Cara mudah untuk melindungi Solid State Drive Anda agar lebih awet

Pada postingan kali ini kita akan membahas tentang cara melindungi Solid State Drive agar lebih awet. SSD cukup kuat tetapi masih membutuhkan perawatan yang lembut. Orang-orang perlahan beralih dari HDD (Hard Drives) ke SSD (Solid State Drives) dan untuk alasan yang sangat bagus. Anda tahu, SSD, meski lebih mahal daripada Hard Drive mekanis biasa, lebih cepat dan lebih hemat daya. Anggap saja sebagai versi yang lebih besar dari kartu SD karena keduanya bekerja dengan cara yang sama.

Sekarang, karena SSD masih cukup baru di dunia komputer, banyak pengguna tidak tahu cara merawat drive tersebut dalam upaya untuk memperpanjang masa pakainya . Bukan karena SSD tidak memiliki bagian yang bergerak, sehingga membuatnya lebih sulit untuk tidak berfungsi, itu tidak berarti mereka tanpa masalah. Kami masih menyarankan pengguna harus mengambil. tindakan pencegahan, beberapa di antaranya akan kita bahas dalam informasi yang diuraikan di bawah ini.

Cara melindungi Solid State Drive dan memperpanjang masa pakai SSD

Melindungi SSD Anda akan membutuhkan upaya, tetapi tidak ada yang tidak dapat Anda tangani sendiri. Bagi mereka yang ingin memahami sepenuhnya, maka informasi di sini akan sangat membantu.

Apa perbedaan antara SSD dan HDD?

Hard drive didasarkan pada teknologi penyimpanan lama yang mengandalkan disk berputar untuk membaca dan menulis data. Solid State Drive, di sisi lain, lebih cepat dan lebih hemat daya jika dibandingkan dengan Hard Drive. Selain itu, ia menggunakan rakitan sirkuit terintegrasi untuk menyimpan data secara terus-menerus, sehingga tidak ada bagian yang bergerak.

Berapa lama SSD akan bertahan?

Ini masalahnya, SSD dalam banyak hal adalah bentuk penyimpanan berbasis flash, oleh karena itu, semua membaca, menulis, dan menghapus data dilakukan secara elektronik. Sekarang, karena drive ini non-mekanis, pengguna harus memperhatikan beberapa masalah.

Misalnya, mereka hanya dapat menangani sejumlah siklus membaca dan menulis sebelum rusak dan mati. Namun tidak perlu khawatir, SSD biasa dapat menangani sekitar dua petabyte data sebelum menunjukkan tanda-tanda kerusakan.

Baca: Bad Sector pada HDD dan SSD: Pengenalan dan Perbaikan

Pemadaman daya dapat merusak SSD

Pemadaman daya telah lama menjadi hal buruk bagi komputer dan drive, dan SSD tidak berbeda di sini. Jika Anda tidak hati-hati, pemadaman dapat membuat SSD Anda tidak berguna, atau Anda dapat kehilangan data jika listrik padam saat Anda menulis data ke drive.

Cara terbaik untuk menghindari masalah tersebut adalah dengan memastikan komputer Anda terhubung ke UPS atau catu daya yang tidak pernah terputus. Jika Anda tidak mengetahuinya sebelumnya, UPS mirip dengan pelindung lonjakan arus tetapi dengan baterai yang cukup besar untuk membuat komputer Anda tetap menyala hanya dalam beberapa menit.

Selain itu, lonjakan daya juga dapat menyebabkan kerusakan pada drive Anda, itulah sebabnya Anda mungkin ingin berinvestasi dalam pelindung lonjakan arus.

Baca: Apakah Anda perlu mendefrag SSD?

Jauhi suhu tinggi karena dapat merusak SSD

Jika menyangkut suhu panas dan dingin, SSD lebih keras daripada HDD, tetapi menjadi lebih baik tidak` t berarti drive ini kebal. Suhu ekstrim dapat menyebabkan masalah jika SSD dipertahankan untuk waktu yang lama.

Ini seharusnya tidak menjadi masalah bagi sebagian besar pengguna rumahan, namun, pengguna bisnis lebih mungkin terpengaruh karena komputer mereka bekerja berjam-jam atau 24/7 di banyak tempat instances.

Namun, pengguna rumahan dengan laptop yang bermain video game atau menjalankan program apa pun yang memanaskan sistem mungkin ingin mempertimbangkan untuk membeli bantalan pendingin untuk menjaga suhu serendah mungkin. Mereka relatif murah di Amazon, eBay, dll.

Baca: Perbaiki Kecepatan Baca atau Tulis SSD Lambat di Windows

Hindari mengisi SSD Anda dengan data

Pernah mendengar sesuatu yang disebut Wear Leveling? Ini adalah bagian teknologi yang agak menarik yang memungkinkan komputer Anda untuk menulis secara merata ke semua ruang yang tersedia di drive Anda. Dari apa yang telah kami pahami, ini akan menjaga sel penyimpanan di dalam SSD agar tidak cepat aus jika dibandingkan dengan yang lain.

Namun, ada peringatan untuk ini, Anda tahu. Wear Leveling hanya mampu bekerja pada sel yang dibuka, oleh karena itu, jika sel sudah digunakan untuk penyimpanan dalam jangka panjang, maka drive akan dipaksa untuk menggunakan kembali sel lain setiap kali membutuhkan ruang tambahan, dan ini kemungkinan akan meningkat siklus baca-tulis jauh lebih cepat.

Apa yang harus dilakukan? Nah, taruhan terbaik Anda adalah menghapus file yang tidak digunakan atau memindahkannya ke hard drive eksternal.

Baca: Mengaktifkan dukungan TRIM untuk membuat SSD atau Solid State Drive Anda berjalan pada kinerja yang optimal.

Menonaktifkan hibernasi pada SSD

Hibernasi adalah fungsi yang hebat, tetapi caranya bekerja dapat menempatkan stres pada SSD Anda karena membaca dan menulis terus-menerus. Jadi bagaimana kami bisa menghentikan ini jika Anda sedang menggunakan hibernasi? Nah, Anda harus menonaktifkannya sekali dan untuk selamanya.

Untuk melakukan ini, Anda harus membuka Terminal Windows dengan mengklik kanan tombol Start Menu, lalu pilih Terminal Windows (Admin). Dari sana, salin dan tempel yang berikut:
powercfg.exe / hibernate off
Dari sana, tekan tombol Enter dan hanya itu, hibernasi mati. Jika Anda ingin menyalakannya, gunakan perintah yang sama tetapi ganti dengan on.

Baca: Haruskah Anda Mengaktifkan atau Menonaktifkan SysMain & Prefetch untuk SSD di Windows?

Apakah Anda menggunakan File Halaman di SSD? Nonaktifkan itu

Jika Anda mengaktifkan fitur Page Files, maka Anda menyebabkan banyak masalah sekarang untuk SSD Anda.

Untuk memulai, klik tombol Start Menu, lalu ketik Advanced System Settings. Dari sana, pilih opsi yang berbunyi, Lihat pengaturan sistem lanjutan. Ini akan membuka menu System Properties. Silakan klik Advanced > Settings, lalu Advanced lagi.

Terakhir, pilih tombol Change dan pastikan untuk tidak memilih Automatically manage paging file size for all drives. Dari sana, pilih No Paging File > OK, dan selesai.

Baca: Apa yang terjadi jika Anda mendefrag Solid State Drive? , dan untuk waktu yang lebih lama juga. Kami juga menyarankan untuk melengkapi SSD Anda dengan HDD untuk menyimpan data jangka panjang.

Berapa masa pakai SSD?

Umur SSD akan bervariasi karena dalam kebanyakan situasi, semuanya bermuara pada cara drive digunakan. Namun, sebuah penelitian baru-baru ini telah menempatkan umur SSD di sekitar tanda 10 tahun, yang tidak buruk dengan cara apa pun. Meskipun demikian, penelitian yang sama menyatakan umur rata-rata lebih pendek, dan ini kemungkinan karena kurangnya perawatan yang tepat.

Apakah Solid State Drive lebih baik daripada Hard Disk Drive?

Dalam banyak hal, SSD lebih cepat, lebih tahan lama, lebih kompak , lebih tenang, dan mengkonsumsi lebih sedikit energi. Namun, HDD lebih murah untuk didapatkan, dan jika menyangkut pemulihan data jika drive rusak, HDD biasanya lebih baik di sini.

Baca: Tanda peringatan yang memberi tahu jika SSD Anda gagal di Windows

Dapatkah saya memasang SSD di komputer lama saya?

Jawaban untuk pertanyaan itu adalah ya. Banyak pengguna komputer telah memutuskan untuk menempuh rute ini dan dengan hasil yang mengesankan untuk boot. Jadi, kami menyarankan Anda untuk mencobanya sekarang atau kapan pun Anda bisa.

Baca: GPT atau MBR: Format mana yang harus Anda gunakan untuk Solid State Drive (SSD)?