Cara menggunakan Scenario Manager di Excel untuk membandingkan dan menukar data

Microsoft Excel memiliki fitur yang disebut Scenario Manager, dan dari pemahaman kami, kebanyakan orang tidak tahu bagaimana menggunakannya atau apa itu. Tapi tidak apa-apa karena artikel ini akan menjelaskan bagaimana memanfaatkan Scenario Manager untuk membuat keputusan yang lebih baik.

Apa itu Scenario Manager di Excel?

Fitur Scenario Manager di Microsoft Excel dirancang untuk memungkinkan pengguna mengubah atau mengganti nilai input untuk beberapa sel di waktu yang sama. Misalnya, dimungkinkan untuk melihat hasil dari nilai input atau skenario yang berbeda secara bersamaan. Anda dapat menggunakan Pengelola Skenario di Microsoft Excel untuk membandingkan data secara berdampingan dan juga menukar beberapa set data dalam lembar kerja

Cara menggunakan Pengelola Skenario di Excel

Anda akan menemukan bahwa Pengelola Skenario lebih mudah digunakan, tetapi Anda harus memastikan data yang relevan telah ditambahkan ke spreadsheet sebelum melanjutkan. Itu bukan sesuatu yang bisa kami bantu. Ini berarti, bahwa artikel ini ditulis dengan keyakinan bahwa Anda sudah memiliki beberapa bentuk pengalaman dengan Microsoft Excel.

Di sini kita akan melihat dua pekerjaan dan mana yang paling baik di akhir bulan berdasarkan keadaan tertentu. Pertama, Anda harus menambahkan salah satu data skenario ke spreadsheet sebelum kita dapat memulai.

Jika Anda berlatih, Anda dapat mengikuti apa yang terlihat pada gambar di atas. Silakan gunakan rumus berikut untuk menghitung sisa uang:
=B2-(B3+B4)
Ubah rumus sesuai dengan penempatan data pada spreadsheet Anda. Jangan hanya menggunakannya untuk setiap situasi.
Navigasi ke Jendela Manajer SkenarioMengisi Manajer Skenario dengan dataBuat Manajer Skenario baru1] Arahkan ke jendela Manajer Skenario

Dari dalam dokumen, klik tab Data.Selanjutnya, Anda akan ingin pilih What-If Analysis.Dari menu dropdown, silakan klik Scenario Manager.Jendela yang dikenal sebagai Scenario Manager sekarang akan muncul.2] Isi Scenario Manager dengan data

Dari dalam jendela, silakan klik tombol Add untuk menambahkan skenario.Dari di bagian Nama Skenario, ketik Pekerjaan 1. Saat turun ke Mengubah Sel, di sinilah Anda akan memasukkan referensi sel untuk semua sel yang ingin Anda ubah untuk skenario. Tambahkan komentar jika diperlukan. Jika Anda menginginkan perlindungan, lalu centang kotak di sebelah Cegah Perubahan. Tekan tombol OK.
Kotak pop-up sekarang akan muncul. Pastikan nilainya ada di kotak yang sesuai. Terakhir, tekan tombol OK.
3] Buat Manajer Skenario baruSetelah Anda mengklik tombol OK, sekarang saatnya untuk mengaktifkan dan menjalankan Manajer Skenario baru untuk Pekerjaan 2.Tekan tombol Tambah.Tambahkan informasi untuk Pekerjaan 2 serupa untuk apa yang telah Anda lakukan untuk Pekerjaan 1 melalui jendela Manajer Skenario. Saatnya memasukkan nilai untuk skenario kedua. Namun ingat, Anda tidak boleh menambahkan nilai ini ke sheet. Setelah selesai, tekan tombol OK.
Untuk melihat data pada setiap Pekerjaan, pilih salah satu dari daftar melalui jendela Scenario Manager, lalu pilih Show.

Baca: Cara menghitung CAGR atau Tingkat Pertumbuhan Tahunan Majemuk di Excel

Mengapa Manajer Skenario Excel berguna?

Jika Anda ingin membandingkan data secara berdampingan, maka kami sarankan untuk menggunakan fitur Manajer Skenario di Excel. Anda juga dapat menggunakannya untuk menukar beberapa set data dalam satu lembar kerja. Jadi intinya, jika Anda memiliki beberapa variabel dan Anda tertarik untuk melihat pengaruhnya pada hasil akhir, dan jika Anda ingin memperkirakan antara beberapa anggaran, jalankan Scenario Manager.

Bagaimana cara mengakses Scenario Manager di Excel?

Mengakses Bagian Manajer Skenario sangat mudah, lebih dari yang Anda harapkan. Untuk melakukan ini, Anda harus mengklik tab Data, lalu pergi ke Alat, dan dari sana, pilih Analisis Bagaimana-Jika. Terakhir, klik Scenario Manager, dan dari area itu, klik tombol Add untuk membuat semuanya bergerak ke arah yang benar.