Cara mengonversi Gambar menjadi Hitam Putih di GIMP

GIMP adalah alat yang ampuh, dan ini sudah terkenal. Mungkin tidak setingkat dengan Photoshop, tapi tidak apa-apa karena GIMP gratis dan open source, oleh karena itu, kebutuhan untuk menghabiskan banyak uang langsung keluar jendela.

Sekarang, seperti yang telah kami nyatakan sebelumnya, GIMP sangat kuat, yang berarti, tidak sulit untuk mengubah gambar menjadi hitam putih. Hari ini kita akan melihat tiga cara terbaik untuk mengubah foto berwarna menjadi hitam putih. Setiap solusi berbeda dari yang lain, seperti yang diharapkan, tetapi yang paling penting, mereka bekerja.

Cara mengonversi Gambar menjadi Hitam Putih di GIMP

Jika Anda ingin mengonversi Gambar berwarna menjadi Hitam Putih di GIMP, ikuti salah satu metode ini:
Gunakan Skala Abu-abu mode untuk mengubah gambar menjadi hitam putihManfaatkan fitur DesaturasiMenyesuaikan gambar melalui Mixer Saluran1] Gunakan mode Grayscale untuk mengubah gambar menjadi hitam putihbsp

Salah satu cara termudah untuk mengubah foto berwarna Anda menjadi hitam putih adalah dengan mengaktifkan mode skala abu-abu. Secara default, gambar yang ditambahkan akan terbuka dalam mode RGB, tetapi ada opsi untuk mengubahnya menjadi skala abu-abu, jadi mari kita bicara sedikit tentang cara melakukannya.
Buka aplikasi GIMP.Dari sana, tekan tab File.Gunakan opsi dari menu dropdown untuk menambahkan foto. Setelah gambar berwarna ditambahkan, silakan klik pada tab Image. Setelah itu, Anda harus memilih Mode dari dropdown. Sekarang Anda akan melihat tiga opsi. Yaitu RGB, Grayscale, dan Indexed. Dari daftar kecil itu, pilih Grayscale.
Segera foto Anda akan dikonversi menjadi hitam putih. Anda sekarang dapat menyimpannya ke komputer Anda jika Anda senang dengan hasilnya.
2] Manfaatkan fitur Desaturasi

Anda akan melihat bahwa ketika skala abu-abu digunakan untuk menambahkan hitam putih ke gambar, tidak banyak pilihan untuk menentukan intensitas warnanya. Di sinilah desaturasi berperan karena dikemas dengan keserbagunaan.
Untuk memulai, tambahkan gambar yang relevan.Dari sana, tambahkan lapisan ke foto.Selanjutnya, Anda harus mengklik tab Warna.Dari menu tarik-turun, klik Saturasi.Sebuah jendela kecil sekarang akan muncul.Gunakan fitur Skala untuk menentukan intensitas bayangan hitam dan putih.
Jika Anda mau, Anda dapat menggunakan preset yang sudah disimpan, atau menyimpan preset Anda sendiri untuk digunakan di masa mendatang. Kapan pun Anda ingin mengakses preset yang disimpan, cukup klik Colors > Desaturate, lalu Desaturate lagi. Pilih preset dari jendela pop-up, dan hanya itu.
3] Sesuaikan gambar melalui Mixer Monobsp

Solusi terakhir untuk mengubah foto berwarna Anda menjadi hitam putih adalah dengan menggunakan Mono Mixer. Ini adalah fitur sederhana, salah satu yang lebih fleksibel daripada yang lain yang telah kami sebutkan di sini, dan itu karena memungkinkan pengguna untuk menyesuaikan hampir setiap aspek gambar.

Orang yang ingin lebih mengontrol apa yang mereka lakukan harus membuat menggunakan Mono Mixer, dan kita akan membahas caranya.
Buka gambar di GIMP.Langkah selanjutnya, klik tab Colors.Menu dropdown sekarang akan terlihat.Buka Components dan arahkan mouse Anda di atasnya.Dari sana, pilih Mono Mixer.Segera gambar akan berubah menjadi hitam putih.Juga, sebuah jendela kecil akan terbuka.
Dari jendela ini, Anda akan melihat beberapa saluran RGB yang dapat digunakan untuk mengubah nada foto . Jika Anda ingin kontrol lebih, sebaiknya manfaatkan Channel Mixer daripada Mono Mixer.

READ: Cara menggunakan filter Enhance di GIMP

Apakah GIMP editor foto yang bagus?

Dari semua editor gambar gratis yang tersedia saat ini, GIMP sejauh ini adalah yang terbaik . Ini adalah satu-satunya editor foto gratis yang dapat bersaing dengan Photoshop, meskipun tidak mudah digunakan jika dibandingkan dengan apa yang ditawarkan Adobe.

Apa saja kelemahan GIMP?

GIMP adalah kualitas yang bagus, itu sudah pasti, tapi itu tidak sempurna. Anda lihat, tidak mungkin untuk memilih beberapa lapisan, atau menambahkan efek ke teks yang dapat diedit. Selain itu, pengguna tidak dapat mengekspor gambar yang dioptimalkan untuk web tanpa plugin. Selain itu, alat GIMP dikenal sering mogok dari waktu ke waktu, dan itu merupakan pemecah masalah bagi banyak profesional.

Dapatkah GIMP melakukan semua yang dapat dilakukan Photoshop?

Tidak, alat pengeditan gambar GIMP, meskipun sangat kuat, tidak dapat menahan lilin Adobe Photoshop di mana fitur yang bersangkutan. Ini karena Photoshop mendapat dukungan dari perusahaan multi-miliar dolar sementara GIMP bergantung terutama pada kontributor.