Cara menonaktifkan Web Proxy Auto-Discovery (WPAD) di Windows 11/10

Web Proxy Auto-Discovery atau WPAD memungkinkan aplikasi seperti browser menemukan lokasi URL web atau file di internet. Itu diperkenalkan pada tahun 1999, membiarkan browser tahu proxy mana yang digunakan. Jadi jika Anda berada di lingkungan perusahaan dengan proxy-nya, browser dapat mengetahuinya menggunakan penemuan otomatis. Namun, protokol tersebut tidak aman lagi dan dapat dengan mudah dibajak. Jadi Anda harus menonaktifkan Web Proxy Auto-Discovery (WPAD) di Windows 11/10.

Cara menonaktifkan Web Proxy Auto-Discovery (WPAD) di Windows 11/10

Anda dapat menonaktifkannya menggunakan metode berikut, tetapi Anda harus menggunakan akun admin.
Nonaktifkan WPAD dengan menonaktifkan resolusi nama WINS/NetBTHentikan WPAD menggunakan entri file hostGroup Policy EditorRegistry method
Meskipun Group Policy Editor tidak tersedia untuk Windows Home, Anda dapat menginstalnya menggunakan panduan mudah. Jika tidak, maka Anda dapat menggunakan metode Registry.
1] Nonaktifkan WPAD dengan menonaktifkan resolusi nama WINS/NetBT

Buka Pengaturan dan arahkan ke Jaringan & Internet > Pengaturan jaringan lanjutanKlik pada Opsi adaptor jaringan lainnya untuk membuka panel kontrol klasikSelanjutnya, klik dua kali pada adaptor jaringan yang Anda gunakan untuk terhubung ke internetDi jendela properti jaringan, klik tombol PropertiDi jendela berikutnya, klik dua kali pada Protokol Internet (TCP/IP)Klik Lanjutan, lalu beralih ke tab MENANG,Kemudian centang tombol radio berikutnya untuk Menonaktifkan NetBIOS melalui TCP/IP
Mulai ulang PC untuk menerapkan perubahan.
2] Hentikan WPAD menggunakan entri file host
Anda juga dapat menonaktifkannya menggunakan file HOST.
Buka Windows Explorer menggunakan Win + EGo ke  %systemdrive%WindowsSystem32Drivers etchostsBuat entri berikut untuk WPAD di file host: 255.255.255.255 wpad
Ini akan menonaktifkan penggunaan WPAD di PC Anda.
3] Editor Kebijakan Grup

Buka Prompt Run (Win + R), ketik gpedit.msc, lalu tekan tombol Enter Arahkan ke berikut ini di GPOUser ConfigurationAdministrative TemplatesWindows ComponentsInternet ExplorerTemukan kebijakan dengan nama Disable caching of Auto-Proxy scripts.Klik dua kali untuk membuka, lalu Klik Aktifkan, lalu klik OK.4] Lakukan perubahan melalui Registry
Karena kami memodifikasi registri di sini, pastikan untuk membuat cadangan atau membuat titik Pemulihan Sistem. Anda selalu dapat mengembalikan sistem ke status kerja jika terjadi kesalahan.

Buka prompt Jalankan, ketik regedit, dan tekan Shift + Enter untuk meluncurkan editor registri. Arahkan ke jalur berikutComputerHKEY_LOCAL_MACHINESYSTEMCurrentControlSetServicesWinHttpAutoProxySvcDouble klik Mulai REG_DWORD untuk masuk ke mode edit Tetapkan nilainya sebagai 4Setelah selesai, tutup editor registri dan kemudian reboot untuk perubahan yang terjadi.
Saya harap postingnya mudah diikuti, dan Anda dapat menonaktifkan Web Proxy Auto-Discovery (WPAD ) di Windows 11/10.

Apa yang dilakukan Auto proxy Discovery?

Proses deteksi proxy otomatis melibatkan identifikasi server proxy Web oleh sistem, yang kemudian digunakan untuk mengirim permintaan atas nama klien. Fitur ini biasa disebut sebagai Web Proxy Auto-Discovery (WPAD).

Baca: Error Menulis Pengaturan Proxy, Akses ditolak

Kapan saya harus menggunakan proxy?

Server proxy adalah cara mudah untuk meningkatkan kecepatan dan menghemat bandwidth pada jaringan. Server proxy dapat membebaskan bandwidth yang berharga di jaringan yang sibuk dengan mengompresi lalu lintas, menyimpan file dan halaman web yang diakses oleh banyak pengguna, dan menghapus iklan dari situs web.

Apakah proxy sama dengan VPN?

A VPN dan server proxy menyembunyikan alamat IP Anda. Tetapi VPN juga akan mengenkripsi data yang Anda kirim dan terima, sesuatu yang tidak dilakukan oleh server proxy. Jika Anda sudah menggunakan VPN, tidak perlu menyambung ke situs web atau aplikasi melalui server proxy.

Apakah Windows memiliki proxy bawaan?

No. Itu tidak menawarkan proxy bawaan, tetapi dapat mendeteksi proxy yang tersedia di PC menggunakan Proxy Auto-Discovery Protocol (WPAD) Web ketika opsi Deteksi pengaturan otomatis diaktifkan.