Cara menginstal VirtualBox Guest Additions di Windows 11/10

VirtualBox yang dikembangkan oleh Oracle adalah produk virtualisasi Hypervisor x86 dan AMD64/Intel64 tipe-2 yang kuat untuk perusahaan maupun penggunaan di rumah. Dalam posting ini, kami akan menunjukkan kepada Anda cara menginstal VirtualBox Guest Additions di Windows 11/10. Untuk pengalaman yang lebih baik, Anda harus menginstal alat ini di semua VM yang Anda buat saat menggunakan VirtualBox.

Apa itu Penambahan Tamu VirtualBox?

Penambahan Tamu VirtualBox terdiri dari driver perangkat dan aplikasi sistem yang dikirimkan bersama salinan/versi VirtualBox Anda yang mengoptimalkan sistem operasi untuk kinerja dan kegunaan yang lebih baik. Guest Additions menawarkan fitur berikut:
Integrasi penunjuk mouseFolder bersamaDukungan video yang lebih baikJendela mulusSaluran komunikasi host/tamu umumSinkronisasi waktuClipboard bersamaLogin otomatis (alias kredensial lewat)
Instal Penambahan Tamu VirtualBox di Windows 11/10

Paket Penambahan Tamu VirtualBox menginstal driver video virtual untuk meningkatkan kinerja sistem dan kemampuan grafis tingkat lanjut termasuk akselerasi perangkat keras, dukungan multi-monitor, dan jendela mulus untuk menjalankan aplikasi seolah-olah diinstal pada perangkat host. Ini berarti tanpa driver, mesin virtual kemungkinan akan mengalami penurunan performa, dan banyak fitur lanjutan seperti kemampuan untuk mengubah resolusi layar, transparansi kontrol, dukungan mouse, dll. tidak akan tersedia atau berfungsi dengan benar.

Setelah Anda harus telah berhasil menginstal Windows di VirtualBox VM, Anda harus menginstal paket Guest Additions untuk kegunaan dan kinerja yang lebih baik – untuk melakukan tugas ini, lakukan hal berikut:
Launch VirtualBox.Klik kanan mesin virtual, pilih submenu Start.Selanjutnya, pilih Opsi Mulai Normal.Masuk ke akun Windows 11/10 Anda.Klik menu Perangkat.Pilih opsi Sisipkan Gambar CD Penambahan Tamu.Selanjutnya, buka File Explorer di mesin virtual.Pada panel navigasi kiri, klik PC Ini.Di bawah di bagian Devices and drives, klik dua kali untuk membuka disk VirtualBox Guest Additions.Selanjutnya, klik dua kali file VBoxWindowsAdditions.exe untuk meluncurkan penginstal.Klik tombol Next.Klik tombol Next lagi.Klik t he Install button.Pilih opsi Reboot now.Klik tombol Finish.
Driver virtual sekarang akan diinstal dan setelah dimulai ulang, Windows akan dapat berjalan secara normal di lingkungan virtual. Anda dapat mengikuti petunjuk langkah demi langkah yang sama di atas untuk memperbarui Penambahan Tamu pada mesin Windows 11/10 Anda ketika versi baru VirtualBox dirilis dengan driver yang lebih baru.

Itu dia!

Di mana Lokasi Penambahan Tamu?

VirtualBox dikirimkan dengan gambar file ISO yang disebut “VBoxGuestAdditions. iso” yang berisi penginstal Penambahan Tamu untuk semua sistem operasi tamu yang didukung. File ini terletak di mesin host dan dapat dipasang pada sistem tamu menggunakan manajer GUI VirtualBox. VBoxGuestAdditions.iso terletak di folder instalasi VirtualBox (di jalur ini: C:Program FilesOracleVirtualBox), yang dapat Anda gunakan untuk menambahkan paket secara manual.

Bagaimana cara menghapus dan menginstal ulang VirtualBox Guest Additions?

Anda dapat menghapus instalasi Penambahan Tamu VirtualBox OSE melalui Aplikasi dan Fitur di aplikasi Pengaturan atau Program dan Fitur di Panel Kontrol. Cari VirtualBox OSE Guest Additions dalam daftar dan klik di atasnya. Langkah selanjutnya adalah mengklik uninstall, sehingga Anda dapat memulai uninstallation.

Apa itu Paket Ekstensi untuk VirtualBox?

VirtualBox Extension Pack adalah paket biner yang dimaksudkan untuk memperluas fungsionalitas VirtualBox. Paket Ekstensi menambahkan fungsionalitas berikut: Dukungan untuk perangkat USB 2.0 dan USB 3.0. Untuk mendapatkan versi Oracle, Anda perlu mendownload Extension Pack untuk semua platform yang didukung. Setelah paket diunduh, lakukan hal berikut:
Launch VirtualBox.Klik File > Preferences.Klik tab Extension.Klik tombol +.Navigasikan ke tempat Anda menyimpan Paket Ekstensi.Pilih Paket Ekstensi.Klik Buka.Saat diminta, klik ikon Tombol Instal.Gulir melalui EULA lalu klik Saya Setuju.
Apakah Penambahan Tamu VirtualBox gratis?

Paket Dasar dan Penambahan Tamu gratis, namun, Paket Ekstensi yang dapat Anda instal dengan mudah menggunakan VirtualBox jelas tidak gratis.