Cara menutup Tab dengan klik dua kali di Edge, Firefox, Vivaldi

Dalam tutorial ini, kami akan menunjukkan cara menutup Tab dengan klik dua kali di browser Edge, Firefox, dan Vivaldi. Anda tidak perlu menggunakan beberapa ekstensi/add-on untuk itu. Setiap browser memiliki pengaturan atau fiturnya sendiri yang, setelah diaktifkan, akan membantu Anda menutup tab aktif atau tab latar belakang hanya dengan mengklik dua kali pada judul tab menggunakan tombol kiri mouse. Tutorial ini akan membantu Anda untuk mengaktifkan atau mengaktifkan pengaturan terkait.

Tentu saja, ada banyak cara lain untuk menutup tab, seperti klik tengah mouse (atau roda mouse), menggunakan tombol tutup tab atau ikon silang, dan hotkey global (Ctrl+W). Tapi, menutup tab dengan double tap ketika ada terlalu banyak tab yang dibuka akan lebih mudah dan lebih cepat.

Cara menutup Tab dengan klik dua kali di Edge, Firefox, Vivaldi

Kami telah menambahkan bagian terpisah untuk menutup tab dengan klik dua kali di Edge , Firefox, dan browser Vivaldi dengan petunjuk langkah demi langkah. Mari kita mulai dengan browser Microsoft Edge terlebih dahulu.

Klik dua kali untuk menutup tab browser di Edge

Fitur ini memungkinkan Anda menutup tab aktif serta tab latar belakang menggunakan klik dua kali. Untuk memiliki fitur ini, Anda harus menggunakan Microsoft Edge versi 105 atau lebih tinggi. Fitur ini saat ini dalam versi beta, tetapi Anda mungkin akan segera mengharapkannya dalam versi stabil. Berikut langkah-langkahnya:
Buka browser EdgeTekan Alt+F hotkey atau klik pada Pengaturan dan ikon lainnya yang ada di sudut kanan atas antarmuka EdgeDalam menu Pengaturan dan lainnya, klik opsi Pengaturan. Pengaturan akan terbuka dengan halaman ProfilBeralih ke halaman Aksesibilitas menggunakan bagian kiriGulir ke bawah halaman untuk mengakses bagian Jadikan Microsoft Edge lebih mudah digunakanAktifkan Gunakan klik dua kali untuk menutup tombol tab browser.
Perubahan diterapkan secara instan. Tidak diperlukan tindakan restart browser atau penyegaran tab. Anda juga dapat menonaktifkan opsi yang sama kapan saja saat Anda merasa tidak nyaman.

Terkait:Cara menutup semua tab browser yang dibuka sekaligus di Chrome, Edge, atau Firefox.

Menutup tab dengan klik dua kali di Firefox

Firefox menyediakan preferensi tersembunyi atau pengaturan yang setelah diaktifkan memungkinkan Anda menutup tab Firefox dengan klik dua kali. Perhatikan bahwa pengaturan ini hanya berfungsi untuk tab aktif atau tab latar depan dan tidak pada tab latar belakang. Langkah-langkahnya adalah:
Ketik about:config di bilah alamatTekan tombol EnterTekan tombol Terima Risiko dan Lanjutkan untuk membuka halaman Preferensi LanjutanCari browser.tabs.closeTabByDblklik preferensiKlik dua kali pada preferensi itu untuk menyetelnya ke true.
Kapan pun Anda mau nonaktifkan pengaturan untuk menutup tab menggunakan klik dua kali di Firefox, Anda dapat mengikuti langkah-langkah di atas, dan mengatur preferensi browser.tabs.closeTabByDblclick ke false dengan mengklik dua kali padanya.

Tutup Tab pada Klik Ganda di browser Vivaldi

Vivaldi browser memungkinkan Anda menutup a tab latar depan serta tab latar belakang melalui klik dua kali. Tapi, itu tidak akan menutup tab di mana hanya ada satu tab yang dibuka. Anda harus mengikuti langkah-langkah ini:
Buka browser VivaldiTekan tombol pintas Ctrl+F12 atau klik ikon Pengaturan yang tersedia di sudut kiri bawahDi jendela Pengaturan, alihkan ke halaman Tab menggunakan bagian kiriAkses bagian Penanganan TabAktifkan Tutup Tab Opsi Double Click.
Jika Anda tidak ingin menggunakan fitur ini, Anda dapat mematikan opsi Close Tab yang sama pada opsi Double Click menggunakan langkah-langkah di atas.

Cara menutup tab dengan klik dua kali di Chrome?

Google Chrome memiliki fitur ini sebelumnya tetapi versi terbaru tidak menyertakan tanda eksperimental atau setelan tersembunyi untuk menutup tab dengan klik dua kali. Sampai sekarang, satu-satunya cara untuk menutup tab menggunakan klik dua kali di browser Chrome adalah menggunakan ekstensi pihak ketiga.

Bagaimana cara menutup banyak tab di Edge?

Jika Anda ingin menutup banyak tab di browser Edge, ikuti langkah-langkah ini :
Tekan dan tahan tombol CtrlPilih tab menggunakan tombol kiri mouseLepaskan tombol CtrlTekan tombol pintas Ctrl+W.
Ini akan menutup semua tab yang dipilih di browser Edge. Atau, Anda juga dapat mengklik kanan pada tab yang dipilih, dan menggunakan opsi Tutup tab.

Bagaimana cara mengontrol tab di Microsoft Edge?

Ada beberapa cara untuk mengontrol atau mengelola tab di Microsoft Tab. Misalnya, Anda dapat:
Menambahkan tab ke grup yang berbedaMengaktifkan tab vertikal (Ctrl+Shift+,) untuk membuka, menutup tab, dan menambahkan tab ke grupMemindahkan tab ke profil yang berbedaMenyematkan dan melepas pin tab, dll.
Semua tindakan ini dapat dilakukan menggunakan fitur bawaan yang ada di browser Edge.

Baca juga:Cara membuka kembali tab yang ditutup di browser Chrome, Edge, Firefox, dan Opera.