Cara mengonfigurasi pengaturan HDR terbaik untuk bermain game di PC Windows

HDR atau High Dynamic Range adalah teknologi yang meningkatkan kecerahan dan warna tampilan untuk memberikan gambar dan video berkualitas tinggi kepada pengguna. Tidak diragukan lagi, bermain game di monitor berkemampuan HDR memberi Anda pengalaman bermain game terbaik. Jika Anda pernah memainkan game di layar non-HDR, Anda mungkin pernah mengalami situasi di mana Anda harus menyesuaikan tingkat kecerahan layar Anda sesuai dengan lingkungan gelap dan terang dalam game. Pada tampilan HDR, Anda tidak perlu menyesuaikan tingkat kecerahan dan kontras berulang kali, asalkan Anda telah mengkalibrasinya dengan benar. Dalam artikelnya, kita akan berbicara tentang cara mengkonfigurasi pengaturan HDR terbaik untuk bermain game di PC Windows.

Persyaratan perangkat keras untuk game HDR

Sebelum kita berbicara tentang cara mengkonfigurasi pengaturan HDR terbaik untuk bermain game di PC Windows, penting untuk berbicara tentang perangkat keras yang didukung untuk game HDR. Untuk menikmati game HDR di PC Windows, Anda harus memiliki komponen perangkat keras dan perangkat keras berikut:
Layar berkemampuan HDRSebuah DP GPUA berkemampuan HDR atau kabel HDMI
Mari lihat semua persyaratan perangkat keras ini secara mendetail.
1] Layar berkemampuan HDR
An HDR -mampu tampilan adalah persyaratan dasar untuk game HDR. Untuk menikmati pengalaman gaming HDR, layar Anda harus mendukung teknologi HDR. Kecerahan cahaya diukur dalam nits. 1 nit sama dengan 1 candela per meter persegi (1cd/m^2). Saat memilih layar HDR atau monitor game, cari yang dapat menawarkan setidaknya 400 atau 600 nits. Meskipun layar 400 dan 600 nits bagus untuk game HDR, jika Anda mampu membeli lebih banyak, Anda harus memilih layar yang dapat menawarkan kecerahan setidaknya 1000 nits.
2] GPU
berkemampuan HDRMemiliki layar berkemampuan HDR tidak cukup untuk Permainan HDR. GPU Anda harus mampu menghasilkan gambar HDR. Anda harus mencari online untuk kartu grafis terbaik yang datang dengan dukungan HDR.
3] Kabel DP atau HDMI Persyaratan ketiga untuk game HDR adalah kabel yang mampu mentransfer data pada bandwidth yang diperlukan untuk HDR. Anda dapat menggunakan kabel DisplayPort atau kabel HDMI untuk menyambungkan monitor dengan komputer untuk game HDR. Versi berbeda dari kabel HDMI dan DisplayPort tersedia di pasaran. Konten HDR membutuhkan bandwidth yang lebih besar. Oleh karena itu, jika Anda akan membeli kabel DisplayPort, Anda harus mencari kabel yang mendukung DisplayPort 1.4 atau lebih tinggi. Demikian pula, kabel HDMI harus mendukung port HDMI 2.0 atau lebih tinggi.

Cara mengonfigurasi pengaturan HDR terbaik untuk bermain game di PC Windows

Untuk menikmati pengalaman bermain game HDR terbaik di PC Windows, penting untuk mengkalibrasinya dengan benar. Di sini, kita akan berbicara tentang:
Cara mengaktifkan HDR di Windows 11/10Cara mengkalibrasi tampilan untuk game HDR di Windows 11/10
Mari kita mulai.
1] Cara mengaktifkan HDR di Windows 11/10
Jika Anda ingin merasakan pengalaman bermain game HDR di PC Windows Anda , pertama, Anda harus mengaktifkan HDR. Di bawah ini, kami telah menjelaskan langkah-langkah untuk mengaktifkan HDR di Windows 11 dan Windows 10 secara terpisah.
Windows 11

Instruksi berikut akan memandu Anda tentang cara mengaktifkan HDR di Windows 11:
Tekan tombol Win + I untuk membuka Pengaturan. Buka “Sistem > Tampilan .”Jika Anda telah menghubungkan beberapa layar ke komputer Windows 11 Anda, pilih layar yang mendukung HDR. Aktifkan tombol di sebelah opsi Gunakan HDR dan Putar video streaming HDR. Windows 10

Langkah-langkah berikut akan membantu Anda mengaktifkan HDR di PC Windows 10 Anda :
Klik kanan pada Start dan pilih Settings.Buka “Settings > System > Display.” Pilih tampilan berkemampuan HDR Anda di bawah bagian Atur ulang tampilan Anda. Aktifkan tombol Use HDR and Stream HDR Video.
Windows 11 dan Windows 10 juga memiliki fitur bernama Auto HDR. Anda dapat menganggapnya sebagai fitur HDR canggih yang tidak didukung oleh semua game dan konsol game. Jika Anda mengaktifkan fitur ini, itu akan menampilkan game yang didukung HDR Otomatis dengan resolusi yang lebih jelas dan lebih kaya daripada yang awalnya dirancang. Selain HDR, Anda juga dapat mengaktifkan HDR Otomatis di Windows 11/10.
2] Cara mengkalibrasi tampilan untuk game HDR di Windows 11/10
Kalibrasi tampilan adalah langkah penting untuk mengonfigurasi pengaturan HDR terbaik untuk game di PC Windows. Setelah Anda mengaktifkan fitur HDR untuk tampilan Anda di PC Windows, langkah selanjutnya adalah mengkalibrasi tampilan tersebut. Langkah-langkah untuk mengkalibrasi tampilan untuk pengalaman gaming HDR terbaik dijelaskan di bawah ini untuk komputer Windows 11 dan Windows 10.
Windows 11
Langkah-langkah berikut akan membantu Anda mengkalibrasi tampilan untuk konten HDR di Windows 11:
Luncurkan aplikasi Pengaturan Windows 11.Buka “ Sistem > Tampilan.” Pilih tampilan berkemampuan HDR Anda lalu pilih HDR. Sekarang, klik opsi Kalibrasi tampilan untuk video HDR. Klik ikon layar penuh pada video untuk menampilkannya di layar penuh. Gerakkan penggeser ke kiri atau kanan untuk mengkalibrasi tampilan Anda. Setelah selesai, keluar dari mode layar penuh. Setelah itu, Windows akan menerapkan perubahan pada tampilan Anda secara otomatis. Untuk mengatur ulang pengaturan, klik tombol Atur ulang kalibrasi pada layar kalibrasi video HDR. Windows 10
Ikuti langkah-langkah yang tertulis di bawah ini untuk mengkalibrasi tampilan Anda untuk konten HDR di Windows 10:
Luncurkan Windows 10 Aplikasi pengaturan. Buka “Aplikasi > Pemutaran video > Pengaturan warna Windows HD.” Pilih tampilan berkemampuan HDR Anda di bawah bagian Pilih tampilan. Sekarang, klik Ubah pengaturan kalibrasi. Layar Kalibrasi HDR akan muncul. Arahkan kursor ke video sampel dan klik ikon layar penuh. Gerakkan penggeser ke kiri atau kanan untuk mengkalibrasi tampilan Anda. Saat menggerakkan penggeser, Anda harus mengatur keseimbangan yang baik antara bagian pemandangan yang lebih gelap dan lebih terang. Setelah selesai, keluar dari layar penuh, dan Windows akan menerapkan perubahan ke tampilan Anda secara otomatis. Jika Anda tidak menyukai perubahan, Anda dapat mengatur ulang perubahan dengan mengklik tombol Atur ulang kalibrasi yang tersedia di layar kalibrasi video HDR. Setelah mengatur ulang kalibrasi, Anda dapat mengkalibrasi ulang tampilan Anda.
Beberapa masalah umum dengan HDR di Windows

Anda mungkin mengalami beberapa masalah umum dengan fitur HDR di perangkat Windows 11/10 Anda. Mari kita lihat apa masalah ini dan apa yang harus Anda lakukan untuk menyelesaikan masalah ini. Sebelum kita mulai, periksa apakah kabel HDMI atau DP Anda berfungsi dengan baik. Juga, pastikan driver kartu grafis Anda mutakhir. Buka Pengelola Perangkat dan perbarui driver kartu grafis Anda dari sana.
Layar tidak menampilkan HDRTombol alih Gunakan HDR berwarna abu-abuWarna tidak muncul dengan benar pada layar laptop berkemampuan HDR bawaanWarna tampak jenuh saat lampu malam dinyalakan on1] Layar tidak menampilkan HDR
Masalah ini terjadi karena salah satu alasan berikut:
Ketika opsi HDR pada layar berkemampuan HDR Anda dimatikan.Bila perangkat keras komputer Anda tidak mendukung teknologi HDR.2] Tombol alih Gunakan HDR adalah greyed out
Masalah ini biasanya terjadi pada laptop yang mendukung teknologi HDR. Untuk memperbaiki masalah ini, Anda harus mengizinkan Windows 11/10 untuk memutar konten HDR saat menggunakan baterai. Untuk melakukannya, pertama-tama, colokkan laptop Anda lalu buka Windows 11/10 Settings.
Di Windows 11, buka “System > Display > Use HDR.” Sekarang, pilih opsi Baterai dan kemudian pilih dua opsi berikut: Izinkan game, video, dan aplikasi HDR dengan baterai. Izinkan streaming video HDR dengan baterai. Di Windows 10, buka “Sistem> Tampilan> Pengaturan warna Windows HD.” Di bawah Opsi baterai, hapus centang pada kotak Jangan izinkan game dan aplikasi HDR dengan baterai.3] Warna tidak muncul dengan benar pada layar laptop berkemampuan HDR bawaan
Masalah seperti itu terjadi saat pengaturan daya default pada Windows 11/ 10 perangkat mematikan opsi HDR saat laptop berjalan dengan baterai. Untuk memperbaiki masalah ini, Anda harus mengizinkan Windows memutar konten HDR saat laptop menggunakan baterai. Kami telah berbicara tentang cara mengaktifkan HDR pada baterai di Windows 11/10.
4] Warna tampak jenuh saat lampu malam dinyalakan

Saat lampu malam dinyalakan, Anda mungkin melihat warna merah setelah mengaktifkan fitur HDR. Untuk memperbaiki masalah ini, kurangi kekuatan lampu malam dengan menggerakkan penggeser ke kiri atau matikan lampu malam.

Baca: Penjelasan Penskalaan GPU vs Penskalaan Tampilan.

Bagaimana cara menggunakan HDR di PC saya untuk bermain game?

Untuk menggunakan HDR untuk bermain game di PC, Anda harus memiliki layar berkemampuan HDR. Jika Anda tidak memiliki layar eksternal, layar bawaan laptop Anda harus mendukung HDR. Selain itu, perangkat keras PC Anda harus mampu memutar konten HDR. Jika Anda memiliki layar dan PC yang mendukung HDR, aktifkan HDR di pengaturan Windows terlebih dahulu. Setelah itu, nyalakan mode HDR di layar Anda. Sekarang, langkah terakhir adalah mengkalibrasi tampilan untuk game HDR. Setelah mengkalibrasi tampilan dengan sukses, Anda akan dapat menggunakan HDR di PC Anda untuk bermain game.

Bagaimana cara membuat HDR Windows saya terlihat lebih baik?

Untuk membuat HDR Windows Anda terlihat lebih baik, Anda harus mengkalibrasinya dengan benar. Kalibrasi tampilan HDR yang salah tidak akan memberikan Anda kualitas video dan gambar terbaik.

Apakah pengaturan HDR bagus untuk bermain game?

High Dynamic Range (HDR) adalah salah satu peningkatan grafis yang memengaruhi pengalaman bermain game pengguna dalam berbagai cara. Bermain game di komputer yang mendukung HDR dengan layar berkemampuan HDR memberi para gamer gamut warna yang lebar, tingkat saturasi yang lebih dalam, Sorotan dan bayangan yang lebih cerah dan lebih detail, kontras yang lebih beragam, dll. Keunggulan teknologi HDR dalam game ini pasti tingkatkan pengalaman bermain game pengguna.

Dapatkah DisplayPort 1.2 melakukan HDR?

Tidak, DisplayPort 1.2 tidak mendukung konten HDR. Untuk melihat konten HDR di layar Anda, itu harus memiliki DisplayPort 1.4 atau lebih tinggi.

Itu saja.

Baca selanjutnya: Cara memeriksa apakah HDR didukung pada PC Windows 11.