Cara mentransfer File ke Windows Sandbox

Jika Anda telah mengaktifkan Windows Sandbox di komputer Windows 11 atau Windows 10, Anda dapat mengonfigurasi & mengelola kotak pasir di perangkat menggunakan Pengelola Konfigurasi Sandbox. Dalam posting ini, kami akan menunjukkan cara mentransfer File ke Windows Sandbox di Windows 11/10.

Cara mentransfer File ke Windows Sandbox

Untuk mendapatkan hasil maksimal dari sandbox, dengan menjalankan Windows Sandbox, Anda dapat dengan mudah mentransfer file. Sebagai tindakan pencegahan keamanan, Anda mungkin ingin mentransfer file exe aplikasi dari mesin host ke Windows Sandbox untuk menguji aplikasi itu. Dengan menyalin atau mentransfer, Anda dapat menginstal dan menjalankan aplikasi di sandbox.

Jika Anda perlu menyalin, memindahkan, atau memasukkan file ke Windows Sandbox di mesin Windows 11/10, Anda dapat melakukannya dengan salah satu dari dua cara berikut:
Salin dan Tempel ke Windows SandboxPetakan folder bersama ke Windows Sandbox
Mari kita lihat kedua metode tersebut secara detail.
1] Salin dan Tempel ke Windows Sandbox

Salin dan tempel lama yang baik adalah cara termudah dan tercepat untuk mentransfer file ke Windows Sandbox di Windows 11/ 10. Untuk mentransfer file dari sistem operasi Windows utama Anda (Host), cukup klik kanan pada file yang ingin Anda transfer dan pilih Salin, lalu masuk ke Windows Sandbox (Tamu) dan klik kanan pada desktop dan klik Tempel untuk mentransfer file. Demikian juga, Anda dapat mentransfer file dari Sandbox ke OS utama.

Kekurangan atau kerugian dari metode mudah ini adalah file yang ditransfer dihapus segera setelah Anda menutup atau mematikan Windows Sandbox.
2] Petakan folder bersama ke Windows Sandbox
In kontras dengan cara di atas, dengan metode ini, file yang ditransfer bersifat persisten – yang berarti file akan selalu tersedia di sandbox. Untuk metode ini, Anda harus memetakan folder Bersama dengan Windows Sandbox. Setelah selesai, Anda kemudian dapat mentransfer file atau folder target ke folder bersama, dan Anda dapat mengaksesnya dari Windows Sandbox.

Untuk memetakan folder bersama ke Windows Sandbox pada Windows 11/10, Anda hanya perlu membuat konfigurasi Windows Sandbox File bernama MappedFolders.wsb – begini caranya:
Pada OS host, tekan tombol Windows + E untuk membuka File Explorer.Di File Explorer, di direktori root, buat folder baru dan beri nama folder WS Config Files.Selanjutnya, klik dua kali folder baru untuk membukanya. Di folder yang terbuka, klik kanan dan pilih New > Text Document dan beri nama file MappedFolders.wsb (atau nama apa pun yang disukai tetapi harus memiliki ekstensi .wsb). Selanjutnya, klik kanan file WSB dan pilih Buka dengan > Notepad atau Editor Teks apa pun. Sekarang, salin dan tempel kode di bawah ini ke dalam Notepad. Ganti placeholder C:PathtoFolder dengan jalur sebenarnya dari folder yang ingin Anda bagikan atau petakan. C:PathtoFolder false Terakhir, simpan file dan keluar dari Notepad.
Sekarang, klik dua kali pada file MappedFolders.wsb untuk meluncurkan Windows Sandbox. Di kotak pasir, Anda akan melihat folder bersama langsung di Desktop karena Windows Sandbox memasang folder bersama langsung di desktop dan bukan di simpul Jaringan di panel navigasi File Explorer.

Pada catatan terakhir, jika Anda meluncurkan Windows Sandbox langsung dari Mulai menu, Anda tidak akan melihat folder bersama. Jadi, untuk mengakses folder bersama di Windows Sandbox, Anda harus meluncurkan folder menggunakan file konfigurasi.

Itu dia!

Di mana Windows Sandbox menyimpan file?

Di belakang setiap VM berbasis Hyper-V ada file VHDx, disk virtual yang digunakan oleh mesin. Folder kerja dari kotak pasir yang aktif dapat diakses di lokasi berikut %PROGRAMDATA%MicrosoftWindowsContainers.

Apa yang dapat Anda lakukan dengan Windows Sandbox?

Singkatnya, Windows Sandbox adalah setengah aplikasi, setengah mesin virtual. Ini memungkinkan pengguna PC dengan cepat membuat OS bersih virtual langsung yang dicitrakan dari status sistem Anda saat ini sehingga Anda dapat menguji program atau file di lingkungan aman yang terisolasi dari sistem utama Anda. Saat Anda menutup kotak pasir, ia akan menghancurkan status tersebut.

Dapatkah Anda terkena virus di Windows Sandbox?

Namun, meskipun malware yang dijalankan di dalam kotak pasir tidak dapat mengakses drive sistem operasi utama secara langsung, ia masih dapat berkomunikasi dengan perangkat lain di jaringan Anda. Karena itu, Windows Sandbox tidak dapat menyediakan isolasi tingkat jaringan. Sandbox dapat mencegah virus/malware melarikan diri ke komputer asli Anda. Namun, akal sehat menyatakan bahwa lebih baik mencegah virus agar tidak berjalan di tempat pertama.

Apakah Windows Sandbox benar-benar terisolasi?

Meskipun sepenuhnya terisolasi dalam hal eksekusi kode, Windows Sandbox tidak menyediakan isolasi jaringan. Malware dapat mengakses dan menyerang perangkat lain yang dapat diakses oleh host, meskipun berada di belakang Network Access Control (NAC). Jadi, sangat penting untuk menunjukkan bahwa Windows Sandbox tidak sepenuhnya terisolasi. Windows Sandbox berjalan sebagai mesin virtual dan isinya akan dimusnahkan saat Anda mematikannya.