Cara mengizinkan atau menolak Pengambilan Audio di Google Chrome pada Windows 11/10

Dalam posting ini, kami akan menunjukkan kepada Anda cara mengizinkan atau menolak pengambilan audio untuk halaman web di browser Chrome di komputer Windows 11/10. Secara default, ketika beberapa halaman web (misalnya alat uji mikrofon atau alat perekaman audio) memerlukan akses ke mikrofon Anda, maka akan muncul pop-up di mana Anda dapat mengatur apakah halaman web tersebut dapat mengakses mikrofon. Memberikan izin memungkinkan laman web itu mengizinkan pengambilan audio di Chrome. Namun, jika Anda tidak ingin laman web mana pun mengakses mikrofon Anda, maka Anda cukup menolak pengambilan audio di browser Chrome menggunakan dua opsi berbeda yang tercakup dalam pos ini.

Bahkan jika Anda telah menambahkan beberapa laman web/situs web ke daftar yang diizinkan dari halaman Pengaturan Google Chrome atau memberikan izin ke halaman web untuk mengakses mikrofon, status situs web/halaman web tersebut untuk mengakses mikrofon akan tetap diblokir. Anda tidak akan dapat mengubah status itu menjadi diizinkan dari halaman Pengaturan. Anda perlu menggunakan pengaturan terpisah untuk menambahkan halaman web ke daftar yang diizinkan sehingga hanya halaman web tersebut yang dapat memiliki akses ke mikrofon. Kami telah menyertakan semua langkah untuk itu juga.

Cara mengizinkan atau menolak Pengambilan Audio di Google Chrome pada Windows 11/10

Ada dua cara asli di OS Windows 11/10 yang dapat digunakan untuk mengizinkan atau menolak pengambilan audio untuk semua atau situs tertentu saja di peramban Chrome. Ini adalah:
Editor Kebijakan Grup LokalRegistry Editor.
Disarankan untuk membuat titik pemulihan sistem sebelum mengubah atau mengubah pengaturan apa pun di Editor Kebijakan Grup Lokal dan Editor Registri Windows. Saat titik pemulihan sistem dibuat, Anda dapat melanjutkan untuk mencoba opsi ini.

Izinkan atau tolak Pengambilan Audio di Google Chrome menggunakan Editor Kebijakan Grup Lokal

Sebelum menggunakan opsi ini, Anda harus mengintegrasikan Google Chrome dengan Kebijakan Grup. Maka hanya Anda yang dapat memiliki semua pengaturan yang terkait dengan browser Chrome di Editor Kebijakan Grup Lokal. Setelah selesai, Anda dapat mengikuti langkah-langkah ini untuk menggunakan opsi ini:
Buka Editor Kebijakan Grup LokalPilih folder Google ChromeBuka Izinkan atau tolak setelan pengambilan audioKlik tombol NonaktifKlik tombol OK.
Petunjuk terperinci untuk menggunakan langkah-langkah ini dibahas di bawah .

Buka kotak Run Command (Win+R), ketik gpedit.msc di kotak yang diberikan, dan gunakan tombol OK. Tindakan ini akan membuka jendela Editor Kebijakan Grup Lokal.

Anda akan melihat banyak folder di bagian yang berbeda. Anda harus memilih folder Google Chrome. Untuk itu, gunakan jalur ini:
Computer Configuration > Administrative Templates > Classic Administrative Templates (ADM) > Google > Google Chrome

Dari bagian kanan, buka Izinkan atau tolak pengaturan pengambilan audio dengan mengklik dua kali pada pengaturan itu.

Jendela baru terbuka untuk pengaturan ini. Di sana, pertama, klik opsi Dinonaktifkan, lalu klik tombol OK.

Ini akan menolak atau menonaktifkan pengambilan audio untuk semua halaman web di Google Chrome. Pengaturan diterapkan ke browser Chrome tanpa perlu memulai ulang Google Chrome. Anda hanya perlu menyegarkan tab yang sudah dibuka untuk menerapkan setelan ke tab tersebut.

Untuk mengaktifkan atau mengizinkan pengambilan audio untuk laman web di Google Chrome lagi, gunakan langkah-langkah di atas, dan buka setelan Izinkan atau tolak pengambilan audio. Dalam pengaturan itu, klik opsi Tidak Dikonfigurasi, lalu tekan tombol OK.

Izinkan Pengambilan Audio untuk situs tertentu di Chrome menggunakan Editor Kebijakan Grup Lokal

Jika Anda ingin beberapa situs yang dapat menggunakan mikrofon, Anda dapat menambahkannya ke daftar yang diizinkan menggunakan pengaturan lain dari Editor Kebijakan Grup Lokal. Untuk ini, berikut langkah-langkahnya:
Buka Editor Kebijakan Grup Lokal Pilih folder Google Chrome. Inilah jalannya: Konfigurasi Komputer > Template Administratif > Template Administratif Klasik (ADM) > Google > Google ChromeDi bagian kanan, akses URL yang akan diberikan akses ke perangkat penangkap audio tanpa pengaturan prompt dengan mengklik dua kali di atasnya. Ini akan membuka jendela terpisah Di jendela itu, pilih opsi Diaktifkan Klik tombol Tampilkan yang tersedia di bagian tengah kiri jendela itu. Akan terbuka kotak Show Contents Pada kotak Show Contents, tambahkan URL website di kolom Value. Dengan cara yang sama, Anda dapat menambahkan URL (satu URL per baris atau baris) untuk situs web lain di kolom NilaiTekan tombol OK untuk menutup kotak Tampilkan IsiTekan tombol OK untuk menutup jendela pengaturan.
Sekarang hanya situs yang diizinkan yang dapat untuk menggunakan mikrofon tanpa prompt apapun. Semua situs lain akan tetap diblokir agar tidak mengakses mikrofon di browser Chrome Anda.

Jika Anda ingin menghapus situs web yang diizinkan dari pengambilan audio di browser Chrome, ikuti langkah-langkah yang dibahas di atas. Buka URL yang sama yang akan diberikan akses ke perangkat perekam audio tanpa pengaturan prompt. Dalam pengaturan itu, klik opsi Tidak Dikonfigurasi (tersedia di bagian kiri atas). Terakhir, klik tombol OK, dan perubahan akan disimpan.

Related:Cara mengizinkan atau memblokir Screen Capture di Google Chrome.

Mengaktifkan atau menonaktifkan Audio Capture di browser Chrome menggunakan Registry Editor

Ini adalah langkah-langkahnya:
Buka Registry EditorPilih tombol KebijakanBuat a Google keyTambahkan kunci ChromeBuat AudioCaptureAllowed valueMulai ulang browser Chrome.
Pada langkah pertama, tulis regedit di kotak Pencarian Windows 11/10, dan tekan tombol Enter untuk membuka jendela Registry Editor.

Ketika Registry Editor dibuka, pilih Kebijakan Kunci registri. Ini jalurnya:
HKEY_LOCAL_MACHINESOFTWAREPolicies

Sekarang buat kunci Registry dan atur nama kunci baru itu ke Google. Dengan cara yang sama, buat kunci lain (kali ini di bawah kunci Google), dan beri nama Chrome.

Klik kanan pada kunci Chrome atau bagian kosong di bagian kanan, perluas menu Baru, dan gunakan DWORD ( 32-bit) Opsi nilai. Ini akan menambah nilai baru yang harus Anda ganti namanya dengan AudioCaptureAllowed.

Terakhir, restart browser Chrome jika Anda telah membukanya dan itu akan menolak atau menonaktifkan pengambilan audio untuk semua halaman web di Google Chrome.

Kapan pun Anda ingin mengizinkan atau mengaktifkan pengambilan audio di browser Chrome Anda, ikuti langkah-langkah yang disebutkan di atas, dan akses kunci Kebijakan. Setelah itu, hapus kunci Google yang Anda buat.

Mulai ulang Google Chrome dan itu akan menambahkan perubahan.

Baca juga:Cegah halaman web menampilkan Gambar di Google Chrome.

Aktifkan Pengambilan Audio untuk situs yang dipilih di Google Chrome menggunakan Editor Registri

Editor Registri di atas akan memblokir semua situs agar tidak mengakses mikrofon meskipun Anda telah menambahkan situs ke daftar yang diizinkan menggunakan bagian Setelan Situs di Chrome. Jadi, jika Anda ingin mengizinkan situs yang dipilih untuk mengakses mikrofon, Anda dapat menggunakan trik Registry ini. Berikut langkah-langkahnya:
Buka jendela Editor RegistriAkses kunci Kebijakan menggunakan jalur ini:HKEY_LOCAL_MACHINESOFTWAREPoliciesTambahkan kunci Google di bawah kunci Registri KebijakanSekarang, tambahkan kunci Chrome di bawah kunci Registri GoogleDi bawah kunci Chrome, buat kunci AudioCaptureAllowedUrlsDi sebelah kanan- bagian tangan, buat nilai String baru. Untuk melakukannya, buka menu konteks klik kanan dari kunci AudioCaptureAllowedUrls, gunakan menu Baru, dan pilih opsi Nilai String Ubah nama nilai String itu menjadi 1Klik dua kali pada nilai String. Kotak Edit String akan munculDi kotak Edit String, masukkan URL situs web di bidang Value dataTekan tombol OKMulai ulang browser Google Chrome.
Sekarang hanya situs web yang diizinkan untuk pengambilan audio di browser Chrome.

Untuk menambahkan lebih banyak situs web ke daftar yang diizinkan, Anda dapat mengulangi langkah-langkah di atas. Cukup buat nilai String di bawah kunci AudioCaptureAllowedUrls dengan nama seperti 2, 3, dll., dan tambahkan URL situs di bidang data Nilai dari setiap nilai String secara terpisah. Terakhir, mulai ulang browser Chrome untuk menerapkan perubahan.

Bila Anda ingin menghapus situs web yang diizinkan mengakses mikrofon, ikuti langkah-langkah di atas, lalu hapus kunci Registri AudioCaptureAllowedUrls. Setelah melakukannya, Anda mungkin harus memulai ulang Google Chrome untuk menyimpan perubahan.

Bagaimana cara mengaktifkan perekaman audio di Chrome?

Jika Anda telah memblokir beberapa situs perekaman audio atau situs pengambilan audio untuk mengakses mikrofon, maka Anda dapat mengaktifkan perekaman audio di Chrome untuk situs itu menggunakan langkah-langkah berikut:
Buka browser ChromeTekan tombol pintas Alt+F untuk membuka menu PengaturanKlik pada opsi PengaturanAkses kategori Privasi dan keamanan dari bagian kiriAkses bagian Pengaturan SitusKlik pada opsi Mikrofon yang ada di bagian IzinCentang yang diblokir situs yang tidak diizinkan menggunakan mikrofon Anda dan pilih nama situs yang ingin Anda izinkan aksesnya ke mikrofonPilih opsi Izinkan dari menu tarik-turun yang tersedia untuk opsi Mikrofon.
Selain itu, Anda juga dapat mengubah lokasi, kamera , pemberitahuan, dan izin lainnya untuk situs tertentu menggunakan langkah-langkah di atas.

Bagaimana cara menolak izin mikrofon di Chrome?

Meskipun ada fitur bawaan untuk menghentikan Chrome mengakses mikrofon, di bawah bagian Pengaturan Situs, di komputer Windows 11/10, siapa pun dapat mengubah pengaturan itu dan mengizinkan situs yang diblokir untuk menggunakan mikrofon. Jadi, Jika Anda ingin sepenuhnya menonaktifkan pengambilan audio atau menolak izin mikrofon untuk semua situs di Chrome, maka Anda perlu menggunakan fitur Kebijakan Grup atau Editor Registri Windows 11/10.

Kedua fitur ini lebih kuat karena izin mikrofon tidak dapat diubah menggunakan fitur bawaan Google Chrome setelah Anda menggunakan salah satu opsi ini. Posting ini telah membahas kedua fitur dengan petunjuk langkah demi langkah untuk melakukannya. Anda juga dapat mengizinkan situs pilihan Anda untuk mengakses microphone.

Baca selanjutnya:Cara Menampilkan atau Menyembunyikan Bilah Bookmark di Google Chrome pada PC Windows.