Cara menjalankan kode HTML di Notepad untuk Windows 11/10

Di masa lalu, programmer terutama menggunakan Notepad untuk menulis kode. Masa lalu telah lama berlalu setelah munculnya alat pengkodean yang lebih canggih untuk HTML dan yang lainnya, tetapi meskipun demikian, banyak programmer masih lebih suka menggunakan Notepad.

Untuk pembuat kode zaman baru yang memiliki sedikit pengetahuan tentang Notepad di Windows 11, kami ingin tunjukkan bahwa itu adalah alat yang hebat, terutama jika pembuat kode sangat baik dalam pengkodean manual daripada mengandalkan alat pihak ketiga untuk memperbaiki kesalahan. Misalnya, Adobe Dreamweaver adalah salah satu program terbaik di luar sana karena kemampuannya untuk memperbaiki kesalahan pengkodean saat pengguna mengetik secara otomatis.

Sekarang, masalah dengan Adobe Dreamweaver adalah tidak gratis, dan dikenal menggunakan banyak sistem sumber daya. Orang-orang yang tidak memiliki uang untuk dibelanjakan dan menggunakan komputer yang tidak memenuhi standar yang disyaratkan mungkin ingin lebih fokus menggunakan Notepad. Kami dapat mengatakan dengan pasti bahwa menjalankan kode HTML di Notepad sangat mudah, jadi Anda tidak perlu khawatir tentang kerumitan.

Cara menulis dan menjalankan kode HTML dengan Notepad

Gunakan langkah-langkah di bawah ini sebagai panduan untuk mempelajari cara menyelesaikan pekerjaan:
Tulis kode HTML di NotepadSimpan kode HTMLJalankan file HTMLEdit kode HTML melalui Notepad1] Tulis kode HTML di Notepad

Untuk memulai proses ini, Anda harus menulis kode di Notepad, atau menyalinnya dari tempat lain dan menempelkannya ke alat.
Klik ikon Pencarian terletak di Taskbar Anda. Dari sana, ketik Notepad. Setelah itu, pilih Notepad dari hasil pencarian.

Setelah selesai, Anda dapat melanjutkan untuk mengetik atau menempelkan kode Anda ke area teks. 2] Simpan kode HTML bsp

Langkah selanjutnya setelah menambahkan kode Anda adalah untuk menyimpannya, tetapi Anda tidak bisa begitu saja menyimpannya sebagai file teks belaka. Jika ini dilakukan, maka tidak mungkin menjalankan file sebagai HTML, dan itu mengalahkan tujuan artikel ini. Mari kita bahas bagaimana menyelesaikannya sekarang.
Dari dalam Notepad, klik File.Setelah Anda selesai melakukannya, pilih Save as.Selanjutnya, Anda akan diminta untuk menambahkan nama file dan menyimpannya ke komputer Anda.Ketik nama file, lalu tambahkan .html di akhir. Tekan tombol Simpan setelah tugas selesai.3] Jalankan file HTML Tidak banyak yang dapat dilakukan di sini dalam hal menjalankan file HTML yang baru Anda buat. Yang harus Anda lakukan adalah klik kanan pada file tersebut, lalu pilih Open. File akan terbuka di browser web default Anda.
4] Edit kode HTML melalui Notepad
Hal terakhir yang akan kita lakukan di sini adalah mengedit kode. Anda harus mempelajari cara melakukannya jika karena alasan tertentu gagal berfungsi dengan benar saat dibuka di browser web pilihan Anda.
Navigasikan ke tempat Anda menyimpan file Notepad.Klik kanan padanya.Pilih Buka dengan.Dari menu konteks , klik Pilih aplikasi lain. Gulir hingga Anda menemukan Lebih banyak aplikasi. Pilih segera. Terakhir, klik Notepad > OK untuk meluncurkan file HTML di Notepad.
Anda sekarang dapat mengedit file HTML dengan baris kode baru. Saat ingin menyimpan, cukup tekan Ctrl + S, dan selesai.

Baca: Cara mengaktifkan Status Bar di Notepad di Windows

Bisakah menulis HTML di Notepad?

Ya, menulis kode HTML di Notepad bisa dilakukan dengan meredakan. Alat ini didasarkan pada format teks, yang berarti, tidak ada pemformatan khusus apa pun, dan itu membuat Notepad sempurna untuk menulis kode.

Notepad mana yang terbaik untuk HTML?

Kami memiliki Notepad dan Notepad ++. Notepad adalah alat pengeditan teks default di Windows, sedangkan Notepad ++ adalah alat pihak ketiga gratis yang berfungsi dengan baik, dan bahkan lebih baik dalam kasus tertentu. Dari sudut pandang kami, jika Anda tidak memerlukan fitur tambahan, maka Notepad baik-baik saja, tetapi jika Anda memerlukan penggunaan penjelajahan tab, maka Notepad ++ adalah pilihan terbaik Anda.

Apakah Notepad masih tersedia untuk Windows 11/10?

Jika Anda Belum meng-upgrade ke Windows 11, Anda tidak perlu khawatir karena Notepad tersedia untuk Windows 10. Sebenarnya, alat ini pertama kali tersedia pada tahun 1983, yaitu 39 tahun yang lalu pada saat penulisan. Jadi seperti itu, Anda harus dapat menemukan Notepad di semua versi Windows, terutama yang berasal dari Windows XP hingga versi saat ini dalam bentuk Windows 11.