Cara Mengunduh dan Menginstal Tindakan Illustrator

Illustrator Actions adalah rekaman langkah-langkah yang digunakan untuk menyelesaikan tugas. Tindakan Illustrator dapat diunduh atau direkam untuk digunakan atau dibagikan. Illustrator Actions memudahkan untuk mengotomatisasi tugas yang berulang.

Unduh dan Instal Illustrator Actions

Illustrator memiliki tindakan default yang dapat ditemukan di panel Actions. Tindakan default ini dapat digunakan untuk tugas Anda. Namun, Anda dapat mengunduh tindakan dari internet untuk digunakan. Penting untuk memastikan bahwa Anda mengunduh dari sumber yang memiliki reputasi baik.
Temukan dan Unduh File TindakanCara Menginstal File TindakanMuat File TindakanCadangkan File Tindakan Anda1] Temukan dan Unduh File Tindakan
Anda dapat mencari secara online untuk Tindakan Illustrator untuk digunakan dalam proyek Anda. Pastikan bahwa file tindakan Illustrator berasal dari sumber yang memiliki reputasi baik. Mengunduh file dari sumber yang tidak jelas dapat membahayakan komputer Anda. File Action biasanya diunduh dalam file zip sehingga Anda perlu mengekstraknya. Format file untuk File Tindakan Illustrator adalah .aia.
2] Cara Menginstal File Tindakan
Setelah Anda mengunduh file tindakan, Anda harus dapat menggunakannya. File biasanya diunduh ke folder Unduhan Anda secara default kecuali jika ini diubah. File tindakan biasanya dalam folder zip sehingga Anda perlu mengekstraknya. Anda dapat menginstalnya dengan menempatkannya di folder Tindakan. Anda dapat menemukan Folder Tindakan Illustrator dengan masuk ke C:Program FilesAdobeAdobe Illustrator (versi Anda) (64 Bit)PresetsActions atau Anda dapat mencari foldernya. Anda dapat menyeret, memotong, atau menyalin file Tindakan yang diunduh ke folder tindakan. Metode ini mungkin mengharuskan Anda me-restart Illustrator agar action muncul di daftar Actions.

Metode lain untuk menginstal file Action adalah dengan membuka Illustrator dan kemudian pergi ke Panel Actions di sebelah kanan. Jika Panel Tindakan tidak ada, Anda dapat membukanya dengan membuka Jendela lalu Tindakan. Anda akan menekan tombol Hamburger dan klik Load.

Anda kemudian akan mencari folder yang berisi file tindakan untuk dimuat ke Illustrator. Perhatikan bahwa setiap kali Anda menyimpan file tindakan ke folder Anda, Anda perlu me-restart Illustrator jika dibuka, jika Anda tidak me-restart Illustrator, Anda mungkin tidak melihat file tindakan saat Anda mencoba memuatnya.

Tergantung pada pengaturan izin Anda, Illustrator akan memberikan kesalahan Akses Folder Tujuan Ditolak saat Anda mencoba menyimpan atau menempelkannya ke Folder Tindakan Default. Anda harus menekan Lanjutkan sehingga Anda dapat menempel atau menyimpan ke folder. Anda dapat memilih untuk membuat folder di lokasi lain, lalu menyimpan dan menempelkan tindakan Anda di sana.
3] Cadangkan File Tindakan Anda
Selalu baik untuk mencadangkan file tindakan khusus atau yang diunduh untuk penggunaan di masa mendatang atau untuk dibagikan. Komputer Anda mungkin macet atau Anda mungkin harus menginstal ulang Illustrator dan Anda ingin menggunakan file tindakan lagi. Karena file tindakan yang Anda unduh atau rekam tidak default, mereka akan hilang jika komputer Anda mogok atau Anda menginstal ulang Illustrator. Hanya file tindakan default yang akan ditemukan saat Anda menginstal ulang Illustrator.

Untuk mencadangkan, file tindakan, buka panel tindakan dan klik set yang berisi tindakan yang ingin Anda simpan. Klik Menu Hamburger dan pilih Simpan Tindakan.

Anda dapat memilih untuk menyimpan di folder Tindakan default atau Anda dapat memilih lokasi terpisah. Illustrator mungkin memberi Anda kesalahan Akses Folder Tujuan Ditolak saat Anda mencoba menyimpan di folder tindakan default. Anda dapat mengklik lanjutkan dan simpan di sana.

Namun yang terbaik adalah mencadangkan di lokasi terpisah pada drive eksternal dan juga ke cloud, ini akan melindungi file jika komputer Anda mogok.

Sekarang baca: Cara mengotomatiskan Tugas dengan Illustrator Actions

Dapatkah saya bagikan File Tindakan yang saya rekam?

File tindakan yang Anda rekam dapat dibagikan kepada siapa saja dengan menyimpannya ke komputer. Anda dapat melakukan ini dengan masuk ke panel tindakan dan mengklik set yang berisi tindakan yang ingin Anda simpan. Klik Menu Hamburger dan pilih Simpan Tindakan, simpan ke folder pilihan Anda. Anda kemudian dapat membagikan file tindakan dengan mengunggahnya ke situs web Anda, menyimpannya ke USB, mengirimnya melalui platform cloud, atau mengirimnya melalui jaringan. Orang yang Anda bagikan kemudian dapat menyimpannya ke komputer mereka dan menggunakannya.

Baca: Cara melengkungkan dan mengonversi Teks ke Bentuk di Illustrator

Dapatkah saya mengunduh File Tindakan Illustrator dari situs web mana pun?

Semua file yang diunduh harus diunduh dari situs web terkemuka . Pastikan perangkat lunak anti-virus dan anti-malware Anda mutakhir. Jika Anda ragu tentang keamanan file, jangan mengunduh atau menghapusnya sebelum mengekstraknya.