Cara mengubah Lokasi Penyimpanan Peta Offline di Windows 11/10

Tutorial ini menunjukkan cara mengubah lokasi penyimpanan Peta Offline di Windows 11. Aplikasi Peta bawaan di Windows 11 mendukung peta offline yang berguna untuk mendapatkan petunjuk arah, mencari tempat, dll., tanpa koneksi internet. Anda dapat memilih benua (Asia, Eropa, Amerika Utara dan Tengah, dll.) lalu mengunduh peta negara atau wilayah (jika tersedia) dari negara tertentu. Semua peta offline disimpan di bawah hard drive default. Namun Anda dapat mengubah lokasi default ini dengan mudah. ​​

Mengubah lokasi penyimpanan default untuk peta offline tidak menghapus peta yang sudah disimpan. Peta yang sudah diunduh dipindahkan ke lokasi baru dengan semua datanya. Jadi, Anda tidak perlu khawatir tentang itu.

Cara mengubah Lokasi Penyimpanan Peta Offline di Windows 11/10

Berikut langkah-langkah untuk mengubah lokasi penyimpanan Peta Offline di komputer Windows 11:
Tutup aplikasi Maps jika sudah dibuka. Jika tidak, perubahan untuk memindahkan peta offline tidak akan diselesaikanGunakan pintasan Win+I untuk membuka aplikasi Pengaturan Windows 11 atau buka dengan cara apa pun yang Anda sukaAkses kategori Aplikasi dari bagian kiriPilih Peta offline dari bagian kananAnda akan melihat opsi untuk unduh peta luring, hapus semua data peta luring, Lokasi penyimpanan, dll. Untuk lokasi Penyimpanan, Anda akan melihat bahwa lokasi default diatur ke Disk Lokal (C:) Gunakan menu drop-down yang tersedia untuk lokasi Penyimpanan dan pilih hard disk yang berbeda drive (D, F, dll.) pilihan Anda.
Sekarang Anda harus menunggu hingga proses pemindahan selesai dan selesai.
Ubah lokasi penyimpanan untuk peta offline menggunakan pengaturan penyimpanan Lanjutan

Aplikasi Pengaturan Windows 11 menyediakan cara lain untuk mengubah lokasi penyimpanan peta offline . Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:
Buka aplikasi PengaturanPilih opsi Penyimpanan yang ada di kategori SistemPerluas Pengaturan penyimpanan lanjutan (tersedia di bagian Manajemen penyimpanan)Klik Tempat konten baru disimpanGulir ke bawah dan gunakan menu tarik-turun untuk Mengubah tempat Anda menyimpan peta luring untuk memilih lokasi lainTekan tombol Terapkan.
Tunggu hingga proses selesai dan lokasi penyimpanan baru untuk peta luring akan siap.

Seluruh proses lancar dan mudah. Namun ada dua hal yang perlu diperhatikan sebelum memindahkan peta offline ke beberapa lokasi penyimpanan lain:
Peta offline hanya dapat dipindahkan ke hard drive internal. Oleh karena itu, Anda tidak akan melihat drive USB atau drive eksternal apa pun yang terhubung ke PC Anda untuk lokasi baru. Menu drop-down untuk mengubah lokasi penyimpanan peta offline akan tetap berwarna abu-abu jika unduhan untuk peta offline sedang berlangsung. Dalam hal ini, Anda dapat menunggu untuk menyelesaikan pengunduhan atau membatalkan pengunduhan peta luring.
Semoga ini membantu.

Di mana peta yang diunduh disimpan?

Peta luring disimpan di bawah folder MapData tersembunyi di drive C (atau tempat Anda memasang Windows) di Windows 11. Lokasinya adalah C:ProgramDataMicrosoftMapData. Di bawah MapData, Anda akan melihat folder mapcache dan item lain tempat semua data ditambahkan. Namun, jika Anda tidak ingin menyimpan peta luring ke lokasi default, Anda juga dapat mengubah lokasi Penyimpanan ke D, E, F, dll. Akses halaman Peta luring di aplikasi Pengaturan dan gunakan drop-lokasi Penyimpanan- down menu.

Bagaimana cara mengubah lokasi penyimpanan default di Windows 11?

Jika Anda ingin mengubah lokasi penyimpanan default untuk Dokumen, Musik, Gambar, dan Video di Windows 11/10, maka dapat dilakukan dengan dua cara. Opsi pertama adalah membuka kotak Properties dari folder tertentu dan kemudian menggunakan tab Lokasi di kotak itu untuk menetapkan lokasi target. Dan, opsi kedua menggunakan aplikasi Pengaturan. Di halaman Penyimpanan (tersedia di kategori Sistem), akses bagian Di mana konten baru disimpan, lalu Anda dapat mengubah drive untuk menyimpan musik baru, foto baru, dll. Windows 11/10.