Cara menonaktifkan fitur Text Drag and Drop di Word dan PowerPoint

Di Word dan PowerPoint, Anda dapat memindahkan teks dari satu lokasi ke lokasi lain menggunakan metode drag-and-drop. Namun, jika sering menimbulkan masalah saat menggunakan fitur ini menggunakan touchpad, Anda dapat menonaktifkan fitur ini. Panduan ini menjelaskan bagaimana Anda dapat menonaktifkan fitur drag and drop teks di Word dan PowerPoint. Untuk informasi Anda, Anda dapat melakukannya menggunakan Pengaturan bawaan, Editor Registri, dan Editor Kebijakan Grup Lokal.

Kami telah menunjukkan panduan untuk PowerPoint, namun, Anda juga dapat mengikuti langkah-langkah yang tepat di Word juga.

Cara menonaktifkan Seret dan Lepas di Word dan PowerPoint

Untuk mengaktifkan atau menonaktifkan seret dan lepas teks di Word dan PowerPoint, ikuti langkah-langkah berikut:
Buka PowerPoint/Word di komputer Anda.Klik pada Opsi.Beralih ke tab Lanjutan.Centang kotak Izinkan teks untuk diseret dan dilepaskan ke allow.Hapus centang untuk memblokir.Klik tombol OK.
Untuk mempelajari lebih lanjut tentang langkah-langkah ini, lanjutkan membaca.

Pertama, Anda perlu membuka panel Opsi. Untuk itu, buka Microsoft Word atau PowerPoint dan klik menu Opsi yang terlihat di sudut kiri bawah.

Kemudian, alihkan ke tab Lanjutan. Di sini Anda dapat menemukan opsi yang disebut Izinkan teks untuk diseret dan dilepaskan. Anda perlu mencentang kotak ini untuk mengizinkan dan menghapus centang untuk memblokir teks agar tidak diseret.

Terakhir, klik tombol OK untuk menyimpan perubahan.

Izinkan atau blokir seret dan lepas teks di Word dan PowerPoint menggunakan Kebijakan Grup

Untuk mengizinkan atau memblokir seret dan lepas teks masukkan Word dan PowerPoint menggunakan Kebijakan Grup, lakukan hal berikut:
Telusuri gpedit dan klik hasil penelusuran. Arahkan ke Advanced in User Configuration.Klik dua kali pada setelan Allow text to drag and drop .Pilih opsi Enabled untuk mengizinkan. Pilih opsi Dinonaktifkan untuk memblokir. Klik tombol OK untuk menyimpan perubahan.
Mari lihat langkah-langkah ini secara mendetail untuk mempelajari lebih lanjut.

Untuk memulai, Anda harus membuka Editor Kebijakan Grup Lokal di PC. Meskipun ada banyak metode, Anda dapat menggunakan kotak pencarian Taskbar untuk menyelesaikannya. Oleh karena itu, cari gpedit atau gpedit.msc dan klik hasil pencarian individual.

Kemudian, navigasikan ke jalur berikut:

Word:
User Configuration > Administrative Templates > Microsoft Word 2016 > Word Options > Advanced

PowerPoint:
User Configuration > Administrative Templates > Microsoft PowerPoint 2016 > PowerPoint Options > Advanced

Klik dua kali pada setelan Izinkan teks untuk diseret dan dilepaskan. Kemudian, pilih opsi Diaktifkan untuk mengizinkan dan opsi Dinonaktifkan untuk memblokir teks agar tidak diseret dan dilepaskan.

Terakhir, klik tombol OK untuk menyimpan perubahan.

Catatan: Jika Anda ingin kembali ke setelan awal, Anda harus membuka setelan yang sama di Editor Kebijakan Grup Lokal dan pilih opsi Tidak Dikonfigurasi. Atau, Anda juga dapat memilih opsi Diaktifkan juga.

Mengaktifkan atau menonaktifkan menyeret dan menjatuhkan teks di Word dan PowerPoint

Untuk mengaktifkan atau menonaktifkan menyeret dan melepaskan teks di Word dan PowerPoint, ikuti langkah-langkah berikut:
Tekan Win+R untuk membuka dialog Jalankan.Ketik regedit dan tekan tombol OK.Klik tombol Yes.Navigasikan ke office > 16.0 di HKCU.Klik kanan pada 0 > New > Key dan atur namanya sebagai powerpoint atau word.Klik kanan pada powerpoint/word > New > Key dan beri nama sebagai options.Klik kanan pada options > New > DWORD (32-bit) Value.Tetapkan nama sebagai draganddrop.Setel Value data as 1 untuk mengaktifkan.Setel Value data as 0 untuk menonaktifkan.Klik tombol OK dan mulai ulang PC.
Mari pelajari lebih lanjut tentang langkah-langkah ini.

Pertama, tekan Win+R > ketik regedit dan klik tombol OK. Jika perintah UAC muncul, klik tombol Ya untuk membuka Editor Registri di komputer Anda.

Setelah itu, navigasikan ke jalur ini:
HKEY_CURRENT_USERSoftwarePoliciesMicrosoftoffice16.0
Klik kanan pada 16.0 > Baru > Kunci dan beri nama sebagai word atau powerpoint. Kemudian, klik kanan pada kunci itu > Baru > Kunci dan tetapkan namanya sebagai options.

Setelah itu, klik kanan pada opsi > Baru > Nilai DWORD (32-bit) dan beri nama draganddrop.

Secara default, ia datang dengan Nilai data 0. Jika Anda ingin menonaktifkan tarik dan lepas teks, Anda harus menyimpannya. Namun, jika Anda ingin mengaktifkannya, klik dua kali dan setel Value data sebagai 1.

Klik tombol OK, tutup semua jendela, dan mulai ulang komputer untuk mendapatkan perubahan.

Bagaimana cara mengaktifkan drag and drop di Word ?

Jika Anda ingin mengaktifkan seret dan lepas teks di Word, Anda dapat mengikuti salah satu dari tiga panduan yang disebutkan di atas. Dimungkinkan untuk mengaktifkan atau menonaktifkan teks yang menyeret dan menjatuhkan di dalam Word dan PowerPoint menggunakan panel Opsi Word/PowerPoint. Untuk itu, buka dan centang kotak Izinkan teks untuk diseret dan dijatuhkan.

Mengapa saya tidak dapat mengeklik dan menyeret teks di Word?

Jika Anda tidak dapat mengeklik, menarik, dan melepaskan teks di Word, Anda perlu memeriksa yang disebutkan di atas pengaturan. Karena dimungkinkan untuk mengaktifkan atau menonaktifkan menyeret dan menjatuhkan teks pada waktu tertentu, pengaturan yang salah dapat menyebabkan masalah. Oleh karena itu, Anda perlu mengatur pengaturan default pabrik untuk mengaktifkan kembali opsi tersebut.

Itu saja! Semoga panduan ini membantu.

Baca: Cara menghentikan Word memilih semuanya.