Cara menonaktifkan Panel Pratinjau di File Explorer Windows 11/10

Pada artikel ini, kami akan menunjukkan cara menonaktifkan panel pratinjau di File Explorer pada komputer Windows 11/10 jika Anda tidak menggunakannya. Panel pratinjau di File Explorer membantu Anda melihat pratinjau gambar yang dipilih, file TXT, dokumen PDF, dll. Ada beberapa cara untuk mengaktifkan atau menampilkan panel pratinjau untuk File Explorer untuk melihat pratinjau file yang didukung di bagian kanan. Anda juga dapat menambah/mengurangi ukuran panel pratinjau sesuai kebutuhan Anda. Namun, jika Anda tidak ingin menggunakan panel pratinjau dan perlu menonaktifkannya, postingan ini berguna.

Setelah Anda menonaktifkan panel pratinjau, opsi untuk mengaktifkannya akan dihapus. Juga, tombol pintas (Alt+P) untuk mengaktifkan/menonaktifkan panel pratinjau tidak akan berfungsi. Jangan khawatir karena Anda juga dapat mengaktifkan kembali panel pratinjau untuk File Explorer kapan pun diperlukan.

Cara menonaktifkan Panel Pratinjau di File Explorer Windows 11/10

Untuk menonaktifkan panel pratinjau di File Explorer, Anda dapat mengambil bantuan dua fitur asli dari Sistem Operasi Windows 11/10. Ini adalah:
Group Policy EditorRegistry Editor.
Mari kita lihat kedua opsi.
1] Nonaktifkan Panel Pratinjau di File Explorer menggunakan Editor Kebijakan Grup
Jika Anda adalah pengguna OS Windows 11/10 edisi rumah, maka pertama-tama, Anda harus menambahkan Kebijakan Grup Editor ke edisi Home komputer Anda sehingga Anda dapat menggunakan opsi ini. Pengguna edisi Pro dan Perusahaan tidak perlu melakukan ini karena Editor Kebijakan Grup sudah ada di sana. Setelah Anda melakukannya, ikuti langkah-langkah berikut untuk menonaktifkan panel pratinjau:
Buka Editor Kebijakan GrupAkses folder Panel Bingkai ExplorerBuka Matikan pengaturan Panel PratinjauPilih opsi DiaktifkanTekan tombol TerapkanTekan tombol OK.
Mari kita lihat langkah-langkah ini secara detail.

Dalam langkah pertama, buka jendela Group Policy Editor. Untuk melakukan ini, klik pada kotak Pencarian komputer Windows 11/10 Anda, ketik gpedit, dan tekan tombol Enter.

Sekarang akses folder Explorer Frame Pane yang ada di bawah jendela Group Policy Editor. Berikut adalah path ke folder itu:
User Configuration > Administrative Templates > Windows Components > File Explorer > Explorer Frame Pane

Di bagian kanan folder ini, klik dua kali pada pengaturan Turn off Preview Pane untuk membukanya. Ini akan terbuka di jendela terpisah.

Di jendela yang baru dibuka, pilih opsi Diaktifkan yang ada di bagian kiri atas. Setelah selesai, tekan tombol Apply, lalu tombol OK.

Sekarang tutup jendela File Explorer jika Anda sudah membukanya. Setelah itu, luncurkan File Explorer, buka folder, dan Anda akan melihat bahwa opsi panel pratinjau telah hilang dari menu View.

Untuk mengaktifkan kembali panel pratinjau di File Explorer, Anda perlu mengulangi langkah-langkah di atas, dan pilih Not Configured di jendela pengaturan Matikan panel Pratinjau. Terakhir, tekan tombol Apply, lalu tombol OK untuk menyimpan perubahan.

Related:How to show Details pane in File Explorer.
2] Nonaktifkan Preview Pane di File Explorer menggunakan Registry Editor
Ini adalah opsi lain untuk menonaktifkan preview pane dari Windows 11/10 Penjelajah Berkas. Sebelum menggunakan opsi ini, disarankan untuk membuat cadangan Registry sehingga Anda dapat memulihkannya jika terjadi kesalahan. Setelah mencadangkan Registry, gunakan langkah-langkah berikut:
Buka Registry EditorAccess the Explorer Registry keyBuat NoReadingPane DWORD valueSet Value data of NoReadingPane value ke 1Tekan tombol OKRestart File Explorer.
Mari kita periksa langkah-langkah ini secara detail.

Pada langkah pertama, Anda harus membuka Registry Editor. Untuk melakukannya, buka kotak Pencarian, ketik regedit, dan tekan tombol Enter. Ketika jendela Editor Registri dibuka, akses kunci Registri Explorer. Ini jalurnya:
HKEY_CURRENT_USERSoftwareMicrosoftWindowsCurrentVersionPoliciesExplorer

Di bagian kanan tombol Explorer, Anda perlu membuat nilai DWORD NoReadingPane. Untuk membuat nilai ini, klik kanan pada area kosong, perluas menu Baru, dan klik Nilai DWORD (32-bit). Setelah membuat nilai baru ini, ganti namanya dengan NoReadingPane.

Now atur data nilai nilai NoReadingPane ke 1. Untuk melakukan ini, klik dua kali pada nilai NoReadingPane. Sebuah kotak kecil akan muncul. Masukkan 1 pada kolom Value data dan tekan tombol OK.

Terakhir, restart saja File Explorer. Ini akan menonaktifkan panel pratinjau File Explorer.

Untuk mengaktifkan kembali panel pratinjau di Windows 11/10 File Explorer, Anda hanya perlu mengikuti langkah-langkah di atas dan menghapus nilai DWORD NoReadingPane. Setelah itu, restart File Explorer, dan Anda akan dapat menggunakan panel pratinjau lagi.

Bagaimana cara menghilangkan panel pratinjau di dalam folder?

Jika panel pratinjau diaktifkan di File Explorer di komputer Windows 11/10 Anda, maka Anda dapat mematikannya menggunakan tombol pintas Alt+P. Tombol pintas yang sama dapat digunakan untuk mengaktifkan kembali panel pratinjau dalam sebuah folder. Selain itu, Anda juga dapat mengaktifkan/menonaktifkan preview pane dengan mengakses menu View yang tersedia di menu Ribbon File Explorer.

Jika Anda ingin menonaktifkan preview pane dari Windows 11/10 File Explorer secara permanen, maka ini bisa dilakukan menggunakan Registry Editor dan Group Policy Editor. Langkah-langkah untuk kedua opsi tercakup dalam posting ini.

TIP: Anda juga dapat Mempratinjau file di Windows menggunakan aplikasi gratis ini.

Bagaimana cara memperbaiki panel pratinjau?

Banyak pengguna menghadapi masalah ini saat mereka mengaktifkan panel pratinjau di File Explorer dan mencoba untuk mempratinjau file yang didukung oleh panel pratinjau, kemudian mereka menemukan bahwa panel pratinjau tidak berfungsi. Dalam kasus lain, pengguna menemukan bahwa panel pratinjau hilang atau mereka tidak dapat melihat file tertentu di File Explorer. Jika Anda juga menghadapi masalah seperti itu dan ingin memperbaiki panel pratinjau di File Explorer komputer Windows 11/10, maka Anda dapat mencoba perbaikan berikut:
Aktifkan panel pratinjau dari Opsi FolderJalankan Pemeriksa File Sistem sfc/scannowTambahkan lebih banyak jenis file ke pratinjau pane.
Semoga ini bisa membantu Anda.