Cara menonaktifkan pembukaan otomatis Download Panel di Firefox

Ketika Anda mengunduh sesuatu di peramban Firefox, Anda mungkin memperhatikan bahwa Panel Unduhan akan muncul secara otomatis. Yang tidak Anda ketahui adalah bahwa browser memungkinkan Anda untuk menonaktifkan pembukaan otomatis Panel Unduhan di Firefox. Dalam posting ini, kita akan melihat bagaimana Anda dapat melakukan hal yang sama.

Menonaktifkan pembukaan otomatis Panel Unduhan di Firefox

Jika Anda ingin menonaktifkan pembukaan otomatis Panel Unduhan di Firefox, cobalah metode berikut.
Buka Mozilla Firefox di komputer Anda.Buka Ikon unduh, jika tidak ada, coba unduh sesuatu, yang akan membuat ikon muncul. Sekarang, klik kanan ikon dan hapus centang Tampilkan Panel Saat Unduhan Dimulai. Itu saja, Anda tidak akan melihat panel unduhan saat mengunduh dimulai. Sekarang, jika Anda ingin melihat kemajuan pengunduhan, cukup klik pada ikon dan itu akan menjadi.

Ikon unduhan di firefox tidak muncul kecuali Anda telah mengunduh sesuatu sebelumnya selama sesi Anda saat ini. Sekarang, Anda telah menonaktifkan panel unduhan, Anda mungkin ingin membuat ikon unduhan terlihat setiap saat. Untuk melakukan hal yang sama, klik kanan pada ikon dan hapus centang pada opsi Sembunyikan Tombol Saat Kosong.

Baca Juga: Cara Mengaktifkan Prompt Unduhan di Firefox
Bagaimana cara mengaktifkan permintaan unduhan di Firefox?

Untuk mengaktifkan permintaan unduhan di Firefox, Anda dapat melakukan langkah yang sama yang kami lakukan sebelumnya ketika mencoba menonaktifkannya. Cukup buka Firefox, klik kanan pada ikon Download, dan centang Show Panel When Download Begins. Sekarang, setiap kali Anda mulai mengunduh sesuatu, permintaan unduhan akan muncul.

Baca: Cara mendapatkan Tab Vertikal Firefox di Windows PC

Bagaimana cara mengubah setelan unduhan di Firefox?

Firefox memungkinkan Anda mengubah banyak setelan unduhannya. Anda dapat mengubah lokasi unduhan, menghapus riwayat, dan mengubah banyak hal di browser Firefox. Di bagian ini, kita akan membicarakannya dan mengubah pengaturan unduhan berikut di Firefox.
Ubah Lokasi Unduhan di FirefoxHapus Riwayat UnduhanUbah Tindakan Unduhan Mari kita lihat cara mengubah pengaturan ini.
1] Ubah Lokasi Unduhan di Firefox

Secara default, ketika Anda mengunduh sesuatu dari browser apa pun, konten disimpan di folder unduhan online. Ini mungkin nyaman bagi sebagian orang, tetapi bagi sebagian pengguna, ini merepotkan. Itu sebabnya kami akan melihat bagaimana Anda dapat mengubah lokasi unduhan di Firefox. Ikuti langkah-langkah yang ditentukan untuk melakukan hal yang sama.
Buka browser Firefox.Klik pada tiga garis horizontal.Pilih Pengaturan.Di tab Umum, cari File dan Aplikasi.Klik tombol Browse dari bagian Unduhan.Buka folder tempat Anda ingin file disimpan dan pilih.
Sekarang, setiap kali, Anda mengunduh konten apa pun dari web menggunakan browser Firefox, itu akan disimpan di folder yang dipilih.
2] Hapus Riwayat Unduhan

Sama seperti browser lainnya, Firefox memungkinkan Anda untuk hapus riwayat unduhan. Ini adalah proses yang sederhana. Anda dapat melihat riwayat pencarian Anda, dengan mengeklik ikon unduhan dan memilih Tampilkan semua unduhan. Sekarang, jika Anda merasa ingin menghapus semuanya, cukup klik pada menu (tiga garis horizontal) dan kemudian pada History > Clear recent history.

A kotak dialog akan muncul dengan banyak opsi berbeda. Anda perlu memastikan bahwa hanya riwayat Penjelajahan & unduhan yang dicentang, ubah rentang Waktu untuk menghapus ke Semuanya, dan klik Oke. Ini akan menghapus semua riwayat Anda. Anda juga dapat menghapus cache di Firefox, baca panduan kami tentang cara melakukan hal yang sama.
3] Ubah Tindakan Unduhan

Anda juga dapat mengubah apa yang harus dilakukan dengan jenis file tertentu. Untuk melakukan hal yang sama, ikuti langkah-langkah yang ditentukan.
Buka browser Firefox.Klik pada tiga garis horizontal.Pilih Pengaturan.Di tab Umum, navigasikan ke Aplikasi.Pilih jenis file tertentu, klik menu tarik-turun dari kolom Tindakan dan atur sesuai dengan keinginan Anda.
Anda dapat melakukan ini untuk setiap jenis file dalam daftar. Jika jenis file tidak ada dalam daftar, lihat “Apa yang harus dilakukan Firefox dengan file lain?” lalu pilih Tanyakan apakah akan membuka atau menyimpan file. Ini akan memberi Anda options.

Mudah-mudahan, sekarang Anda dapat membuat Firefox berperilaku sesuai pilihan Anda.

Ada satu hal lagi yang tidak kami sebutkan karena ini bukan opsi pengaturan, tetapi Anda sebenarnya dapat membuat pengunduhan lebih cepat di browser. Lihat panduan kami tentang cara meningkatkan kecepatan download di Firefox.

Baca: Reset atau Refresh pengaturan browser Firefox ke default

Bagaimana cara menghentikan Firefox dari mendownload file PDF secara otomatis?

Salah satu hal yang paling membuat frustrasi adalah ketika Anda mengklik file PDF untuk membukanya, tetapi Firefox mulai mengunduh file. Sehat! Anda sebenarnya dapat menghentikan Firefox dari melakukan itu. Cukup klik tiga titik horizontal, pilih Setelan, gulir ke bawah untuk membuka Aplikasi, cari Portable Document Format (PDF) dan ubah ke Selalu tanya atau Buka di Firefox.

Baca: Cara memblokir permintaan Pemberitahuan Web di Chrome, Firefox, Edge Browser .