Cara mengurutkan File berdasarkan Ekstensi ke dalam Folder terpisah di Windows 11/10

Jika Anda memiliki folder yang berisi banyak file dengan format berbeda, Anda dapat mengikuti panduan ini untuk mengurutkan File berdasarkan Ekstensi ke dalam Folder terpisah di Windows 11/10. Tidak diperlukan aplikasi pihak ketiga karena Anda dapat melakukannya dengan bantuan file BAT.

Mari kita asumsikan bahwa Anda memiliki ratusan file dari berbagai format file dalam satu folder di komputer Anda. Untuk alasan yang jelas, cukup sulit untuk menangani semua file tersebut jika Anda ingin mengkategorikannya. Dalam situasi seperti itu, Anda dapat membuat folder dengan ekstensi file.

Ada satu keuntungan besar melakukannya. Anda akan dapat memeriksa semua file dengan format. Misalnya, jika Anda ingin menghapus dokumen, Anda dapat menghapus folder terkait. Demikian pula, jika Anda ingin memeriksa foto, Anda dapat membuka folder JPG atau PNG.

Katakanlah Anda memiliki 10 file .docx, 10 gambar PNG, dan 10 file .txt dalam satu folder. Jika demikian, Anda akan dapat membuat tiga folder yang berisi file serupa dengan ekstensi yang sama di setiap folder dengan bantuan kode ini. Yang Anda butuhkan hanyalah membuat file BAT untuk dijalankan melalui Command Prompt di PC Windows 11 atau Windows 10 Anda. Tidak peduli berapa banyak file yang Anda miliki atau berapa banyak ekstensi file, semua akan dikategorikan dalam momen.

Sebelum memulai, Anda harus menggabungkan semua file dalam satu folder. Anda harus menjalankan file BAT di folder tertentu saja. Setelah itu akan membuat subfolder yang berbeda sesuai dengan jenis file.

Cara mengurutkan File berdasarkan Ekstensi ke Folder terpisah di Windows 11/10

Untuk mengurutkan file berdasarkan ekstensi ke dalam Folder terpisah di Windows 11/10, ikuti langkah-langkah berikut:
Buka Notepad di komputer Anda.Tempelkan kode berikut.Klik pada File > Save As.Pilih jalur tempat Anda ingin menyimpan.Masukkan nama dengan ekstensi .bat .Pilih Semua File dari menu Save as type.Klik tombol Simpan.Pindahkan .bat ke folder tertentu.Klik dua kali pada file .bat.
Untuk mempelajari lebih lanjut tentang langkah-langkah ini, lanjutkan membaca.

Pertama, Anda perlu membuka editor teks. Untuk tujuan ini, kita akan menggunakan Notepad. Oleh karena itu, buka Notepad di komputer Anda dan rekatkan kode berikut:
@echo off for %%a in (“.*”) do ( if “%%~xa” NEQ “” if “%%~dpxa” NEQ ” %~dpx0″ ( jika tidak ada “%%~xa” mkdir “%%~xa” ( pindahkan “%%a” “%%~dpa%%~xa” ) ) )
Klik menu File dan pilih Save As option.

Lalu, pilih jalur tempat Anda ingin menyimpan file dan masukkan nama dengan .bat extension.

Setelah itu, pilih opsi All Files dari daftar tarik-turun Save as type dan klik tombol Save.

Setelah selesai , pindahkan file .bat ke folder tertentu yang Anda buat sebelumnya, tempat Anda meletakkan semua file dengan ekstensi berbeda. Kemudian, klik dua kali pada file BAT.

Selanjutnya, Anda dapat melihat beberapa sub-folder sesuai dengan ekstensi atau format file.

Bagaimana cara membuat beberapa folder di Windows 11?

Ada beberapa cara untuk membuat beberapa folder di Windows sekaligus. Misalnya, Anda dapat menggunakan metode Command Prompt, Windows PowerShell, aplikasi pihak ketiga. Jika Anda memiliki Excel di PC, Anda dapat menggunakan Excel untuk membuat beberapa folder sekaligus. Hal terbaiknya adalah Anda dapat menggunakan nama yang berbeda alih-alih nama yang sama dengan salin tag di bagian akhir.

Bagaimana cara membuat ekstensi file terlihat di Windows 11?

Untuk membuat ekstensi file terlihat di Windows 11, Anda perlu menggunakan File Explorer Panel opsi. Buka dan alihkan ke tab Lihat . Temukan setelan Sembunyikan ekstensi untuk jenis file yang dikenal dan hapus centang dari kotak centang. Terakhir, klik tombol OK untuk menyimpan perubahan.

Itu saja! Semoga panduan ini membantu.

Baca: Cara menghapus File yang lebih lama dari X hari di Windows 11/10.