Cara menyembunyikan file dari Office Online di Akses Cepat Explorer

Semua file dan folder yang baru dibuka, termasuk folder yang disematkan, muncul di bawah lokasi Akses Cepat. Hal yang sama berlaku untuk file online office tetapi jika Anda tidak ingin memperlihatkan file dari Office Online di Akses Cepat Explorer, Anda dapat mengubah perilaku ini dan menyembunyikan file. Begini caranya!

Menyembunyikan file dari Office Online di Explorer Quick Access

Selain file yang disimpan di PC Anda, mode Akses Cepat File Explorer bahkan menampilkan file cloud yang Anda buat dengan Office.com, yaitu Office Online. Jadi, menonaktifkan file dari Office.com akan menghentikan File Explorer menampilkan data file cloud terbaru dalam tampilan Akses Cepat. Anda dapat melakukannya melalui Group Policy Editor settings.
Buka Group Policy Editor.Buka Computer Configuration.Pilih Administrative Templates > Windows Components.Klik dua kali folder File Explorer.Pilih Turn off files from Office.com dalam aturan tampilan Quick Access .Klik OK untuk menyimpan perubahan.
Note – Saat fitur ini dinonaktifkan, File Explorer tidak akan lagi membuat permintaan web untuk mengambil data file cloud terbaru.

Buka kotak dialog Run dengan menekan Win+R dalam kombinasi.

Di bidang kosong kotak , ketik gpedit.msc dan tekan tombol Enter.

Ketika Editor Kebijakan Grup terbuka, navigasikan alamat jalur berikut –
Computer Configuration > Administrative Templates > Windows Components > File Explorer.

Selanjutnya, alihkan ke panel kanan. Di sana, klik dua kali Turn off files from Office.com di Quick Access view rule.

Periksa opsi Diaktifkan dan tekan tombol Ok di bagian bawah layar untuk menyimpan perubahan yang dikonfigurasi.

Mulai ulang PC Anda. Selanjutnya, ketika Anda meluncurkan Quick Explorer, Anda tidak akan menemukan file dari Office Online muncul di bawahnya.

Bagaimana cara menghapus file dari Akses Cepat di File Explorer?

Untuk menghapus file dari Akses Cepat di File Explorer Windows 11 atau Windows 10:
Launch ExplorerKlik buka Folder Options dari RibbonLocate Privacy di bawah tab General Hapus centang pada dua kotak centang yang menonaktifkan fitur ini. Tampilkan file yang baru saja digunakan di Akses CepatTampilkan folder yang sering digunakan di Akses CepatKlik Terapkan dan mulai ulang Explorer.
Apa itu Office Online?

Ini adalah rangkaian aplikasi online yang memungkinkan Anda membuat dokumen Word, lembar bentang Excel, dan presentasi PowerPoint dalam mode online. Suite ini awalnya dirilis sebagai Office Web Apps pada tahun 2010 dan memungkinkan Anda bekerja dengan beberapa browser Internet. Setiap perubahan yang Anda buat pada file dalam mode ini disinkronkan secara real-time dan dapat diakses dari perangkat apa pun yang mendukung browser dan koneksi Internet.

Baca: Cara menampilkan atau menghapus Akses cepat dan Favorit dari Panel Navigasi Explorer

Apakah Anda memerlukan Akun Microsoft untuk mengakses Office Online?

Ya, Anda memang memerlukan akun Microsoft untuk mengakses file Office secara online. Mengapa? Karena, setelah akun Anda dikaitkan dengan produk Office Anda, dan tergantung pada versi Office yang Anda miliki, akun Anda juga menghubungkan Anda ke berbagai produk dan layanan Microsoft seperti Office Online atau OneDrive.

Baca: Cara mengaktifkan atau menonaktifkan Akses Cepat di File Explorer

Apakah Microsoft Office Online benar-benar gratis?

Office Online adalah versi gratis Office 365. Ini ditautkan ke akun Outlook/Microsoft Anda. Jika Anda tidak memilikinya, Anda dapat membuatnya dengan membuka Outlook.com dan mendaftar ke layanan tersebut. Karena Office Online adalah aplikasi web yang bekerja dengan browser Anda, itu akan berjalan di semua hal, mulai dari PC dan Chromebook hingga iPad dan tablet Android.

Itu saja!