Cara menghapus layar CMD di Windows 11/10

Jika Anda bertanya-tanya tentang cara menghapus layar CMD di Windows 11/10, posting ini akan membantu Anda. Command Prompt, alias CMD, adalah penerjemah baris perintah pada PC Windows Anda, nama resminya adalah Windows Command Processor. Anda perlu menggunakan sintaks khusus untuk memasukkan perintah Anda di sini. Anda hanya perlu meletakkan perintah sebagai baris teks dan tekan Enter, lalu sistem Anda menjalankannya. CMD pada dasarnya digunakan untuk melakukan aktivitas administratif dan menjalankan pemecahan masalah untuk bug dan masalah pada PC Anda.

Jendela CMD terkadang menjadi sangat berantakan dan dalam hal ini, Anda selalu dapat menutup dan membuka kembali jendela baru, ada cara sederhana untuk bersihkan seluruh layar CMD hanya dengan perintah sederhana dan mulai dari awal. Mari kita lihat caranya.

Hapus layar CMD di Windows 11/10

Untuk menghapus layar CMD di PC Windows 11/10 Anda, Anda hanya perlu perintah sederhana – Ketik, CLS dan tekan Enter.

Layar CMD Anda yang berantakan akan bersih dalam sekejap dan Anda bisa mulai dari awal.

Jika bagaimanapun, Anda tidak dapat mengetikkan perintah CLS, yang mungkin terjadi jika tombol C, L, atau S Anda tidak berfungsi pada keyboard Anda, Anda dapat menggunakan keyboard virtual untuk memasukkan perintah.

Jika dalam kondisi terburuk kasus, jika itu juga tidak berhasil, Anda harus menutup dan membuka kembali jendela CMD. Anda dapat menutupnya hanya dengan mengklik tombol X di sudut kanan atas.

Jika mouse atau kursor Anda tidak berfungsi dan Anda tidak dapat mengklik tombol X, ketik Exit dan tekan Enter.

Perintah ini akan menutup layar CMD dan kemudian Anda dapat membukanya kembali dan memulai dari awal.

Hapus teks dari Layar CMD

Jika Anda tidak ingin menghapus seluruh layar dan hanya menghapus beberapa teks atau baris tertentu dari layar CMD, ada beberapa perintah untuk itu.

Untuk menghapus satu baris dari layar CMD Anda

Tekan tombol Escape pada keyboard Anda dan Anda dapat menghapus baris atau perintah terakhir yang telah Anda ketikkan pada CMD. Tetapi jika Anda mencari kunci atau perintah untuk menghapus baris sebelum prompt, tidak ada perintah untuk itu.

Hapus satu karakter dari perintah di CMD

Jika Anda ingin menghapus hanya satu karakter dari perintah yang Anda ketik, Anda dapat gunakan tombol Backspace pada keyboard Anda.

Hapus satu kata di CMD

Gunakan Ctrl+Backspace untuk menghapus satu kata dari perintah

Hentikan perintah yang Anda jalankan di CMD

Gunakan Ctrl+C untuk mengakhiri baris perintah saat ini atau mengakhiri proses yang sedang berjalan.

Baca:Cara melihat , simpan dan hapus perintah Command Prompt History

Bagaimana cara menutup Jendela CMD?

Anda dapat menggunakan perintah Keluar dan tekan Enter, gunakan tombol Alt+F4 atau Anda cukup mengklik tombol X di sudut kanan atas Jendela untuk menutup jendela CMD.

Bagaimana cara mengakhiri proses di CMD?

Tekan Ctrl+C untuk mengakhiri proses yang berjalan di CMD.

Baca selanjutnya:Tips dan Trik Prompt Perintah.