Cara menghentikan Bluetooth agar tidak mati secara otomatis di Windows 11/10

Apakah perangkat Bluetooth Anda sering terputus? Apakah Bluetooth PC Anda mati secara otomatis? Jika ya, posting ini akan memandu Anda tentang cara menghentikan Bluetooth agar tidak mati secara otomatis di Windows 11/10.

Mengapa Bluetooth berhenti secara otomatis?

Ada banyak alasan, tetapi beberapa alasan yang menonjol adalah manajemen daya baterai, masalah layanan Bluetooth, masalah driver , dan seterusnya. Singkatnya, ada sesuatu yang mengganggu adaptor Bluetooth atau layanan dan mematikannya.

Cara menghentikan Bluetooth agar tidak mati secara otomatis di Windows 11/10

Apakah Bluetooth Anda terus mati? Ikuti saran ini untuk menghentikan Bluetooth agar tidak mati secara otomatis di Windows 11/10:
Nonaktifkan manajemen daya BluetoothJalankan Pemecah Masalah BluetoothInstal Ulang Driver Bluetooth jika Ditandai di Pengelola PerangkatGunakan Penjadwal Tugas.
Anda memerlukan akun admin untuk menjalankan langkah-langkah ini. Juga, masalah ini dapat dilihat dalam dua cara. Bluetooth utama PC dimatikan, atau perangkat mati secara otomatis.
1] Nonaktifkan manajemen daya Bluetooth
Manajemen daya pada Windows, terutama laptop, agresif dalam menghemat daya. Itu dapat mematikan apa pun yang secara aktif atau pasif mengkonsumsi daya dan tidak digunakan. Anda dapat menonaktifkan pengaturan, dan itu akan memastikan bahwa Bluetooth tidak mati bahkan ketika daya rendah.

Buka Pengaturan Windows (Win + I) > Daya & baterai. Alihkan mode Daya ke Seimbang. Periksa apakah masalah berlanjut. Jika ya, mari kita lanjutkan dan periksa level individu.

Gunakan Win + X untuk membuka menu daya Kemudian klik Pengelola Perangkat Temukan perangkat yang mengalami masalah dengan BluetoothKlik kanan padanya dan pilih propertiBeralih ke tab Manajemen Daya Hapus centang pada kotak di sebelah opsi— Izinkan komputer untuk mematikan perangkat ini untuk menghemat daya. Terapkan perubahan, dan periksa apakah masalah masih berlanjut.
Metode ini berguna jika masalahnya adalah perangkat mati karena PC melakukannya.
2] Jalankan Bluetooth Troubleshooter
Windows memiliki pemecah masalah bawaan yang dapat menyelesaikan masalah Bluetooth pada PC Windows. Itu dapat menjalankan skrip, mengatur ulang adaptor, dan menghapus masalah kecil dengan mudah.

Gunakan tombol pintas Win+I untuk membuka aplikasi PengaturanNavigasi ke Sistem > Pemecahan Masalah > Pemecah masalah lainnyaTekan tombol Jalankan yang tersedia untuk Bluetooth.
Setelah wizard menyelesaikan proses, periksa masalahnya.
3 ] Instal ulang Driver Bluetooth jika Ditandai di Pengelola Perangkat
Anda perlu memeriksa apakah ada adaptor Bluetooth (PICe atau yang disertakan dengan PC) memiliki tanda seru berwarna kuning di sebelah daftarnya di pengelola perangkat. Ini menandakan bahwa Anda perlu menginstal driver.

Gunakan Win + X, diikuti oleh M, untuk membuka Device managerPerbesar bagian Bluetooth dan periksa apakah ada tanda seru kuning pada salah satu dari merekaJika ya, unduh driver dari situs web OEM, dan instal.
Jika masalahnya adalah karena driver yang rusak, maka menginstal ulang driver akan membantu.
4] Gunakan Penjadwal Tugas Jika tidak ada yang berhasil dan Bluetooth Anda terus mati, Anda harus terhubung dengan dukungan teknis. Ini bisa menjadi masalah perangkat keras. Namun, jika Anda ingin perbaikan sementara, Anda dapat memilih untuk menjalankan skrip yang disebutkan di bawah ini menggunakan Penjadwal Tugas.
Buka Notepad, ketik perintah berikut dan simpan file dengan ekstensi BAT.[SC config bthserv start] = auto [ Enter]] [SC config bthHFSrv start = auto [Enter]]Ketik Task manager di menu Start, dan klik untuk membuka task managerKlik Create Basic Task, dan atur untuk menjalankan file BATSetelah selesai, buka bagian lanjutan, atur untuk eksekusi satu kali, tetapi ulangi tugas setiap 5 menit dan jalankan tanpa batas. Terapkan perubahan, dan biarkan program berjalan, memastikan layanan Bluetooth tetap menyala dan tidak dimatikan.
Metode ini berguna ketika perangkat Bluetooth utama menyala PC Anda terus mati.

Masalah perangkat Bluetooth dapat mengganggu. Ini adalah sarana utama untuk menghubungkan mouse, keyboard, dan perangkat audio. Saya harap posting ini membantu Anda memperbaiki masalah di mana Bluetooth terus mati secara otomatis di Windows 11/10

TIP: Saran lainnya di sini untuk memperbaiki masalah koneksi Bluetooth di Windows.

Bagaimana cara memperbaiki kesalahan Bluetooth saya?

Selain me-restart PC atau Laptop, pastikan untuk memulai ulang layanan Bluetooth, dan memperbaiki salah satu perangkat yang terhubung. Windows juga menawarkan untuk mereset adaptor Bluetooth, yang dapat mengatasi gangguan kecil.

Mengapa Bluetooth PC saya begitu terputus-putus?

Anda perlu mengganti adaptor Bluetooth jika jangkauan mengganggu Anda. Karena motherboard PC tidak dapat diubah, saatnya untuk meningkatkan ke versi Bluetooth terbaru, meningkatkan jangkauan dan keandalan. Tidak semua perangkat keras sama, jadi pilihlah berdasarkan feedback.