Cara mengubah lebar Scrollbars di Chrome dan Firefox di Windows 11/10

Dalam posting ini, kami akan menunjukkan cara mengubah lebar bilah gulir di browser Chrome dan Firefox di komputer Windows 11/10. Jika Anda tidak puas atau nyaman dengan lebar default bilah horizontal dan bilah vertikal atau bilah gulir browser Chrome dan Firefox, maka Anda dapat membuat bilah gulir lebih lebar atau lebih tipis dengan mudah. Posting ini telah membahas semua langkah untuk mengubah lebar bilah gulir peramban Chrome dan peramban Firefox secara terpisah.

Untuk mengubah lebar bilah vertikal dan bilah horizontal di Google Chrome, Anda memerlukan ekstensi gratis. Di sisi lain, Firefox menyediakan fitur bawaan untuk mengubah lebar bilah gulir. Mari kita periksa bagaimana melakukan ini untuk kedua browser satu per satu. Anda dapat membuat bilah horizontal dan bilah vertikal lebih lebar atau lebih tipis.

Mengubah lebar bilah gulir di browser Chrome di Windows 11/10

Ada beberapa ekstensi yang membantu Anda mengubah warna, ukuran, dll., untuk bilah gulir Google Chrome. Salah satu ekstensi tersebut adalah Scrollbar Customizer. Ekstensi ini memungkinkan Anda mengubah ukuran bilah gulir dengan mudah. Selain itu, ini juga memungkinkan Anda mengubah warna batas, menambahkan bayangan dengan warna khusus ke gagang penggeser, menambahkan sudut membulat ke bilah gulir, dll. Ekstensi berfungsi dengan baik. Namun, perhatikan bahwa ekstensi ini tidak akan berfungsi di halaman Pengaturan Chrome, Toko Web Chrome, halaman Ekstensi, dll.

Anda bisa mendapatkan ekstensi Chrome gratis ini dari chrome.google.com. Setelah Anda menginstal ekstensi ini di browser Chrome Anda, klik ikon ekstensi yang ada di bagian kanan atas browser Chrome. Ini akan membuka halaman Opsi atau Pengaturan ekstensi Chrome ini.

Pada halaman Opsi, Anda akan melihat penggeser untuk Ukuran Bilah Gulir. Pindahkan penggeser dari kiri ke kanan untuk mengubah lebar bilah gulir. Semakin tinggi ukurannya, semakin lebar bilah gulir, dan sebaliknya. Perubahan diterapkan segera dan Anda juga dapat melihat hal yang sama di halaman Opsi. Namun, jika Anda telah membuka beberapa tab, maka Anda perlu me-refresh tab tersebut untuk melihat perubahan di scrollbars.

Anda juga dapat menggunakan halaman Opsi ekstensi ini untuk menggunakan opsi lain seperti menambahkan situs web ke daftar hitam yang Anda tidak` t ingin mengganti gaya scrollbar, mengatur warna batas kustom untuk scrollbar, dll. Dan, kapan pun Anda mau, Anda dapat membatalkan semua perubahan yang dilakukan pada halaman Opsi. Anda dapat melakukannya dengan mengklik tombol Restore Default Formatting.

Related:Cara mengubah lebar Scrollbar di Windows 11/10.

Mengubah lebar Scrollbar di Firefox di Windows 11/10

Ada beberapa add-on yang tersedia untuk Firefox untuk mengubah lebar scrollbar serta menyesuaikan scrollbar. Namun, untuk Firefox, Anda tidak perlu menginstal beberapa add-on untuk mengubah lebar scrollbar karena ada opsi asli untuk melakukannya. Berikut langkah-langkahnya:
Buka browser FirefoxKetik about:config di bilah alamat FirefoxTekan tombol EnterAnda akan menerima pesan peringatan Lanjutkan dengan Perhatian. Di sana, klik tombol Terima Risiko dan Lanjutkan. Ini akan membuka halaman Preferensi Lanjutan FirefoxGunakan kotak pencarian untuk mencari widget.non-tema-asli.scrollbar.preferensi gaya Sekarang klik dua kali pada preferensi itu untuk mengubah lebar bilah gulir. Anda dapat memasukkan angka dari 0 hingga 5. Cukup tambahkan angka dan tekan tombol Enter atau klik tombol Simpan (Centang biru). Scrollbars gaya MacOS2: Scrollbars gaya GTK3: Scrollbars gaya Android4: Scrollbars gaya Windows 105: Scrollbars gaya Windows 11.
Ini akan segera mengubah lebar scrollbar Firefox berdasarkan nomor yang dimasukkan. Anda bahkan tidak perlu me-restart Firefox atau me-refresh tab yang ada untuk melihat perubahannya.

Bagaimana cara mengubah ukuran scrollbar di Chrome?

Jika Anda ingin membuat scrollbar (vertikal dan horizontal) lebih lebar atau lebih kecil dari ukuran default, maka Anda dapat mencoba beberapa ekstensi Chrome gratis untuk melakukannya. Salah satu ekstensi tersebut adalah Scrollbar Customizer. Selain hanya mengubah ukuran bilah gulir, jenis ekstensi semacam itu juga memungkinkan Anda mengubah warna bilah gulir, mengatur warna batas, menambahkan bayangan, dan menyediakan penyesuaian lain untuk bilah gulir agar terlihat lebih baik.

Bagaimana cara mengubah lebar scrollbar saya?

Jika Anda ingin mengubah lebar scrollbar horizontal dan vertikal komputer Windows 11/10, maka itu dapat dilakukan dengan tweak Registry. Anda perlu mengakses kunci Registry nama WindowMetrics yang ada di bawah kunci Desktop dan kemudian menyesuaikan data nilai ScrollWidth dan nilai nama ScrollHeight untuk menyesuaikan tinggi dan lebar bilah gulir Windows 11/10. Disarankan juga untuk mencadangkan Registry terlebih dahulu sebelum menerapkan tweak Registry.

Di sisi lain, jika Anda ingin mengubah lebar bilah gulir Chrome, Anda dapat menggunakan ekstensi Chrome gratis yang memungkinkan Anda menyesuaikan bilah gulir. Untuk pengguna Firefox, hal yang sama dapat dilakukan dengan fitur bawaan. Posting di atas mencakup langkah-langkah untuk mengubah lebar scrollbar di Chrome dan Firefox secara terpisah. Cukup ikuti langkah-langkah sederhana dan Anda akan mendapatkan hasilnya.

Baca selanjutnya:Mengaktifkan Smooth Scrolling di Windows, Firefox, Chrome, Edge, atau Opera.