Cara mereset Memori Virtual atau File Halaman di Windows 11/10

Virtual Memory atau Page File adalah jenis memori yang memungkinkan Windows untuk menggunakan sebagian dari ruang penyimpanan RAM, untuk meningkatkan kinerja secara keseluruhan atau ketika ada kebutuhan untuk memori tambahan. Saat Windows mengonfigurasinya secara otomatis, Anda selalu dapat mengatur ulang. Posting ini akan memandu Anda tentang apa itu memori dan bagaimana mengatur ulang Memori Virtual atau File Halaman di Windows 11/10.

Apa itu Memori Virtual atau File Halaman?

Menurut Microsoft, File paging adalah area di hard disk yang digunakan Windows seolah-olah itu adalah RAM. Ketika ada kekurangan RAM atau jika Windows merasa lebih baik untuk menyimpannya di memori virtual, itu digunakan. Ini berguna saat menjalankan PC lama yang tidak memiliki cukup RAM atau dapat menggunakan sedikit lebih banyak saat diperlukan.

Karena menggunakan penyimpanan, kinerjanya akan bergantung pada kualitas penyimpanan. Jika Anda menggunakan SSD, itu akan lebih cepat daripada HDD. Selain itu, penggunaan penyimpanan secara keseluruhan akan lebih banyak yang selanjutnya dapat berdampak pada masa pakai HDD atau SSD.

Cara mereset Memori Virtual atau File Halaman di Windows 11/10

Saat kami menyetel ulang, artinya Windows menghapus file saat sistem dimatikan atau ketika Anda mengubah ukuran secara manual, Sistem akan mengatur ulang. Anda dapat menghapus atau mereset memori virtual atau file halaman menggunakan salah satu metode ini.
Kebijakan GrupRegistry EditorSetel Ulang Ukuran Halaman Secara ManualAnda akan memerlukan izin admin untuk menjalankan ini.
1] Editor Kebijakan Grup

Jika Anda menggunakan Windows Professional atau Server, Anda dapat menggunakan kebijakan grup untuk membuat perubahan.
Buka Jalankan prompt menggunakan Win + RType gpedit.msc dan tekan tombol Enter untuk meluncurkan Editor Kebijakan Grup Arahkan ke folder berikut Kebijakan Komputer Lokal > Konfigurasi Komputer > Pengaturan Windows > Pengaturan Keamanan > Kebijakan Lokal > Opsi Keamanan
Find kebijakan: Shutdown : Hapus file halaman memori virtualKlik dua kali untuk membuka konfigurasi kebijakanPilih tombol radio Diaktifkan dan terapkan perubahannya
Setelah selesai, file halaman memori virtual dihapus setiap kali Anda mematikan PC Windows. Keuntungan paling signifikan dari menggunakan kebijakan ini adalah tidak ada orang lain yang dapat mengaksesnya dengan menghubungkan penyimpanan ke PC lain. Saat digunakan, Windows melindungi file halaman, tetapi tidak demikian halnya ketika terhubung ke PC lain.

Baca: Cara Mencadangkan, Memindahkan, atau Menghapus PageFile.sys pada shutdown
2] Registry Editor

Metode registry untuk Windows Home pengguna yang tidak memiliki akses ke kebijakan grup. Meskipun mudah digunakan, itu juga berisiko. Pastikan untuk membuat titik Pemulihan Sistem yang akan berguna jika Anda secara tidak sengaja menghapus sesuatu di registri yang mengakibatkan sistem tidak dapat di-boot. Buka Jalankan prompt menggunakan Win + RKetik regedit dan tekan Shift + Enter bersama-sama. Di Peninjau Suntingan Registri, navigasikan ke jalur berikutHKEY_LOCAL_MACHINESYSTEMCurrentControlSetControlSession ManagerMemory ManagementLocate DWORD ClearPageFileAtShutdown dan klik dua kali untuk mengeditnya Tetapkan nilainya sebagai 1. Ini akan memastikan untuk menghapus file halaman selama shutdown.3] Reset Ukuran Halaman Secara Manual Setiap kali Anda mengubah ukuran memori virtual atau file halaman, itu akan mengatur ulang dan mulai menggunakannya lagi dari awal.
Buka Pengaturan Windows menggunakan Win + INNavigasi ke Sistem> Tentang Di bawah spesifikasi Perangkat, klik tautan Pengaturan Sistem LanjutIni akan membuka Properti SistemBeralih ke Lanjutan tab, lalu klik tombol Pengaturan di bawah bagian KinerjaDalam Kinerja, Opsi beralih ke Tab Tingkat Lanjut Temukan Kebajikan al memori dan klik tombol UbahPeriksa manajemen otomatis, dan itu akan mengaktifkan ukuran khusus, ukuran yang dikelola Sistem, dan opsi lainnyaBerikut semua yang dapat Anda lakukan selanjutnya Atur Ukuran KustomNonaktifkan PagingKeep System Kelola ukuranSetelah Anda berubah, itu akan mengatur ulang Memori Virtual atau Page File
Saya harap postingannya mudah diikuti, dan Anda dapat mereset Virtual Memory atau Page File di Windows 11/10.

Apakah aman menghapus Virtual Memory atau Page File?

Ya, Anda dapat menghapusnya kapan saja, tetapi pastikan Anda telah menonaktifkan fitur tersebut terlebih dahulu karena file hanya dihapus selama shutdown. Anda juga dapat menghapus file saat dalam mode aman menggunakan akun administrator.

Baca: Bagaimana cara meningkatkan ukuran File Halaman atau Memori Virtual

Apa yang harus saya setel ukuran file paging saya?

Sementara windows menyetelnya ke sekitar 10% dari memori fisik, itu akan terbaik untuk mengaturnya setidaknya dua atau tiga kali ukuran memori RAM. Ini akan memastikan untuk menambah stabilitas untuk pengangkatan berat apa pun untuk PC.