Cara menginstal driver FTDI di Windows 11/10

Dalam artikel ini, kita akan membahas apa itu driver FTDI dan bagaimana Anda dapat mengunduh dan menginstalnya di komputer Windows Anda jika Anda menghadapi masalah dengannya. Tidak banyak orang yang menyadari siapa mereka dan tujuan apa yang mereka layani. Mudah-mudahan, ini akan membantu Anda mendapatkan pemahaman pemula tentang driver FTDI.

Apa itu driver FTDI?

Future Technology Devices International, kependekan dari FTDI, adalah perusahaan perangkat semikonduktor yang memproduksi driver komputer tersebut, yang berspesialisasi dalam driver USB. Mereka mengembangkan dan memproduksi perangkat dan driver perangkat lunak yang membantu membangun koneksi antara komputer dan perangkat perangkat keras. Mereka, pada dasarnya, seperti driver perangkat lunak lainnya yaitu, memiliki driver FTDI versi terbaru memastikan komunikasi yang lancar antara perangkat lunak dan perangkat keras. Komputer Windows. Mari kita lihat bagaimana Anda dapat melakukan ketiga cara tersebut:
Instal driver FTDI secara manualGunakan perangkat lunak Driver Updater untuk menginstal driver yang sesuaiMenggunakan file INF
1] Instal driver FTDI secara manual

Metode utama di sini adalah mengunjungi situs web FTDI dan mencari & mengunduh driver yang Anda cari. Berikut cara melakukannya:
Buka browser web Anda dan kunjungi pusat pengunduhan driver FTDICari dan pilih driver yang relevan, cocokkan dengan sistem AndaUnduh file dan instal di komputer Anda
Anda akan diminta untuk mengikuti proses seperti yang ditentukan untuk menyelesaikan process.

2] Gunakan perangkat lunak Driver Updater untuk menginstal driver yang sesuai

Jika Anda tidak suka bersusah payah mencari tahu driver perangkat lunak apa yang perlu diperbarui, Anda bisa menggunakan alat Driver Updater gratis untuk memindai sistem Anda dan melakukannya untuk Anda .

Baca: Tempat mengunduh driver untuk Windows 11/10

3] Menggunakan driver INF

Terakhir, Anda dapat menggunakan paket file .inf untuk mengunduh dan menginstal driver FTDI. Metode ini dapat berguna ketika file driver tidak dalam bentuk yang diekstrak sendiri melainkan dikemas dalam file .inf atau .zip. File `.inf` adalah dokumen teks yang berisi semua informasi yang digunakan komponen penginstalan perangkat untuk menginstal paket driver pada perangkat. Sebelum memulai, Anda harus memastikan bahwa Anda memiliki file driver FTDI di PC Anda.
Buka Device Manager dan temukan perangkat yang ingin Anda instal driver FTDIKlik Perbarui Driver dan pilih opsi untuk memilih driver yang Anda inginkan secara lokal installJelajahi folder di PC Anda, klik file `.inf`, dan instal Sebagai alternatif, Anda cukup mencari file `.inf` dan memilih untuk menginstalnya
Anda juga dapat menggunakan freeware seperti DriveStore Explorer atau menjalankan baris perintah untuk instal driver FTDI melalui file `.inf`, jika Anda merasa nyaman mengoperasikannya.

Kami harap ini bermanfaat bagi Anda.

Apa itu FTDI USB to Serial Driver?

Seperti yang telah disebutkan, FTDI berspesialisasi dalam membuat driver untuk koneksi USB. Salah satu driver mereka adalah Driver Port Serial USB. Tujuan dari teknologi ini adalah untuk memungkinkan sistem operasi komputer Anda terhubung dengan perangkat port serial USB.

Untuk apa driver FTDI digunakan?

Driver dan chip FTDI terutama membantu dalam membangun koneksi USB. Chip FTDI digunakan dalam kabel ponsel, kotak layanan, atau perangkat USB apa pun yang dapat dihubungkan ke PC. Misalnya, keluaran RS232 akan dapat berkomunikasi dengan USB PC dengan bantuan chip FTDI.