Cara mengonfigurasi pengaturan FPS terbaik untuk bermain game di PC

FPS atau Frames Per Second menunjukkan jumlah gambar yang dapat ditampilkan CPU di layar dalam satu detik. Istilah FPS tidak hanya berlaku untuk video game tetapi juga untuk video. FPS tinggi berarti lebih banyak gambar ditampilkan di layar dalam satu detik, yang memperhalus pengalaman pengguna. FPS yang rendah menghasilkan pengalaman video yang tersendat-sendat atau terputus-putus. Dalam hal pengalaman bermain game terbaik, frame rate sangat penting. Tidak diragukan lagi, pengaturan FPS terbaik untuk video game Anda memberikan Anda pengalaman bermain game terbaik. Pada artikel ini, kita akan melihat cara mengkonfigurasi pengaturan FPS terbaik untuk bermain game di PC.

Cara mengkonfigurasi pengaturan FPS terbaik untuk bermain game di Windows PC

Setiap video yang Anda tonton adalah rangkaian gambar. Secara teknis, gambar-gambar ini disebut bingkai. Rangkaian frame ini diukur dalam FPS. Misalnya, 30 FPS berarti 30 gambar ditampilkan di layar setiap detik. Makanya dengan meningkatkan FPS, kita bisa memperlancar kualitas video dan video game. Saat Anda memainkan video game, CPU, GPU, dan RAM bekerja sama untuk memberikan Anda pengalaman bermain game terbaik.

Anda mungkin pernah mengalami efek stuttering di video game Anda. Ini biasanya terjadi ketika FPS turun tiba-tiba saat bermain video game. Anda dapat meningkatkan kinerja game Anda dengan meningkatkan FPS. Peningkatan FPS juga meningkatkan beban pada CPU. Itu sebabnya game dengan grafik berat memerlukan perangkat keras komputer yang kuat.

Jika Anda ingin mengetahui pengaturan FPS saat ini untuk video game Anda, perangkat lunak penghitung FPS gratis ini akan membantu Anda. Perhatikan bahwa, untuk mendapatkan pengalaman bermain game terbaik, Anda harus meningkatkan perangkat keras Anda. Namun, ada beberapa tweak perangkat lunak yang akan membantu Anda mengonfigurasi pengaturan FPS terbaik untuk bermain game di PC Anda.
Pastikan Anda memiliki driver kartu grafis versi terbaruAktifkan Windows Game ModeNonaktifkan latar belakang dan aplikasi startupTurunkan resolusi game AndaInstal DirectX 12Overclock kartu grafis AndaUpgrade kartu grafis Anda Tingkatkan RAM
Anda Mari kita lihat semua perubahan ini secara detail.
1] Pastikan Anda memiliki versi terbaru driver kartu grafis Anda
Untuk menikmati pengalaman bermain game terbaik, Anda harus memiliki versi terbaru dari driver kartu grafis Anda. Saat Anda bermain game, Unit Pemrosesan Grafik merender rangkaian gambar sebelum CPU menampilkannya di layar komputer Anda. Jika Anda memiliki driver kartu grafis yang kedaluwarsa, GPU Anda tidak akan dapat merender gambar atau bingkai dengan benar sehingga Anda akan mengalami efek lag atau tersendat dalam permainan Anda.

Ada banyak cara untuk memperbarui driver kartu grafis Anda ke versi terbaru.
Anda dapat menggunakan fitur Pembaruan Opsional Windows untuk menginstal versi terbaru driver kartu grafis Anda.Anda dapat mengunjungi situs web resmi produsen kartu grafis Anda dan mengunduh versi terbaru kartu grafis Anda, lalu menginstalnya secara manual.Anda dapat memperbarui driver kartu grafis Anda melalui Device Manager. Ada banyak software updater driver gratis. Anda juga dapat menggunakannya untuk memperbarui kartu grafis Anda ke versi terbaru.2] Mengaktifkan Mode Game Windows Mode
Game adalah fitur bawaan dari sistem operasi Windows. Microsoft telah mengembangkan fitur ini untuk meningkatkan kinerja video game. Saat Anda mengaktifkan Mode Game, Windows menonaktifkan aktivitas latar belakang selama bermain game, seperti Pembaruan Windows, notifikasi dari aplikasi, dll. Oleh karena itu, ini akan menghasilkan FPS game yang lebih baik. Langkah-langkah berikut akan membantu Anda mengaktifkan Mode Game di Windows 11/10:

Tekan tombol Win + X dan pilih Pengaturan. Saat aplikasi Pengaturan terbuka, buka “Gaming > Game Mode.” Sekarang, nyalakan tombol di sebelah Game Mode.3] Nonaktifkan startup dan aplikasi latar belakang
RAM atau Random Access Memory adalah penyimpanan sementara di mana data aplikasi atau perangkat lunak yang sedang digunakan disimpan. Saat kami menjalankan tugas di komputer kami, CPU melakukan beberapa perhitungan dan menyimpan data yang dihitung dalam RAM. Data ini kemudian digunakan oleh aplikasi atau perangkat lunak untuk melakukan berbagai tugas. Performa sistem bergantung pada seberapa cepat data ditransfer antara RAM dan CPU.

Setiap aplikasi yang kami jalankan di sistem kami menggunakan sejumlah RAM. Oleh karena itu, menjalankan lebih banyak aplikasi menghasilkan lebih sedikit RAM bebas. Ini akan memengaruhi kinerja gim Anda karena Anda mungkin mengalami penurunan FPS gim. Oleh karena itu, untuk FPS terbaik di game Anda, kami sarankan Anda menonaktifkan aplikasi startup dan menutup semua program yang sedang berjalan.
4] Turunkan resolusi game Anda
Jika Anda tidak memiliki PC gaming kelas atas, Anda mungkin mengalami beberapa kelambatan dalam video game Anda saat memainkannya pada resolusi layar penuh. Salah satu solusi sempurna untuk mengatasi masalah ini adalah dengan memainkan game pada resolusi layar yang lebih rendah.
5] Instal DirectX 12
DirectX adalah seperangkat komponen, yang dikembangkan untuk perangkat lunak, terutama game yang berjalan pada sistem operasi Windows untuk membuatnya bekerja dengan video dan audio perangkat keras. DirectX 12 menghadirkan fitur grafis luar biasa untuk game yang berjalan di sistem operasi Windows. Jika kita membandingkan DirectX 11 dengan DirectX 12, rata-rata frame rate yang ditawarkan oleh DirectX 12 lebih tinggi daripada yang ditawarkan oleh DirctX11.

Untuk memeriksa versi DirectX mana yang diinstal pada sistem Anda, ikuti petunjuk yang tertulis di bawah ini:

Klik pada Windows Cari dan ketik dxdiag. Pilih dxdiag dari hasil pencarian. Ini akan meluncurkan Alat Diagnostik DirectX. Anda akan melihat versi DirectX di bawah tab Sistem.
Jika Anda memiliki sistem operasi Windows 11 dan Windows 10 versi terbaru, DirectX 12 sudah terinstal di sistem Anda. Jika Anda belum memperbarui sistem Anda, Anda mungkin menemukan DirectX 11 daripada DirectX 12. Cara termudah untuk menginstal DirectX 12 adalah dengan menginstal Windows Updates terbaru.
6] Overclock kartu grafis Anda
GPU Overclocking adalah proses meningkatkan kecepatan clock dari kartu grafis untuk meningkatkan kinerjanya. Kecepatan clock kartu grafis menunjukkan seberapa cepat ia dapat merender grafis. Semakin tinggi kecepatan clock, semakin baik kinerja kartu grafis.

Meskipun overclocking GPU akan meningkatkan FPS game Anda, Anda harus mengawasi suhu CPU dan GPU karena suhu yang sangat tinggi dapat merusak kartu grafis dan CPU Anda. Untuk overclocking GPU Anda, Anda dapat menginstal perangkat lunak overclocking gratis.

Jika setelah overclocking kartu grafis Anda, Anda akan mengalami suhu yang lebih tinggi dari kisaran suhu optimal kartu grafis Anda atau komputer Anda mulai sering mogok, Anda harus mengembalikan pengaturan dan meng-upgrade perangkat keras Anda untuk FPS terbaik dalam game.

Baca: Perangkat lunak Pemantau dan Pemeriksa Suhu CPU gratis terbaik.
7] Tingkatkan kartu grafis Anda
Jika kartu grafis Anda saat ini tidak dapat memberikan FPS terbaik untuk gim Anda, Anda perlu memutakhirkan kartu grafis Anda. Luangkan waktu untuk melakukan riset di internet sehingga Anda dapat memilih kartu grafis terbaik sesuai dengan kebutuhan game Anda.
8] Upgrade RAM
RAM Anda merupakan bagian integral dari komputer. Ini memainkan peran penting dalam kinerja sistem. RAM yang lambat mengakibatkan kinerja suatu sistem menjadi lambat. Apakah mengupgrade RAM meningkatkan FPS di game Anda? Ini sebenarnya tergantung pada berapa banyak RAM yang Anda miliki di sistem Anda. Setiap permainan membutuhkan sejumlah memori untuk dijalankan. Jika Anda memiliki lebih sedikit RAM, katakanlah 4 GB atau 8 GB, meningkatkan RAM Anda akan meningkatkan FPS di game Anda. Di sisi lain, jika Anda memiliki RAM 16GB, memutakhirkannya tidak akan membuat perbedaan pada FPS game Anda.

Cara mengonfigurasi pengaturan FPS terbaik di berbagai game

Di atas, kita berbicara tentang pengaturan yang umum untuk semua game untuk meningkatkan FPS. Sekarang, mari kita lihat pengaturan dalam game dari beberapa game populer untuk mendapatkan FPS terbaik selama bermain game. Kami akan berbicara tentang game berikut:
ValorantMinecraftLunar ClientWarzoneCS:GO
1] Pengaturan dalam game terbaik untuk meningkatkan FPS di Valorant

Buka pengaturan game Valorant dan ubah opsi berikut untuk mencapai FPS maksimum di Valorant.

Buka pengaturan Video dan pilih Umum tab. Di bawah tab Umum, matikan Tampilkan Mayat dan Tampilkan Darah. Setelah mematikan opsi ini, Anda tidak akan melihat tubuh dan darah di lantai, yang akan sedikit meningkatkan FPS di Valorant. Pilih resolusi game rendah dan atur Mode Tampilan ke Layar Penuh. Kedua opsi ini tersedia di bawah tab General pada pengaturan Video. Juga, matikan opsi Batasi FPS. Sekarang, pilih tab Kualitas Grafik di bawah pengaturan Video. Nyalakan Rendering Multithreaded untuk memanfaatkan sepenuhnya GPU dan CPU Anda untuk mendapatkan kinerja terbaik dalam game. Pilih Tidak Ada di drop-down Anti-aliasing dan matikan opsi berikut: VignetteVSyncMeningkatkan KejelasanExperimental SharpeningbloomDistortionCast Shadows
2] Pengaturan dalam game terbaik untuk meningkatkan FPS di Minecraft

Buka pengaturan Video di Minecraft dan buat perubahan berikut untuk mencapai FPS maksimum di Minecraft.

Pertahankan pengaturan Grafik ke Fast and Smooth Lightening hingga Maksimum. Pertahankan Jarak Render seminimal mungkin. Anda dapat menerapkan metode hit and trial sambil mengubah opsi Render Distance untuk mencapai FPS maksimum di Minecraft. Atur opsi Framerate Maksimum ke Unlimited.
3] Tingkatkan FPS di Lunar Client dengan mengubah pengaturan dalam game ini

Buka pengaturan Video dari game Lunar Client dan buat yang berikut ini untuk mencapai frame rate maksimum dalam game.

Pertahankan pengaturan Grafik Anda ke Fast and Smooth Lightening ke Minimum.Jaga Jarak Render ke minimum. Anda dapat memilih nilai yang berbeda di Jarak Render dan melihat nilai mana yang memberi Anda kecepatan bingkai terbaik di Lunar Client. Opsi View Bobbing tidak memengaruhi kecepatan bingkai. Oleh karena itu, Anda dapat mengaktifkan atau menonaktifkan opsi ini sesuai kebutuhan Anda. Atur opsi Framerate Maksimum ke Tidak Terbatas. Matikan opsi animasi yang tidak diinginkan atau tidak berguna, seperti: Animasi Air, Animasi Lava, Animasi Api, Animasi Portal, dll.
4] Pengaturan dalam game terbaik untuk mendapatkan FPS tinggi di Warzone

Buka tab Grafik di pengaturan Warzone dan terapkan perubahan berikut untuk mendapatkan FPS maksimum di Warzone.

 

Pilih tab Tampilan dan buat perubahan berikut:
Setel Mode Tampilan ke Layar Penuh. Nonaktifkan opsi Resolusi Dinamis dan VSync. Nonaktifkan Sorotan NVIDIA. Anda akan melihat opsi ini hanya jika Anda memiliki kartu grafis NVIDIA.
Sekarang, pilih tab Kualitas dan buat perubahan berikut:
Tetapkan Field of View (FOV) ke nilai setinggi mungkin.Pilih Terpengaruh di ADS Field of View.Set Gerakan Kamera ke LeastLakukan perubahan berikut di bagian Details & Textures: Atur Streaming Quality ke Low.Set Texture Resolution ke Low.Jika Anda memiliki kartu grafis NVIDIA, atur pengaturan Texture Filter Anisotropic ke High, dan jika Anda memiliki grafis AMD kartu, atur Filter Tekstur Anisotropik ke Rendah. Nonaktifkan opsi Bullet Impacts & Sprays, Tessellation, Dismemberment & Core Effects, dan On-demand Texture Streaming. Opsi ini akan sedikit meningkatkan FPS Anda. Jadi, jika ingin mengaktifkannya juga bisa. Matikan opsi Anti-aliasing. Nonaktifkan DirectX Ray Tracing.
5] Tweak pengaturan in-game di CS:GO untuk mendapatkan FPS

yang maksimalBuka pengaturan Video di CS :GO dan buat perubahan berikut untuk mendapatkan FPS maksimum dalam game.

Turunkan rasio aspek dan resolusi. Alihkan opsi Multicore Rendering. Di beberapa komputer, mengaktifkan opsi ini memberikan FPS maksimum, sedangkan, di beberapa komputer, menonaktifkan opsi ini meningkatkan FPS. Nonaktifkan opsi FXAA Anti-Aliasing, Vertical Sync, dan Motion Blur. Atur opsi Global Shadow Quality dan Texture Detail ke Rendah.
Bagaimana cara mengoptimalkan PC saya untuk FPS game?

Untuk mengoptimalkan PC Anda untuk FPS game, Anda dapat mencoba hal-hal berikut:
Aktifkan Mode Game.Perbarui driver kartu grafis Anda.Nonaktifkan aplikasi latar belakang dan startup.Overclock kartu grafis Anda. Turunkan resolusi game Anda.
Apakah Mode Game meningkatkan FPS?

Mode Game adalah fitur luar biasa di sistem operasi Windows. Microsoft telah mengembangkan fitur ini untuk meningkatkan kinerja game di komputer Windows. Jika Anda mengaktifkan Mode Game, semua aktivitas latar belakang tetap dinonaktifkan selama gameplay, yang pada gilirannya meningkatkan FPS game.

Semoga ini membantu.

Baca selanjutnya: Perbedaan antara Kartu Grafis DDR3, DDR4, dan DDR5.