Cara mengonfigurasi pengaturan HDR terbaik untuk bermain game di Xbox di TV

HDR adalah singkatan dari High Dynamic Range. Ini adalah teknologi yang dikembangkan untuk meningkatkan kualitas gambar dan video. Sebagian dari Anda mungkin sudah tidak asing lagi dengan istilah HDR. Saat ini, teknologi ini banyak digunakan di kamera, smartphone, dan TV. Tujuan dari pengembangan teknologi HDR adalah untuk menciptakan gambar yang lebih dekat dengan yang terlihat oleh mata manusia. Foto yang diambil oleh kamera dengan mode HDR diaktifkan lebih jelas daripada foto yang diambil oleh kamera yang sama dengan mode HDR dinonaktifkan. Ini karena teknologi HDR menghasilkan foto dengan menyeimbangkan bagian paling gelap dan paling terang. Teknologi HDR juga memiliki aplikasi di sektor game. Bermain game di TV berkemampuan HDR pasti meningkatkan pengalaman bermain game. Artikel ini berbicara tentang cara mengkonfigurasi pengaturan HDR terbaik untuk game Xbox di TV.

Cara mengonfigurasi pengaturan HDR terbaik untuk game di Xbox di TV

Jika Anda mengonfigurasi pengaturan HDR yang benar untuk game Xbox di TV, Anda tidak perlu menyesuaikan kecerahan dan tingkat kontras lagi dan lagi untuk lingkungan yang lebih gelap dan lebih cerah dalam game. Berikut adalah beberapa saran yang dapat Anda ikuti untuk mengonfigurasi pengaturan HDR terbaik untuk game Xbox di TV.

Kami akan membahas berikut ini:
Cara mengatur TV HDR untuk bermain game XboxCara mengatur HDR Otomatis untuk bermain game XboxPengaturan HDR berbeda di TV HDR untuk game Xbox
Mari kita mulai.

1] Cara mengatur TV HDR untuk game Xbox

Untuk mengatur TV HDR Anda untuk game Xbox, Anda harus mencoba pengaturan gambar yang berbeda dengan mode HDR diaktifkan di TV Anda. Pengaturan menu berbeda untuk model TV yang berbeda. Untuk mengkalibrasi pengaturan HDR yang benar di TV Anda untuk game Xbox, Anda dapat menggunakan aplikasi Kalibrasi Game HDR Xbox. Langkah-langkah untuk menggunakan aplikasi Kalibrasi game Xbox adalah sebagai berikut:
Tekan tombol Xbox untuk membuka panduan. Sekarang, buka “Profil & sistem > Pengaturan > Umum.” Sekarang, pilih opsi TV & tampilan. Di sana, Anda akan melihat Kalibrasi HDR untuk opsi game.
Sekarang, Anda dapat menyesuaikan pengaturan gambar HDR untuk mengatur TV HDR Anda untuk Xbox game. Perhatikan bahwa saat mengatur TV Anda untuk game HDR, TV Anda harus dalam mode HDR.

2] Cara mengatur HDR Otomatis untuk game Xbox

HDR Otomatis adalah fitur yang memberikan resolusi yang lebih jelas dan lebih kaya untuk game daripada yang awalnya dirancang untuk. Hanya Xbox Series X|S yang mendukung fitur HDR Otomatis. Selain itu, TV Anda harus memiliki HDR10 untuk mendukung fitur HDR Otomatis dari Xbox Series X|S. Untuk menggunakan fitur HDR Otomatis di TV Anda, ikuti petunjuk yang diberikan di bawah ini:
Aktifkan fitur HDR10 di TV Anda.Tekan tombol Xbox di Konsol Anda untuk membuka panduan.Buka “Profil & sistem > Setelan > Umum > TV & tampilan opsi.” Sekarang, pilih opsi Mode video dan kemudian nyalakan HDR Otomatis. Selain itu, aktifkan opsi Izinkan 4K, Izinkan HDR10, dan/atau Izinkan Dolby Vision.
Perhatikan bahwa semua game tidak mendukung fitur HDR Otomatis. Untuk mengetahui apakah game Anda mendukung fitur HDR Otomatis atau tidak, pertama-tama aktifkan HDR Otomatis di konsol game Anda, lalu luncurkan game tersebut. Sekarang, tekan tombol Xbox. Jika game mendukung fitur ini, Anda akan melihat lencana HDR Otomatis di sisi kanan atas antarmuka.

Baca: Cara mengaktifkan Pemutaran HDR untuk aplikasi Streaming Video

3] Pengaturan HDR berbeda di TV HDR untuk game Xbox

Jika Anda ingin memiliki pengalaman gaming HDR terbaik di TV Anda, sesuaikan pengaturan berikut di TV HDR Anda:
Brightness: Untuk mendapatkan pengalaman gaming HDR terbaik di TV Anda, atur tingkat kecerahan HDR TV Anda ke maksimum. Beberapa TV dilengkapi dengan sensor cahaya internal yang menyesuaikan kecerahan layar sesuai dengan intensitas cahaya di lingkungan Anda. Jika TV Anda memiliki sensor cahaya, nonaktifkan pengaturan kecerahan otomatis. Pengaturan peredupan lokal: Pengaturan peredupan lokal di TV HDR meningkatkan rasio kontras dengan membuat warna gelap tampak lebih gelap dan lebih dalam. Anda akan menemukan pengaturan ini dengan nama yang berbeda di berbagai model TV HDR. Untuk mendapatkan pengalaman HDR terbaik dalam bermain game, Anda disarankan untuk mengaktifkan pengaturan ini di TV Anda. Warna: Tampilan gambar dipengaruhi oleh suhu warna di TV. Pengaturan ini sering disebut nada warna atau suhu warna (tergantung pada model TV HDR yang Anda miliki) dan memiliki opsi yang disebut cool, C10, Warm1, W10, dll. Jika Anda ingin mendapatkan pengalaman gaming HDR terbaik, Anda harus gunakan pengaturan warna Hangat1, W10, atau normal pada TV HDR Anda. Ketajaman: Mengaktifkan ketajaman pada TV HDR Anda dapat menyebabkan tepi tajam yang tidak perlu yang memengaruhi konten HDR. Oleh karena itu, disarankan untuk menonaktifkan pengaturan ketajaman TV HDR Anda untuk mendapatkan pengalaman gaming HDR terbaik.
read: Bagaimana cara memeriksa apakah HDR didukung pada PC Windows 11.

Bagaimana cara membuat Xbox HDR saya terlihat lebih baik?

Anda dapat membuat Xbox HDR Anda terlihat lebih baik dengan mengkalibrasi pengaturan HDR dengan benar. Untuk tujuan ini, Anda dapat menggunakan aplikasi kalibrasi game Xbox. Dengan menggunakan aplikasi ini, Anda dapat mengonfigurasi pengaturan HDR terbaik di TV HDR Anda untuk game Xbox.

Apakah HDR bagus untuk bermain game?

Teknologi HDR menyajikan gambar dengan lebih jelas. Jika Anda mengambil gambar dengan mengaktifkan mode HDR di kamera, Anda akan melihat bagian gambar yang lebih gelap dan lebih terang dengan lebih jelas. Tujuan dari teknologi HDR adalah untuk membuat gambar yang lebih realistis. HDR bagus untuk bermain game. Jika Anda ingin menikmati pengalaman bermain game yang lebih baik, Anda harus memainkan game Anda setelah mengaktifkan mode HDR. Jika Anda mengaktifkan mode HDR, Anda akan mendapatkan kontras yang lebih beragam di lingkungan yang lebih gelap di game Anda.

Baca selanjutnya: Cara mengonfigurasi pengaturan FPS terbaik untuk game di PC.