Cara menghapus File yang lebih lama dari X hari di Windows 11/10

Jika Anda ingin menghapus file yang lebih lama dari X hari di Windows 11 dan Windows 10, berikut adalah cara melakukannya. Dimungkinkan untuk menghapus semua file yang lebih lama dari jumlah hari tertentu dari komputer Anda dengan bantuan perintah Storage Sense dan ForFiles. Dalam posting ini, kami akan menunjukkan cara menghapus file yang lebih lama dari X hari (misalnya 7, 10, 30, dll. hari) menggunakan Storage Sense atau baris perintah ForFiles di Windows 11/10.

Seperti yang dikatakan, ada dua cara untuk hapus file yang lebih lama dari X hari di Windows 11/10: menggunakan perintah Storage Sense dan ForFiles. Kedua metode tersebut memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan. Misalnya, Anda dapat menjalankan Storage Sense pada waktu yang telah ditentukan saja. Di sisi lain, Anda dapat menjalankan perintah ForFiles kapan saja.

Cara menghapus File yang lebih lama dari X hari menggunakan Storage Sense

Untuk menghapus File yang lebih lama dari X hari di Windows 11/10 menggunakan Storage Sense, ikuti langkah berikut:
Tekan Win+I untuk buka Pengaturan Windows. Buka Sistem > Penyimpanan > Sense Penyimpanan. Alihkan tombol pembersihan konten Pengguna Otomatis. Perluas menu Jalankan Sense Penyimpanan dan pilih salah satu opsi. Klik tombol Jalankan Sense Penyimpanan sekarang.
Untuk mempelajari lebih lanjut tentang langkah-langkah ini, lanjutkan membaca.

Pertama, tekan Win+I untuk membuka Pengaturan Windows dan pergi ke System > Storage > Storage Sense. Kemudian, alihkan tombol Pembersihan konten Pengguna Otomatis untuk mengaktifkannya.

Selanjutnya, Anda perlu memilih opsi dari daftar Jalankan Sensasi Penyimpanan.

Disarankan untuk memilih waktu yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Untuk informasi Anda, Anda dapat memilih Setiap hari, Setiap minggu, dan Setiap bulan.

Setelah selesai, Anda dapat mengklik tombol Jalankan Storage Sense now.

Ini akan menghapus semua file yang lebih lama dari waktu yang dipilih.

Namun, masalah dengan Storage Sense adalah bahwa Anda tidak dapat memilih folder tertentu. Mari kita asumsikan bahwa Anda ingin menghapus file yang lebih lama dari 30 hari hanya dari satu folder atau satu drive. Dalam situasi tertentu, Anda dapat menggunakan perintah ForFiles.

Cara menghapus File yang lebih lama dari X hari menggunakan baris perintah

Untuk menghapus File yang lebih lama dari X hari di Windows 11/10, ikuti langkah-langkah berikut:
Cari cmd di kotak pencarian Taskbar.Klik Run as administrator option.Klik tombol Yes.Masukkan perintah berikut: ForFiles /p “folder-path” /s /d -30 /c “cmd /c del /q @file”
Mari kita lihat langkah-langkah ini secara detail.

Untuk memulai , Anda perlu membuka Command Prompt dengan hak administrator. Untuk itu, cari cmd di kotak pencarian Taskbar, klik opsi Run as administrator, dan klik tombol Yes.

Kemudian, masukkan perintah ini:
ForFiles /p “folder-path” /s /d -30 /c “cmd /c del /q @file”
Jangan lupa untuk mengganti path folder dengan path folder asli, dan /d -30 dengan waktu yang Anda inginkan. Jika Anda ingin menghapus file yang lebih lama dari 100 hari, masukkan /d -100.

Setelah Anda melakukannya, semua file yang lebih lama dari hari yang telah ditentukan akan segera dihapus dan secara permanen.

Untuk informasi Anda, Anda dapat menjadwalkan perintah ForFiles. Yang mengatakan, Anda dapat secara otomatis menghapus file yang lebih lama dari X hari di Windows 11/10 menggunakan Penjadwal Tugas. Namun, ketika Anda akan membuat file Batch, Anda harus memasukkan perintah ini:
ForFiles /p “folder-path” /s /d -30 /c “cmd /c del /q @file”
Read: Cara menghapus file dan folder menggunakan Command Prompt

Bagaimana cara menghapus file yang lebih lama dari x hari secara otomatis?

Untuk menghapus file yang lebih lama dari X hari secara otomatis di Windows 11/10, Anda dapat mengikuti panduan yang disebutkan di atas. Dimungkinkan untuk menggunakan Storage Sense untuk menyelesaikan pekerjaan. Namun, jika Anda membutuhkan fleksibilitas, Anda dapat memilih perintah ForFiles. Either way, Anda tidak memerlukan aplikasi pihak ketiga.

Baca: Cara menghapus file dan folder menggunakan Windows PowerShell

Bagaimana cara menghapus file yang lebih lama dari 10 hari?

Untuk menghapus file yang lebih lama dari 10 hari di Windows 11 atau Windows 10, Anda dapat menggunakan Perintah ForFiles. Pertama, buka Command Prompt dengan hak administrator. Kemudian, masukkan perintah ini: ForFiles /p “folder-path” /s /d -10 /c “cmd /c del /q @file”. Ini akan menghapus semua file yang lebih lama dari 10 hari saja.

Itu saja! Semoga panduan ini membantu.