Cara menghapus Profil Domain di Windows 11/10

Jika Anda mencari cara untuk menghapus pengguna dan file mereka dari PC yang bergabung dengan domain tanpa menghapus perangkat, maka Anda berada di tempat yang tepat. Dalam posting ini, kami akan menunjukkan cara mudah menghapus Profil Pengguna Domain di Windows 11/10.

Cara menghapus Profil Domain di Windows 11/10

Untuk satu dan lain alasan, Anda mungkin ingin menghapus profil atau akun pengguna domain di PC Windows 11/10 – misalnya, Anda mungkin memiliki laptop yang digunakan sementara yang ingin Anda gunakan kembali untuk pengguna lain dengan menghapus profil pengguna lama dan file pengguna terkait (termasuk email) untuk menghemat ruang di laptop sebelum pengguna baru masuk dan file mereka mulai diunduh.

Ketika mesin Windows bergabung ke domain seperti Active Directory, beberapa UI Windows yang berkaitan dengan akun diubah (misalnya, netplwiz) karena pengalaman masuk Windows berubah setelah terikat ke domain. Saat mencoba menghapus akun, ada tiga area yang harus ditangani yaitu: direktori profil pengguna, kunci registri pengguna, dan kredensial pengguna (untuk akun lokal). Jadi, untuk sepenuhnya menghapus profil domain pada Windows 11/10, Anda dapat menggunakan salah satu metode di bawah ini. Pengaturan Profil Pengguna
Via di System PropertiesVia File Explorer dan Windows Registry
Mari kita lihat deskripsi proses yang terlibat dalam kedua metode yang tercantum di atas. Pastikan untuk masuk sebagai administrator (Domain atau Lokal) di komputer yang ingin Anda hapus akunnya sebelum melanjutkan.
1] Melalui pengaturan Profil Pengguna di System Properties

Ini adalah metode yang lebih cepat baik sebagai direktori profil pengguna dan kunci Registri pengguna dapat dihapus dalam satu langkah mudah melalui pengaturan Profil Pengguna di System Properties.

Lakukan hal berikut:
Tekan tombol Windows + R untuk menjalankan dialog Run. Di kotak dialog Run, ketik sysdm.cpl dan tekan Enter untuk membuka System Properties. Di lembar System Properties, buka tab Advanced.Di bawah bagian User Profiles, klik tombol Settings.Di menu User Profile, klik untuk memilih profil domain yang ingin Anda hapus.Klik tombol Delete.
Perhatikan bahwa jika sistem tidak lagi terhubung ke domain, maka Anda tidak akan dapat masuk ke akun itu setelah penghapusan selesai, jadi pastikan Anda memiliki akun admin atau konektivitas domain untuk melepaskan laptop dan/atau membuat admi baru n user.

Baca: Layanan Profil Pengguna gagal masuk, Profil pengguna tidak dapat dimuat
2] Melalui File Explorer dan Windows Registry

Metode ini mengharuskan Anda menghapus folder akun/profil pengguna secara manual yang terletak di folder C:Users. Setelah selesai, Anda dapat melanjutkan untuk membuat perubahan pada registri dengan menghapus SID cabang pengguna untuk membersihkan profil pengguna terakhir.

Lakukan hal berikut:
Tekan tombol Windows + E untuk membuka File Explorer.Dalam File Explorer, navigasikan ke jalur direktori di bawah ini:C:UsersDi lokasi, pilih atau sorot folder akun pengguna profil domain yang ingin Anda hapus.Sekarang tekan tombol Shift + Delete kombo untuk melewati recycle bin setelah penghapusan.Keluar File Explorer.
Sebelum Anda melanjutkan dengan operasi registri di bawah ini, pastikan Anda mencadangkan registri atau membuat titik pemulihan sistem sebagai tindakan pencegahan yang diperlukan.
Buka Terminal Windows dalam mode administrator. Di konsol PowerShell atau Command Prompt, ketik atau salin dan tempel perintah di bawah ini dan tekan Enter:wmic useraccount get name,sidDari output, catat nilai SID untuk akun domain yang ingin Anda hapus.Selanjutnya, tekan tombol Windows + R untuk menjalankan dialog Run.Di kotak dialog Run, ketik regedit dan tekan Masuk untuk membuka Peninjau Suntingan Registri. Arahkan atau lompat ke jalur kunci registri di bawah ini:HKEY_LOCAL_MACHINESOFTWAREMicrosoftWindows NTCurrentVersionProfileListDi lokasi, di panel navigasi kiri, di bawah folder sub-induk ProfileList, klik untuk memilih folder menampilkan nilai SID yang tepat yang Anda identifikasi sebelumnya. Sekarang, di panel kanan, klik kanan tombol ProfileImagePath. Pilih Hapus dari menu konteks. Keluar dari Penyunting Registri. Mulai ulang komputer.
Lain kali Anda masuk ke akun Anda di komputer , profil pengguna default baru akan dibuat secara otomatis, asalkan akun domain belum dihapus pada domain itu sendiri.

Baca: Profil tidak dihapus sepenuhnya, Kesalahan – Direktori tidak kosong

Itu dia!

Postingan ini mungkin menarik bagi Anda:
Profil Pengguna yang Dihapus secara tidak sengaja dan sekarang tidak dapat masukHapus profil dan file pengguna lama secara otomatis di Windows 11/10Cara memulihkan profil akun Pengguna yang dihapus di Windows 11/10Hapus Gambar Akun Pengguna lama yang tidak digunakan es di Windows 11/10
Bagaimana cara menghapus profil domain?

Untuk menghapus profil domain di PC Windows 11/10, ikuti langkah-langkah berikut:
Buka Pengaturan Windows. Cari Pengaturan Sistem Lanjutan dan buka “Lihat Pengaturan Sistem Tingkat Lanjut”.Klik Pengaturan di bagian Profil Pengguna. Pilih Profil Pengguna yang ingin Anda hapus dan klik Hapus. Menghapus profil dapat memakan waktu lama. Sabar.Kosongkan Recycle Bin.
Bagaimana cara menghapus komputer dari domain?

Untuk menghapus komputer dari domain, ikuti langkah berikut:
Klik System pada menu.Dalam menu System, klik Change Settings.Pada tab Computer Name .Klik Ubah.Pilih Grup Kerja, bukan Domain.Selanjutnya, ketik nama grup kerja baru atau yang sudah ada.Klik OK.Mulai ulang komputer agar perubahan diterapkan.
Bagaimana cara menghapus pengguna sepenuhnya dari Direktori Aktif?

Untuk menghapus Akun pengguna domain Direktori Aktif, buka snap-in MMC Pengguna dan Komputer Direktori Aktif, klik kanan objek pengguna, dan pilih Hapus dari menu konteks. Klik Ya pada kotak Apakah Anda yakin ingin menghapus objek ini? konfirmasi penghapusan.

Baca:
Active Directory Pengguna dan Komputer tidak merespons Tombol Tambah Pengguna atau Grup berwarna abu-abu di Penugasan Hak Pengguna
Apakah Direktori Aktif memiliki tempat sampah?

Tempat Sampah Direktori Aktif memfasilitasi pemulihan objek Direktori Aktif yang dihapus tanpa memerlukan pemulihan dari pencadangan, memulai ulang Layanan Domain Direktori Aktif, atau memulai ulang pengontrol domain (DC).