Cara mengidentifikasi email berbahaya yang memiliki virus

Kita semua mendapatkan banyak email spam. Algoritme menandai banyak dan mengirimkannya langsung ke folder spam yang jarang kita lihat. Tetapi beberapa email lolos dari algoritme dan masuk ke kotak masuk kami. Mereka mungkin berisi tautan ke malware atau malware yang disematkan di gambar atau apa pun di email. Anda harus waspada untuk menemukannya. Dalam panduan ini, kami menjelaskan kepada Anda bagaimana Anda dapat menemukan email yang mengandung malware.

Cara mengidentifikasi email berbahaya yang memiliki virus

Jika Anda merasa tidak aman dengan email yang Anda terima dan perlu menemukan email yang mengandung malware, tips berikut dapat membantu . Kiat-kiat ini akan membantu Anda mengetahui apakah email itu berbahaya atau aman.
Periksa alamat pengirimPeriksa CC dan BCCPeriksa format emailPeriksa bahasa dan ejaanTelusuri konten emailIkuti tindakan pencegahan saat membuka lampiran emails
Mari masuk ke setiap tip dan ketahui caranya untuk menemukan email yang mengandung malware. Ini semua saling terkait dan Anda harus mengingat semua ini sebelum memeriksa email.
1] Periksa alamat pengirim
Setiap kali Anda menerima email dari seseorang yang Anda kenal atau orang baru, selalu periksa alamat email pengirim. Ada kemungkinan besar bahwa beberapa orang lain mengirim email dengan id surat yang mereplikasi merek yang Anda percayai, atau orang yang Anda kenal. Jangan bingung dan jangan pernah mengeklik tautan kecuali Anda memercayai pengirim dan email tersebut sepenuhnya.
2] Periksa CC dan BCCs
Spammer mengirim email secara massal kepada orang-orang. Jika Anda meragukan email, periksa CC dan BCC di mana Anda dapat mengetahui apakah email tersebut dikirim kepada Anda sendiri atau ke grup. Anda tahu bagaimana Anda menerima email dan dapat mengetahui apakah email tersebut dapat dipercaya atau tidak setelah memeriksa alamat pengirim dan CC serta BCC.
3] Periksa format email
Umumnya, format email terlihat tidak aktif dan dapat dengan mudah terlihat sebagai spam atau malware. Tetapi ada beberapa email yang terlihat profesional seperti perusahaan besar dan masih mengandung malware. Baca konten dengan cermat dan Anda akan menemukan kesalahan dalam memformat tautan dan teks yang mungkin tidak teratur untuk perusahaan besar.
4] Periksa bahasa dan ejaan
Anda dapat dengan mudah mengetahui bagaimana orang yang Anda kenal memformat teks dan menulis ejaan. Dalam email yang merupakan spam atau mengandung malware, mereka biasanya tidak peduli dengan ejaan, pilihan kata, dll. Anda perlu mengawasi itu dan mencari tahu apakah ada kesalahan di dalamnya. Setelah itu putuskan apakah email tersebut dapat dipercaya atau tidak.
5] Cari konten email
Jika Anda mendapatkan email yang menyebutkan penawaran eksklusif dan meminta untuk mengklik tautan untuk memanfaatkannya, cari di internet sebelum mengklik. Tautan tersebut mungkin berisi malware yang mungkin berbahaya bagi perangkat Anda. Salin dan tempel konten email ke mesin telusur dan Anda dapat menemukan replikanya dengan mudah di internet.
6] Ikuti tindakan pencegahan saat membuka lampiran emails

Anda perlu mengikuti beberapa tindakan pencegahan yang harus dilakukan saat membuka lampiran email.

Baca: Cara memindai email lampiran online untuk virus.

Ini adalah berbagai cara yang digunakan untuk mengenali email yang berisi malware.
Bisakah email berisi malware?
Ya tentu saja, Email dapat berisi malware yang disematkan di tautan, atau lampiran. Kita perlu berpikir dua kali sebelum mengklik tautan apa pun atau membuka lampiran apa pun yang kita dapatkan dari sumber yang tidak kita ketahui.Baca: Tindakan pencegahan yang harus dilakukan sebelum mengklik tautan webBagaimana cara memeriksa email untuk malware?
Email yang berisi malware dapat ditemukan dengan mudah dengan memperhatikan isi dan alamat pengirim. Anda perlu memeriksa dengan cermat apa yang coba dikatakan email sebelum melanjutkan dengan tautan atau lampiran.
Seperti apa bentuk email malware?

Email malware terlihat seperti email yang biasanya kita dapatkan, tetapi dapat diformat dengan buruk dengan tata bahasa dan ejaan yang buruk. Konten mungkin tampak percaya diri tetapi putus asa. Baca konten dengan cermat dan gunakan mesin telusur untuk memeriksa konten.

Baca terkait:Mengapa seseorang ingin meretas komputer saya?