Cara menonaktifkan atau menghapus Ubin Tema Sadar di Windows 10

Ada banyak laporan di forum dukungan, khususnya pengguna PC Windows 10, bahwa latar belakang beberapa aplikasi di ubin Start Menu berwarna abu-abu berbeda dengan tema Mode Gelap sistem. Ini bukan bug atau glitch, dan dalam posting ini, kami menjelaskan mengapa dan langkah-langkah yang dapat Anda ambil untuk menonaktifkan/menghapus Theme Aware Tiles atau dengan kata lain, membuat latar belakang Start Menu menjadi hitam dengan ubin/aplikasi biru di Windows 10.

As Anda dapat melihat dari gambar utama di atas di sebelah kiri, setiap program dan aplikasi, termasuk Produk Adobe lainnya, tampaknya memiliki latar belakang standar, tetapi Adobe Illustrator dan Adobe After Effects secara khusus adalah satu-satunya yang memiliki latar belakang abu-abu itu. Pengguna yang terpengaruh melaporkan bahwa perilaku ini tidak muncul jika Mode Cahaya/Tema dipilih untuk sistem, mungkin karena warnanya serupa.

Nonaktifkan atau Hapus Ubin Sadar Tema di Windows 10

Menurut laporan, setelah pembaruan Windows 10 20H2, aplikasi dan program telah kehilangan latar belakang berwarna yang biasa mereka miliki dan sekarang memiliki warna yang bergantung pada tema Anda. Tetapi tampaknya ada masalah dengan latar belakang dan ikon aplikasi tertentu – misalnya, beberapa program seperti Adobe Animate CC 2020 dan yang disebutkan sebelumnya memiliki warna aksen sebagai latar belakang, tetapi sekarang memiliki latar belakang keabu-abuan pada Mode Gelap .

Alasan perilaku ini adalah keputusan desain. Sejak Windows 10 20H2, Microsoft telah menghapus warna aksen sistem di belakang ubin. Ini disebut Ubin Sadar Tema di Mulai. Mengubah warna individu ubin tidak lagi memungkinkan. Namun, jika Anda perlu mengaktifkan kembali atau membuat Windows 10 Start Menu Tiles berwarna latar belakang atau sederhananya, nonaktifkanTheme Aware Tiles, Anda harus mengikuti langkah-langkah kami yang diuraikan di bawah ini untuk memodifikasi Windows Registry.

Karena ini adalah operasi registri, disarankan bahwa Anda mencadangkan registri atau membuat titik pemulihan sistem sebagai tindakan pencegahan yang diperlukan. Setelah selesai, Anda dapat melanjutkan sebagai berikut:

Tekan tombol Windows + R untuk menjalankan dialog Run. Di kotak dialog Run, ketik regedit dan tekan Enter untuk membuka Registry Editor. Arahkan atau lompat ke jalur kunci registri di bawah ini: HKEY_LOCAL_MACHINESYSTEM CurrentControlSetControlFeatureManagementOverridesDi lokasi, di panel navigasi kiri, klik kanan folder sub-induk berlabel 0.Pilih Hapus dari menu konteks.
Sarang di atas menyimpan fitur OS Windows yang diganti – jadi menghapus kunci folder 0 akan memulihkan fitur-fitur ini. Angka setelah Override, yaitu umumnya 0 atau 4 mewakili grup prioritas. Ada grup prioritas langka 10, yang diperlakukan lebih seperti Enterprise policy.
Exit Registry Editor saat selesai.Restart PC.
Jika saat Anda mencoba menghapus kunci registri di atas, dan memunculkan kesalahan izin, Anda dapat mengikuti langkah-langkahnya di bawah ini untuk mengambil kepemilikan kunci registri sebelum Anda mencoba lagi operasi penghapusan kunci registri.

Klik kanan entri registri 0.Pilih opsi Izin… dari menu konteks.Di kotak dialog yang terbuka, klik tombol Lanjutan.Aktif layar berikutnya, klik tombol Ubah untuk Pemilik TrustedInstaller. Pada kotak dialog Pilih Pengguna atau Grup, ketik nama pengguna Anda di kolom Masukkan nama objek untuk memilih bidangKlik tombol Periksa Nama. Tindakan ini akan secara otomatis mengubah nama pengguna ke format yang benar.Klik tombol OK.Sekarang, centang opsi Ganti pemilik pada subkontainer dan objek.Klik tombol OK.Sekarang, pilih nama pengguna Anda di kotak dialog pertama dan centang Izinkan izin yang diberikan untuk opsi Kontrol Penuh.Terakhir, klik Terapkan > OK untuk menyimpan perubahan dan keluar.
Itulah cara menonaktifkan atau menghapus fitur Ubin Sadar Tema di Windows 10!

Postingan ini mungkin menarik bagi Anda:
Cara menambahkan tema warna khusus ke Start MenuTampilkan Warna pada Start Menu dan Taskbar
Bagaimana cara menghentikan Windows mengubah tema?

Untuk mencegah pengguna mengubah tema di Windows 11/10, Anda dapat menggunakan Editor Kebijakan Grup Lokal. Lakukan hal berikut:
Tekan Win+R untuk menampilkan prompt Run.Ketik gpedit.msc dan tekan Enter.Navigasi ke Personalisasi di Konfigurasi Pengguna.Klik dua kali pada pengaturan Cegah perubahan tema.Pilih opsi Diaktifkan.Klik tombol OK.
Mengapa Tema Windows 10 saya terus berubah?

Hal ini dapat terjadi karena Anda memiliki perangkat lain yang menggunakan Mode Cahaya yang mengaktifkan Sinkronisasi Pengaturan di Pengaturan Windows > Akun > Sinkronkan Pengaturan Anda > Tema. Jadi, setiap kali Windows dimulai ulang, itu menyinkronkan pengaturan kembali ke Mode Terang – jadi, Anda dapat mengujinya terlebih dahulu dengan mematikan Sinkronisasi untuk PC dan memulai ulang perangkat.

Baca: Cara beralih antara Mode Terang dan Gelap secara otomatis di Windows.