Cara menghapus Partisi Pemulihan di Windows 11/10

Partisi Pemulihan
A pada komputer Windows adalah partisi khusus yang digunakan untuk tujuan Pemulihan Sistem. Anda dapat melihat Partisi Pemulihan di alat Manajemen Disk di komputer Windows Anda. Windows memungkinkan Anda membuat baru dan menghapus partisi yang ada pada hard disk tertentu. Beberapa dari Anda mungkin bertanya-tanya “Bisakah kami menghapus Partisi Pemulihan?” Pada artikel ini, kita akan melihat cara menghapus Partisi Pemulihan di Windows 11/10.

Jika Anda membuka Manajemen Disk, Anda akan melihat dua jenis Partisi Pemulihan. Satu Partisi Pemulihan tidak memiliki huruf drive dan yang lainnya memiliki huruf drive. Partisi Pemulihan yang tidak memiliki huruf kandar dibuat pada saat penginstalan Windows. Ini memegang Lingkungan Pemulihan Windows (Windows RE). Windows menggunakan Partisi Pemulihan ini untuk boot ke Lingkungan Pemulihan sehingga Anda dapat memulihkan sistem jika Anda mengalami masalah.

Partisi Pemulihan lain memiliki huruf drive. Anda juga dapat melihat partisi ini sebagai Drive Pemulihan di File Explorer. Partisi ini dibuat oleh produsen sistem. Ini memungkinkan Anda untuk memulihkan sistem ke pengaturan default pabrik jika terjadi masalah.

Partisi Pemulihan mana yang dapat Anda hapus?

Partisi Pemulihan yang dibuat oleh Windows memiliki ukuran biasanya dalam Megabita, sedangkan partisi Pemulihan yang dibuat oleh OEM memiliki ukuran dalam Gigabita. Anda tidak boleh menghapus Partisi Pemulihan yang dibuat oleh OEM. Windows dapat membuat lebih dari satu partisi Pemulihan. Ini biasanya terjadi ketika Anda memutakhirkan sistem Anda dari versi Windows yang lebih lama, katakanlah Windows 8.1 ke versi Windows yang lebih baru, katakanlah Windows 10. Setelah pemutakhiran, Partisi pemulihan yang lebih lama menjadi tidak berguna. Oleh karena itu, Anda dapat menghapusnya dengan aman menggunakan utilitas Diskpart.

Anda dapat menjalankan perintah di Windows PowerShell untuk mengetahui Partisi Pemulihan mana yang sedang digunakan. Buka PowerShell yang ditinggikan dan ketik perintah berikut. Setelah itu, tekan Enter.
reagentc /info
Setelah beberapa detik, Windows PowerShell akan menunjukkan kepada Anda Partisi Pemulihan yang sedang digunakan. Sekarang Anda dapat menghapus partisi Pemulihan lainnya yang tidak berguna.

Cara menghapus Partisi Pemulihan di Windows 11/10

Alat Manajemen Disk pada komputer Windows memungkinkan pengguna mengelola partisi pada hard disk mereka. Anda dapat membuat partisi baru dan menghapus yang sudah ada menggunakan alat Manajemen Disk. Ketika Anda mengklik kanan pada partisi tertentu dari hard disk Anda, Anda akan melihat sejumlah opsi di menu konteks klik kanan. Tetapi jika Anda mengklik kanan pada partisi Pemulihan, Anda hanya akan melihat satu opsi, Bantuan. Oleh karena itu, jelas bahwa Anda tidak dapat menghapus Partisi Pemulihan menggunakan alat Manajemen Disk. Sebagai gantinya, Anda harus menggunakan utilitas Diskpart. Diskpart adalah alat baris perintah yang memungkinkan pengguna melakukan operasi yang berbeda pada hard disk dan partisi disk mereka.

Langkah-langkah untuk menghapus Partisi Pemulihan di Windows 11/10 menggunakan utilitas Diskpart ditulis di bawah ini. Tetapi sebelum Anda melanjutkan, kami sarankan Anda membuat disk perbaikan sistem. Disk perbaikan sistem ini akan membantu Anda memulihkan sistem Anda.

Klik pada Pencarian Windows dan ketik Command Prompt. Klik kanan pada Command Prompt dari hasil pencarian dan pilih Run as Administrator. Klik Ya di prompt UAC. Ketik diskpart dan tekan Enter. Sekarang, ketik daftar disk dan tekan Enter. Perintah ini akan menunjukkan kepada Anda semua disk yang terinstal di sistem Anda. Anda harus memilih disk tempat Partisi Pemulihan berada. Untuk ini, ketik pilih disk # dan tekan Enter. Dalam perintah ini, ganti # dengan nomor disk. Misalnya, jika Anda ingin menghapus Partisi Pemulihan dari disk 1, ketik pilih disk 1. Setelah itu, Anda akan melihat pesan, “Disk # sekarang menjadi disk yang dipilih.” Ketik daftar partisi dan tekan Enter. Perintah ini akan mencantumkan semua partisi yang dibuat pada disk yang dipilih. Sekarang, Anda harus memilih Partisi Pemulihan. Untuk ini, ketik pilih partisi # dan tekan Enter. Ganti # dengan nomor partisi yang ditunjukkan oleh Diskpart. Setelah itu, Anda akan melihat pesan “Partition # is now the selected partition.” Hati-hati saat memilih Partisi Pemulihan. Di sini, Anda dapat melakukan satu hal, buka alat Manajemen Disk dan lihat ukuran Partisi Pemulihan yang ingin Anda hapus. Sekarang, pilih Partisi Pemulihan yang menunjukkan ukuran yang sama di Command Prompt. Kami telah berbicara tentang cara mengidentifikasi Partisi Pemulihan yang tidak berguna (jika sistem Anda memiliki lebih dari satu Partisi Pemulihan). Ketik hapus partisi override dan tekan Enter.Tutup Command Prompt ketika Anda menerima pesan konfirmasi.
Baca: Cara Menggabungkan atau Menghapus Partisi OEM di Windows 11/10.

Dapatkah saya menghapus Partisi Pemulihan yang sehat?

Disk Management adalah alat yang menampilkan semua partisi pada hard disk. Beberapa dari Anda mungkin melihat lebih dari satu Partisi Pemulihan yang sehat di alat Manajemen Disk. Ini biasanya terjadi ketika Anda memutakhirkan sistem Anda dari satu versi Windows ke versi lain. Dalam hal ini, Anda dapat menghapus Partisi Pemulihan sehat yang tidak berguna.

Untuk mengetahui Partisi Pemulihan mana yang saat ini digunakan oleh Windows, Anda dapat menjalankan perintah berikut di Windows PowerShell (Admin).
reagentc /info
Bagaimana cara menghapus partisi yang tidak mau dihapus?

Jika Anda tidak dapat menghapus partisi dari hard disk Anda, nonaktifkan file paging dan periksa apakah itu menyelesaikan masalah Anda. Jika tidak, Anda dapat menggunakan perangkat lunak pihak ketiga untuk menghapus partisi.

Semoga ini membantu.

Baca selanjutnya: Cara mengosongkan ruang di Drive Pemulihan jika penuh di Windows.