilitas pada lapisan foto asli. Ini akan memastikan bahwa Anda tidak akan salah mengedit foto asli.