Cara Mengosongkan, Mengurangi, atau Membatasi penggunaan RAM di Windows 11

Anda mungkin memperhatikan bahwa sistem Windows 11 Anda mengalami penurunan kinerja yang berpotensi menyebabkan masalah mogok, macet, atau tidak merespons – ini terutama karena komputer terus berjalan tinggi pada penggunaan memori dalam beberapa kasus. Dalam posting ini, kami akan menawarkan cara pengguna PC dapat membebaskan, mengurangi, atau membatasi penggunaan RAM pada perangkat mereka.

Cara Membebaskan, Mengurangi, atau Membatasi penggunaan RAM di Windows 11

Windows 11 dilengkapi dengan banyak fitur dan peningkatan baru dibandingkan dengan sebelumnya versi Windows, yang sebagian besar jika tidak semuanya berat pada sumber daya sistem. Mungkin alasan mengapa Microsoft mendorong penginstalan Windows 11 hanya pada perangkat keras yang didukung, meskipun pengguna PC dapat menginstal Windows 11 pada perangkat keras yang tidak didukung. Yang mengatakan, beberapa pengguna PC mungkin mengalami penggunaan memori yang tinggi saat menjalankan Windows 11 pada perangkat keras yang didukung atau tidak didukung dengan spesifikasi minimum yang diperlukan.

Sekarang, di beberapa tempat, ada saran untuk menonaktifkan fitur baru ini, tetapi menurut kami, itu tampaknya mengalahkan tujuan pengguna PC memanfaatkan semua lonceng dan peluit yang datang dengan OS modern – jika tidak, mengapa memutakhirkan ke Windows 11 atau yang lebih baru? Idenya adalah untuk meningkatkan alur kerja, pengalaman bermain game, atau tugas apa pun yang Anda pilih untuk dilakukan dengan OS modern dan dengan demikian mencapai lebih banyak.

Baca: Penggunaan Memori Tinggi Microsoft Edge

Beberapa fitur baru yang disarankan bagi pengguna untuk dinonaktifkan termasuk Tim Microsoft dan Papan Widget , kedua ikon disematkan ke bilah tugas di samping semua opsi biasa, seperti menu Mulai dan Tampilan Tugas. Widget dan obrolan Tim Microsoft meluncurkan proses Microsoft Edge WebView2 di latar belakang. Proses ini diperlukan untuk aplikasi berbasis web seperti Tim atau Widget di Windows 11, tetapi sayangnya, dalam beberapa kasus, proses ini membutuhkan banyak sumber daya. Proses WebView2 dipicu ketika Anda mengklik ikon Papan Widget dan menelusuri umpan. Sementara ikon obrolan Teams menggunakan sumber daya sistem baik sedang digunakan atau tidak, karena ikon disematkan ke bilah tugas, ikon ini memicu aktivitas terkait web di latar belakang setelah pengguna masuk ke Windows 11.

Baca: Perbaiki msedgewebview2.exe CPU Tinggi dan Penggunaan memori

Jadi, bagi mereka yang tidak menggunakan fitur baru ini setiap hari dan ingin mengurangi penggunaan RAM pada perangkat mereka dan meningkatkan kinerja, Anda cukup mengeklik kanan pada keduanya dan melepas pin ikon. Ini akan mencegah proses WebView2 terpicu saat startup dalam kasus Teams. Namun, Anda mungkin tidak melihat peningkatan signifikan pada penggunaan harian Anda, tetapi ini akan membantu untuk mengurangi berapa banyak proses WebView2 bersamaan yang akan berjalan di latar belakang saat Anda meluncurkan lebih banyak aplikasi atau aplikasi web di perangkat Anda.

Untuk memori yang jauh lebih baik dan ideal manajemen penggunaan tanpa menghapus atau menonaktifkan fitur baru Windows 11 di perangkat Anda, Anda dapat mencoba saran berikut:
Mulai ulang PCPastikan Aplikasi dan Windows 11 selalu terbaruJalankan pemindaian malwareHapus cache MemoriUninstal atau Nonaktifkan aplikasi yang tidak digunakanGunakan Portabel atau instal versi yang lebih ringan aplikasi ATAU alternatifAktifkan ReadyBoostJalankan Alat Diagnostik Memori WindowsUpgrade atau instal RAM tambahan.1] Mulai ulang PC
Kami memulai dengan yang sudah jelas, yaitu segera setelah Anda melihat lonjakan memori saat menjalankan Windows 11 pada perangkat Anda, Anda dapat memberikan PC Anda restart cepat untuk sepenuhnya bersihkan isi RAM dan mulai ulang semua proses yang berjalan, termasuk yang Anda tidak sadari sedang berjalan. Anda harus me-restart PC Anda secara berkala untuk melakukan pembersihan memori ini, dan juga saat-saat ketika PC Anda terasa lamban, dan Anda belum me-restart perangkat dalam beberapa saat.

Read: Mengapa restart PC Windows Anda memperbaiki begitu banyak masalah?
2] Membuat yakin Aplikasi dan Windows 11 selalu up-to-datebsp

Bug sistem operasi dikenal sebagai babi sumber daya sistem yang rakus. Jadi, disarankan bagi pengguna PC untuk selalu memastikan bahwa OS Windows 11 diperbarui saat dan saat jatuh tempo berdasarkan Irama Layanan Pembaruan Windows. Dalam nada yang sama, Anda harus selalu memastikan aplikasi yang diinstal diperbarui secara tepat waktu, dan bukan hanya untuk alasan keamanan, karena versi aplikasi terbaru dapat menyertakan pengoptimalan dan peningkatan sehingga aplikasi saat digunakan, mengkonsumsi lebih sedikit RAM secara umum. . Aplikasi yang diperbarui mungkin menyertakan perbaikan untuk masalah kebocoran memori apa pun yang mungkin dialami aplikasi.
3] Jalankan pemindaian malware. Dalam beberapa kasus, jika PC Anda terinfeksi virus/malware, Anda kemungkinan akan mengalami penggunaan memori yang tinggi. Jadi, pastikan perangkat lunak keamanan yang diinstal pada perangkat Anda sepenuhnya diperbarui dan kemudian secara manual menjalankan pemindaian malware lengkap untuk mendisinfeksi dan menyingkirkan perangkat lunak dan layanan jahat yang potensial atau proses yang memakan memori.
4] Hapus Memori cache
Biasanya, jika Anda memiliki lebih banyak aplikasi yang berjalan pada sistem Anda, lebih banyak memori akan dikonsumsi. Ingatlah beberapa aplikasi, saat diluncurkan, memicu banyak proses – dan masing-masing proses ini memakan memori. Jadi, saat tidak digunakan, menutup aplikasi dapat membantu, tetapi terkadang, alokasi memori untuk proses masih belum dirilis oleh aplikasi. Dalam hal ini, perlu untuk menghapus cache memori dan membebaskan sumber daya RAM, yang kemudian dapat dialokasikan ke proses lain.

Baca: Penggunaan Disk & Memori Tinggi saat bermain Game di PC
5] Uninstall atau Nonaktifkan aplikasi yang tidak digunakan

Salah satu cara untuk mengurangi Penggunaan RAM adalah untuk mencegah program yang tidak pernah Anda gunakan untuk mengkonsumsinya. Jika Anda memiliki aplikasi yang belum dibuka dan digunakan selama berbulan-bulan tetapi masih berjalan di latar belakang, berpotensi menghabiskan sumber daya memori. Dalam hal ini, Anda dapat menghapus instalan aplikasi tersebut. Jika Anda tidak ingin mencopot pemasangan aplikasi karena kadang-kadang Anda menggunakannya, Anda dapat menghentikan aplikasi agar tidak dibuka atau berjalan saat memulai karena sebagian besar aplikasi disetel untuk berjalan secara otomatis setiap kali Anda masuk, yang tidak diperlukan jika Anda jarang menggunakannya.

Selain itu, periksa dan nonaktifkan ekstensi browser yang tidak Anda gunakan. Ini diperlukan karena setiap ekstensi yang Anda tambahkan ke browser menghabiskan memori ekstra, jadi menghapus ekstensi yang tidak digunakan adalah cara mudah untuk mengurangi penggunaan RAM lebih lanjut di perangkat Anda.

Baca:Cara memeriksa aplikasi mana yang menggunakan lebih banyak RAM di Windows
6] Gunakan Portabel atau instal versi aplikasi yang lebih ringan ATAU alternatif
Anda mungkin ingin mengosongkan RAM di komputer, tetapi aplikasi yang memonopoli sumber daya memori diperlukan untuk alur kerja Anda. Dalam skenario ini, Anda dapat mencoba menggunakan versi aplikasi yang lebih ringan (jika tersedia) atau versi aplikasi Portabel jika tersedia juga. Atau, Anda dapat menggunakan coba gunakan alternatif aplikasi yang lebih ringan jika Anda bisa. Misalnya, Anda dapat mencoba menggunakan aplikasi yang lebih kecil seperti Paint.NET atau GIMP untuk pengeditan kecil, dan hanya menggunakan Photoshop jika Anda benar-benar berdedikasi untuk mengerjakan sebuah proyek.

Baca: Cara mengurangi penggunaan memori Chrome & membuatnya menggunakan lebih sedikit memori
7 ] Aktifkan ReadyBoost
Jika komputer yang Anda jalankan Windows 11 sudah tua dan memiliki lebih sedikit RAM, Anda dapat menggunakan ReadyBoost. Namun, fitur ini penggunaannya terbatas saat ini karena jika komputer Anda memiliki SSD, ReadyBoost tidak akan melakukan peningkatan kinerja apa pun. Ini karena SSD lebih cepat daripada flash drive, sehingga file paging lebih efisien daripada menggunakan drive USB sebagai RAM. Selain itu, PC hari ini dikirimkan dengan lebih banyak RAM secara default, jadi tidak akan ada keuntungan nyata dibandingkan dengan mesin lama yang memiliki HDD terpasang.
8] Jalankan Windows Memory Diagnostic Tool
Jalankan Alat Diagnostik Memori Windows. Anda dapat menggunakannya untuk memeriksa kemungkinan masalah memori, termasuk menguji Random Access Memory (RAM) di komputer Anda. Alat ini membantu Anda mengetahui memori buruk, masalah memori, dan biasanya membutuhkan waktu 20 menit untuk menyelesaikannya.
9] Tingkatkan atau instal RAM

tambahanKami membiarkan ini sebagai opsi terakhir karena ini melibatkan beberapa biaya; tetapi menambahkan RAM pasti akan meningkatkan kinerja, terutama jika Anda selalu kehabisan RAM atau ingin menjalankan lebih banyak program sekaligus. Anda mungkin juga memerlukan jasa teknisi perangkat keras, meskipun menambahkan RAM pada desktop cukup mudah dibandingkan dengan laptop dengan ruang terbatas. Bagaimanapun, Anda harus memeriksa slot memori gratis dan memastikan Anda membeli RAM yang kompatibel dengan sistem Anda. Anda dapat merujuk ke dokumentasi pabrikan PC Anda atau mencari secara online.

Baca:Mitos terbesar tentang RAM yang dimiliki banyak orangbsp
Saya harap Anda menemukan posting ini informatif dan bermanfaat!

Pos terkait: Cara Memeriksa, Menurunkan, atau Meningkatkan penggunaan CPU di Windows

Bagaimana cara membuat Windows 11 menggunakan lebih sedikit RAM?

Untuk membuat Windows 11 menggunakan lebih sedikit RAM, coba saran berikut:
Akhiri semua aplikasi dan layanan yang tidak perluNonaktifkan aplikasi Startup yang tidak perluDefragment Hard Drive AndaNonaktifkan Layanan SysMainSesuaikan untuk Performa terbaik
Mengapa penggunaan RAM saya begitu tinggi?

Semua memori komputer terhubung ke CPU dan RAM. Namun, masalah penggunaan memori yang tinggi terutama disebabkan oleh kepadatan banyak proses internal. Perbaikan umum untuk masalah ini adalah membuka Task Manager dan memeriksa dan menghentikan program dan aplikasi yang tidak perlu yang sedang berjalan.

Berapa banyak penggunaan RAM yang normal?

Sebagai aturan umum, 4GB mulai menjadi “tidak cukup”, sedangkan 8GB adalah baik untuk sebagian besar penggunaan umum PC (dengan game kelas atas dan PC workstation hingga 16GB atau lebih). Dan untuk berapa persen RAM yang dianggap normal, untuk komputer yang berjalan di Windows, penggunaan rata-rata diperkirakan 15-30% saat idle. Persentase ini disebabkan oleh cadangan memori OS, drivernya, dan aplikasi yang berbeda bersama dengan data yang di-cache.

Apakah Windows 11 RAM lapar?

Jika Anda memiliki sistem 4GB dengan Windows 11 terinstal, itu tidak akan sepenuhnya tidak dapat digunakan. Tetapi Anda akan melihat bahwa setidaknya 3 GB RAM sedang digunakan oleh proses sistem, atau 70-80 persen RAM digunakan tanpa menggunakan program apa pun.