Cara menonaktifkan VBS di Windows 11

Pada postingan kali ini, kami akan menjelaskan apa itu Virtualization Based Security (VBS), dan cara menonaktifkan VBS di komputer Windows 11. Virtualization Based Security (VBS) adalah fitur keamanan yang menggunakan virtualisasi hardware/software. VBS adalah fungsi keamanan yang disertakan dalam Windows 11, memungkinkan pengguna untuk mencegah driver, kode, perangkat lunak, dll. yang tidak ditandatangani, berada di memori sistem Anda. Ini menciptakan wilayah memori yang aman dan terisolasi dari sistem operasi biasa, memungkinkan pengguna untuk meng-host berbagai solusi keamanan. Menonaktifkan VBS telah dilaporkan untuk meningkatkan kinerja Windows 11. Jadi jika Anda seorang gamer khususnya dan ingin melihat apakah ini meningkatkan kinerja game, maka posting ini mungkin menarik bagi Anda.

Cara menonaktifkan VBS di Windows 11

Jika Anda ingin menonaktifkan VBS ( Keamanan Berbasis Virtualisasi) di komputer Windows 11/10 Anda, Anda dapat mengikuti salah satu metode berikut:
Gunakan Pengaturan Windows untuk Menonaktifkan VBSUGunakan Editor Kebijakan Grup LokalMatikan Fitur Virtualisasi WindowsGunakan Command Prompt untuk Menonaktifkan VBSNonaktifkan VBS melalui BIOS1] Gunakan Pengaturan Windows untuk Menonaktifkan VBS

Jika Anda ingin menonaktifkan VBS, Anda dapat melakukan langkah-langkah berikut.
Tekan tombol Jendela + I untuk meluncurkan aplikasi PengaturanKlik pada opsi Privasi dan Keamanan di panel kiriKlik pada Keamanan Windows > Buka opsi Keamanan WindowsAplikasi Keamanan Windows akan diluncurkan . Sekarang, klik opsi Keamanan Perangkat di panel kiri. Buka bagian isolasi Inti dan klik opsi Detail isolasi inti onNow, periksa apakah opsi Memory Integrity dinonaktifkan atau tidak. Jika aktif maka klik untuk menonaktifkan fitur ini
Setelah itu, restart sistem Anda dan gunakan beberapa aplikasi dan game untuk memeriksa kinerja sistem
2] Gunakan Editor Kebijakan Grup Lokal

Dengan menggunakan Editor Kebijakan Grup (GPE) Anda dapat mematikan VBS secara permanen , namun perlu diingat bahwa GPE tidak tersedia untuk pengguna Windows 11 Home. Setelah membuka Editor Kebijakan Grup, Anda dapat menonaktifkannya dengan mudah.
Tekan tombol Jendela + R untuk meluncurkan kotak perintah Jalankan Ketik gpedit.msc dan klik tombol OK untuk meluncurkan Editor Kebijakan Grup Arahkan ke Kebijakan Komputer Lokal > Konfigurasi Komputer > Template Administratif > System > Device Guard Di Device Guard, klik dua kali pada kebijakan Turn On Virtualization Based Security. Centang opsi Disabled dan kemudian klik Apply Setelah itu, klik OK untuk menutup Window
Setelah selesai, restart komputer Anda.

Baca juga: Cara mereset semua Grup Lokal Pengaturan kebijakan ke default
3] Matikan Fitur Virtualisasi Windows

Jika Anda ingin mematikan VBS maka Anda harus menghapus beberapa Fitur Windows. Ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk menghapus beberapa fitur Windows.
Klik pada ikon Window dan ketik Control Panel pada bilah pencarianBuka Control PanelPastikan View by diatur pada ikon BesarKlik pada opsi Program and FeaturesPergi ke sudut kiri atas dan klik pada opsi Hidupkan atau matikan Fitur WindowsFitur Windows akan diluncurkan.Hapus centang pada kotak opsi Penjaga Aplikasi Microsoft Defender, Platform mesin virtual, dan Platform Windows HypervisorKlik pada tombol OK
Sekarang, Anda perlu memulai ulang sistem Anda untuk menerapkan perubahan. Setelah itu, kunjungi kembali Fitur Windows untuk memeriksa apakah semua Fitur Virtualisasi ada atau tidak.

Baca juga: Cara Menonaktifkan atau Mengaktifkan Virtualisasi Perangkat Keras di Windows
4] Gunakan Command Prompt untuk Menonaktifkan VBS

Berikut adalah opsi lain untuk mematikan VBS, dan itu adalah prompt perintah. Gunakan langkah-langkah di bawah ini untuk menonaktifkan VBS dengan menggunakan command prompt.
Buka bilah pencarian Window dengan menekan ikon WindowKetik Command Prompt pada bilah pencarian dan klik Run as administratorKetik perintah di bawah ini pada command promptbcdedit/set hypervisorlaunchtype offSetelah itu, tekan tombol Enter untuk menjalankan perintahSetelah menyelesaikan proses eksekusi tutup perintah prompt
Setelah menyelesaikan semua proses, restart sistem Anda. Sekarang, gunakan beberapa aplikasi atau game untuk memeriksa kinerja komputer Anda.
5] Nonaktifkan VBS melalui BIOS

Jika opsi yang diberikan di atas tidak dapat menonaktifkan VBS, maka Anda dapat menonaktifkan teknologi virtualisasi pada komputer dari BIOS. Ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk melakukannya.
Pertama-tama, Restart PC Anda Kemudian, saat komputer Anda mulai boot, tekan tombol F2 untuk motherboard AMD untuk masuk ke konfigurasi BIOS. Kunci ini mungkin berbeda untuk Anda tergantung pada pabrikan Anda. Setelah Anda masuk ke dalam BIOS, masuk ke Mode LanjutanSekarang, klik tab Lanjutan di bagian atas dan kemudian pilih opsi konfigurasi CPUSetelah itu nonaktifkan Mode SVMSetelah menonaktifkan Mode SVM, tekan tombol F10 pada keyboard Anda untuk menyimpan dan keluar diaktifkan atau tidak pada PC Windows Anda, Anda dapat memeriksanya dengan mengikuti langkah-langkah di bawah ini.
Pertama-tama klik ikon Window untuk membuka Start Menu Ketik MSSinfo32 dan tekan EnterNow, pada halaman System Information, gulir ke bawah halaman sampai yang terakhirSekarang, Anda dapat melihat apakah VBS diaktifkan atau tidak di PC AndaAnda dapat menggunakan proses yang sama untuk melihat apakah VBS diaktifkan atau tidak di Windows 10 too
Baca:Keamanan berbasis virtualisasi tidak diaktifkan di Windows 11

Haruskah saya mematikan VBS di Windows 11?

VBS adalah Keamanan Berbasis Virtualisasi, dan ini adalah fitur keamanan yang menggunakan virtualisasi perangkat keras/lunak. Ini mungkin memiliki efek negatif pada kinerja PC. Fitur keamanan tertentu dari VBS dapat memberikan kinerja game sebesar 25%. Oleh karena itu, beberapa orang mungkin perlu mematikan VBS jika Anda ingin menikmati potensi penuh dari performa game PC Windows 11 Anda.

Baca: Tips untuk meningkatkan performa game di Windows.