Cara mentransfer game Steam, Epic, Origin, Uplay ke PC baru

Mungkin ada beberapa alasan mengapa Anda ingin memindahkan game dari satu PC ke PC lain — dan bagi sebagian besar gamer, alasan utamanya adalah Anda membeli PC baru dengan spesifikasi game yang jauh lebih baik termasuk SSD (Solid State Drive) agar lebih cepat waktu pemuatan dan kinerja yang lebih baik. Dalam posting ini, kami akan menunjukkan kepada Anda cara memindahkan game Steam, Epic, Origin, dan Uplay dengan mudah ke PC baru.

Tergantung pada peluncur / klien game Anda, Anda dapat mengikuti instruksi yang disediakan di setiap bagian masing-masing untuk mentransfer atau mentransfer dengan mudah dan berhasil memindahkan game Steam, Epic, Origin, atau Uplay ke PC baru atau lainnya.

Cara mentransfer game Steam ke PC baru

Jika Anda seorang gamer PC dan baru saja membeli komputer baru, dan sekarang bertanya-tanya atau mencari cara untuk pindahkan atau transfer game Steam Anda ke komputer baru tanpa mengunduh ulang game, maka Anda berada di tempat yang tepat!

Anda dapat dengan mudah mentransfer game Steam ke komputer lain, tanpa harus mendownload ulang semua game lagi, menggunakan salah satu dari yang berikut ini metode:
Salin folder Steam GamesMenggunakan fitur cadangan Steam
Mari kita lihat kedua metode secara detail.

Perhatikan bahwa metode pertama untuk memindahkan game Steam ke PC baru jauh lebih cepat daripada metode kedua.
1] Salin Steam G folder ames
Untuk menyalin Steam Games dari satu komputer ke komputer lain, lanjutkan sebagai berikut:
Lokasi perpustakaan Steam Games Anda. Secara default, perpustakaan Steam berada di lokasi berikutC:Program FilesSteamsteamappscommonDi lokasi tersebut, Anda akan melihat folder untuk setiap game Steam yang terinstal di komputer dan drive tersebut. Sekarang, cukup colokkan flash portabel Anda, atau hard drive dan memulai operasi penyalinan folder game yang ingin Anda pindahkan ke komputer lain.
Anda memerlukan setidaknya hard drive portabel eksternal 500GB, atau setidaknya flash drive USB 128GB jika Anda melihatnya hanya mentransfer beberapa game Steam ke PC baru. Ukuran drive yang akan dipertimbangkan akan bergantung pada berapa banyak game Steam yang ingin Anda pindahkan ke komputer baru Anda, dan seberapa besar game tersebut. Meskipun Anda selalu dapat melakukan banyak transfer jika perpustakaan game Steam Anda lebih besar dari drive portabel yang Anda miliki.

Baca: Game Steam tidak muncul di Library
Setelah operasi penyalinan selesai, buka PC baru Anda. Pastikan Steam sudah diinstal. Sambungkan drive portabel. Buka File Explorer dan arahkan ke lokasi perpustakaan Steam default yang sama yang disebutkan di atas. Sekarang, salin Folder Steam Games ke lokasi ini di PC baru. Folder tersebut harus ditempatkan di folder umum, jika tidak, Steam tidak akan mengenali file game.
Setelah semua folder disalin, lanjutkan sebagai berikut:
Buka Steam di komputer baru, untuk menginstal game.Klik salah satu yang berwarna biru Instal tombol atau jika Anda memiliki banyak permainan, yang ingin Anda instal dari folder yang baru saja Anda salin, Anda dapat SHIFT+KLIK KIRI atau CTRL+KLIK KIRI, untuk menyorot beberapa permainan. Setelah Anda menentukan pilihan, klik kanan seleksi.Klik INSTALL pada menu konteks.
Steam sekarang akan mencari file game yang sudah ada di folder Steamsteamappscommon. Setelah file game ditemukan, klien Steam akan memulai operasi penginstalan tanpa mengunduh ulang seluruh game. Folder game harus berada di folder yang benar, jika tidak, Steam tidak akan melihatnya dan akan mulai mengunduhnya dari awal. menggunakan fitur cadangan Steam, lanjutkan sebagai berikut:
Hubungkan drive USB eksternal Anda ke komputer lama Anda. Gunakan Steam Library Manager untuk mencadangkan game yang ingin Anda transfer langsung ke drive eksternal. Setelah selesai, sambungkan drive eksternal ke komputer baru. Sekarang, pulihkan game dari file cadangan.
Dengan metode ini, Anda akan melihat cara ini lebih lambat daripada menggunakan metode pertama. Alasannya adalah Steam harus melakukan fase kompresi penuh selama metode pencadangan, yang memakan banyak waktu, dan dalam hal ini membuang-buang waktu tanpa manfaat tambahan, karena Anda akan mendekompresinya lagi setelahnya. Metode pencadangan terbukti lebih berguna saat Anda ingin memindahkan game Steam ke komputer lain dan ingin membaginya menjadi beberapa folder. di platform Epic Games, mungkin cukup menakutkan ketika harus memindahkan game mereka ke lokasi lain. Tidak selalu sulit untuk memindahkan game dengan peluncur Epic Games. Namun, Anda mungkin kehilangan seluruh data game jika melakukan langkah yang salah.

Untuk mentransfer/memindahkan game Epic ke PC baru, ikuti langkah-langkah ini:
Pada PC lama Anda, buka File Explorer.Navigasikan ke direktori instalasi default Epic Games di bawah ini: C:Program FilesEpic GamesNameOfTheGameDi lokasi, salin/cadangkan game yang ingin Anda pindahkan ke drive USB dengan ruang penyimpanan yang cukup. Selanjutnya, luncurkan klien Epic Games. Buka Perpustakaan. Klik elipsis ( tiga titik) di sebelah game yang ingin Anda pindahkan.Klik Uninstall.Selanjutnya, buka PC baru Anda.Pastikan klien Epic Games sudah diinstal.Selanjutnya, mulai instal game lagi ke lokasi yang Anda inginkan di PC baru .Setelah penginstalan game mencapai 2-3 persen, klik elipsis lagi dan batalkan penginstalan. Keluar dari peluncur Epic Games. Sekarang, mulai salinan cadangan yang Anda buat sebelumnya ke tujuan penginstalan baru. Pilih Ya, untuk semua pada dialog Salin untuk mengganti file yang diunduh. Setelah selesai, buka Peluncur Epic Games dan kemudian melanjutkan unduhan. Verifikasi file
sekarang akan dimulai dan selesai dalam beberapa menit tergantung pada sistem Anda. Setelah file diverifikasi, dan prasyarat yang diperlukan diunduh, Anda dapat memainkan game dari PC baru.

Baca: Bagaimana cara memindahkan Epic Games ke drive atau lokasi lain?

Bagaimana cara memindahkan game Origin ke PC baru

Selain membutuhkan untuk hanya mentransfer game Anda ke PC baru, jika Anda memiliki koneksi internet yang lambat di mana Anda mungkin mengalami masalah seperti penginstalan Asal memerlukan kesalahan koneksi internet, mungkin ide yang baik untuk mentransfer game secara manual antar PC Anda alih-alih kembali mengunduhnya. Karena itu, untuk mentransfer/memindahkan game Origin ke PC lain atau PC baru, ikuti langkah-langkah ini:
Pada PC lama Anda, buka File Explorer. Navigasikan ke direktori instalasi default Origin Games di bawah: C:Program Files (x86)Origin GamesAtau , Anda dapat membuka pustaka Asal dan mengeklik Game > Pengaturan > Pindahkan game untuk membuka folder lokasi game. Di lokasi, klik kanan folder dan salin folder ke drive USB dengan ruang penyimpanan yang cukup. Setelah operasi penyalinan selesai, cabut drive USB dan pergi ke komputer tujuan. Di komputer, pastikan klien Origin diinstal. Selanjutnya, buat folder dan beri nama Origin Games di lokasi tempat Anda ingin game diinstal. Anda dapat memberi nama folder apa pun yang Anda inginkan dan dapat berada di lokasi mana pun di drive lokal. Selanjutnya, jelajahi folder yang baru dibuat dan salin folder game dari drive USB ke folder baru yang terbuka. Terakhir, buka klien Asal Anda. Buka Perpustakaan Game Saya. Cari game yang baru saja Anda pindahkan, klik kanan game tersebut dan pilih Locate game pada menu konteks untuk membuka File Explorer. Cari folder Origin Games yang Anda buat tadi, lalu sorot folder tersebut dan klik Select folder . Gim sekarang seharusnya berhasil dipindahkan ke PC baru Anda dan sekarang Anda dapat memainkan gim dari sana Baca: Perbaiki Kesalahan Asal saat bermain gim di Windows PC

Cara mentransfer gim Uplay ke PC baru

Kebanyakan peluncur gim baru saat ini menyertakan fitur yang memungkinkan pengguna untuk pindahkan game yang mereka instal ke lokasi instal yang berbeda. Jadi, jika Anda telah memindahkan game yang dapat dimainkan melalui peluncur di PC Anda, Anda mungkin sudah tidak asing lagi dengan metode pemindahan game ini, di mana yang perlu Anda lakukan hanyalah menyalin atau memindahkan folder game ke lokasi lain, lalu verifikasi file permainan. Steam memiliki fitur ini, itulah mengapa sangat mudah bagi pemain untuk mengubah lokasi pemasangannya. Namun, Uplay tidak memiliki fitur ini, sehingga menyulitkan beberapa gamer untuk memindahkan game mereka tanpa kewalahan oleh keseluruhan proses.

Jadi, untuk mentransfer/memindahkan game Uplay ke PC, folder, atau drive baru atau lain tanpa harus menginstal ulang game Anda dari awal, ikuti langkah-langkah berikut:
Buka peluncur Uplay.Navigasikan ke Games.Klik game yang ingin Anda pindahkan.Klik Properti > Buka Folder.Salin seluruh folder game dan tempelkan ke lokasi tempat Anda ingin menyimpan game tersebut .Selanjutnya, klik kanan ikon Uplay di kanan bawah bilah tugas dan Keluar dari peluncur.Hapus penginstalan lama untuk game tersebut, lalu luncurkan kembali aplikasi Uplay.Navigasikan ke game dari tab Games.Klik Temukan Game Terinstal di bawah tombol Unduh. Pilih folder tempat Anda memindahkan game, dan peluncur akan mulai memverifikasi file untuk game tersebut. Setelah verifikasi file game selesai, alih-alih tombol Unduh, Anda akan melihat tombol Putar dan kamu Anda sekarang seharusnya dapat memainkan game dari lokasi yang berbeda. satu komputer ke komputer lain?

Untuk mentransfer data game dari satu komputer ke komputer lain, cukup buka PC pertama dan arahkan ke folder tempat Anda menyimpan game yang ingin Anda pindahkan datanya. Folder Games di komputer mungkin bernama `MyGames` atau yang serupa. Di lokasi, salin konten ke perangkat penyimpanan portabel. Buka PC kedua dan rekatkan konten yang disalin ke folder `Simpan`.

Baca: Game Online Gratis tanpa perlu mengunduh atau registrasi

Bagaimana cara mentransfer game dari Uplay ke Steam? . Saat Anda meluncurkan game dari Steam, game akan diluncurkan dari folder Uplay dan memungkinkan Anda menggunakan overlay Steam. Game tidak akan ada di perpustakaan Steam Anda. Jadi, pada dasarnya, Anda hanya dapat meluncurkan game yang mendukung Uplay dari Steam.