Command Prompt tidak berfungsi atau terbuka di Windows 11/10

Apakah Command Prompt tidak berfungsi atau terbuka di PC Windows 11/10 Anda? Berikut adalah panduan lengkap tentang cara memperbaiki masalah CMD yang tidak diluncurkan atau berfungsi dengan baik di sistem Anda.

Command Prompt atau CMD adalah alat baris perintah terkemuka di Windows yang memungkinkan Anda menjalankan dan melakukan berbagai perintah dan tugas. Namun, jika Anda tidak dapat membukanya atau tidak berfungsi dengan baik, ini dapat mencegah Anda melakukan tugas melalui CMD. Ini bisa sangat mengganggu dan menjengkelkan bagi pengguna yang secara teratur menggunakan Command Prompt. Banyak pengguna melaporkan tidak dapat meluncurkan Command Prompt atau menggunakannya.

Masalah ini dapat disebabkan karena berbagai alasan. Anda mungkin berurusan dengan beberapa file sistem yang rusak karena Anda tidak dapat membuka atau menggunakan Command Prompt. Ini juga dapat disebabkan karena perubahan terbaru pada PC Anda. Beberapa gangguan atau kerusakan pada profil pengguna Anda saat ini dapat menjadi alasan lain untuk masalah yang dihadapi.

Sekarang, jika Anda menghadapi masalah yang sama, posting ini untuk Anda. Dalam panduan ini, kami akan membuat daftar beberapa perbaikan yang akan membantu Anda menyelesaikan masalah. Jadi, mari kita periksa!

Bagaimana cara membuka Command Prompt di Windows 11?

Ada beberapa cara untuk membuka Command Prompt di Windows 11. Anda cukup mengetik cmd di kotak pencarian bilah tugas dan kemudian membuka Command Prompt. Selain itu, Anda juga dapat membuka CMD dari File Explorer, Task Manager, dan pintasan desktop.

Command Prompt tidak berfungsi atau terbuka di Windows 11/10

Berikut adalah perbaikan yang dapat Anda coba jika Command Prompt tidak terbuka atau berfungsi di Windows 11 Anda /10 PC:
Luncurkan Command Prompt dari File Explorer.Coba buka Command Prompt dari Task Manager.Edit Variabel Lingkungan Sistem PATH agar CMD terbuka.Jalankan pemindaian SFC menggunakan PowerShell.Nonaktifkan antivirus pihak ketiga Anda.Buka Command Prompt dalam Safe Mode.Make akun pengguna baru.Lakukan pemulihan sistem.
Mari kita bahas perbaikan di atas secara mendetail sekarang!
1] Luncurkan Command Prompt dari File Explorer/
Jika Anda tidak dapat membuka Command Prompt dari Start Menu, coba luncurkan CMD dari File Explorer. Anda mungkin dapat meluncurkan CMD dari File Explorer seperti yang dilaporkan oleh beberapa pengguna yang terpengaruh. Berikut langkah-langkah untuk membuka CMD dari File Explorer:
Pertama, buka File Explorer menggunakan hotkey Windows + E. Sekarang, arahkan ke lokasi berikut: C:WindowsSystem32Selanjutnya, di dalam folder System32, gulir ke bawah ke aplikasi cmd. Setelah itu, klik kanan pada cmd dan tekan opsi Run as administrator untuk meluncurkan Command Prompt dengan hak istimewa admin. Lihat apakah Anda dapat membuka Command Prompt dari File Explorer. Atau, Anda juga dapat membuat pintasan ke aplikasi Command Prompt di desktop Anda dan melihat apakah itu bekerja untuk Anda.

Jika Command Prompt masih tidak terbuka untuk Anda, coba perbaikan potensial berikutnya untuk menyelesaikan masalah.

Terkait:Bisa` t jalankan Command Prompt sebagai administrator.
2] Coba buka Command Prompt dari Task Manager
Anda juga dapat mencoba meluncurkan Command Prompt dari Task Manager dan periksa apakah itu berfungsi untuk Anda. Ini adalah solusi jika Anda tidak dapat membuka CMD dari Start Menu. Berikut adalah langkah-langkah untuk melakukannya:
Pertama, mulai Task Manager menggunakan Ctrl + Shift + Esc hotkey. Sekarang, buka menu File dan klik opsi Run new task. Selanjutnya, di bilah Buka, ketik cmd atau cmd.exe . Setelah itu, aktifkan kotak centang Buat tugas ini dengan hak administratif yang ada di bawah bidang Buka. Terakhir, tekan Enter untuk meluncurkan Command Prompt dan lihat apakah itu berfungsi dengan baik atau tidak. dapat dilakukan untuk memperbaiki masalah ini adalah mengedit variabel lingkungan sistem untuk mengaktifkan CMD terbuka. Berikut adalah cara melakukannya:
Pertama, buka pencarian bilah tugas dan ketik environ di kotak pencarian.Dari hasil, klik Edit variabel lingkungan sistem untuk meluncurkan jendela System Properties.Sekarang, di tab Advanced, pilih Environment Tombol Variables. Selanjutnya, pilih variabel PATH lalu ketuk tombol Edit. Setelah itu, klik tombol New untuk membuat entri baru. Kemudian, masukkan C:WindowsSysWow64 dan tekan OK. Terakhir, reboot PC Anda dan kemudian lihat apakah Anda dapat meluncurkan dan menggunakan CMD dengan benar atau tidak.
Jika masalah berlanjut, coba perbaikan potensial berikutnya untuk menyelesaikan masalah.
4] Jalankan pemindaian SFC menggunakan PowerShell
Ada kemungkinan Anda tidak dapat menggunakan Command Prompt karena file sistem yang rusak atau rusak. Jadi, jika skenarionya berlaku, Anda seharusnya dapat memperbaiki masalah dengan melakukan pemindaian SFC.

SFC atau Pemeriksa Berkas Sistem adalah alat berbasis perintah yang disertakan dengan Windows. Alat bawaan ini pada dasarnya memindai dan memperbaiki file sistem yang rusak. Namun, karena Anda tidak dapat membuka Command Prompt, Anda harus menggunakan Powershell untuk menjalankan pemindaian SFC. Berikut adalah cara menjalankan pemindaian SFC menggunakan Powershell di PC Windows:
Pertama, luncurkan Powershell dengan hak administrator. Selanjutnya, tulis perintah berikut di Powershell yang ditinggikan: sfc / scannowSekarang, cukup tekan tombol Enter untuk menjalankan perintah pemindaian SFC di atas. Mungkin diperlukan sekitar 15-20 menit untuk pemindaian untuk memperbaiki file sistem yang rusak, jadi biarkan perintah selesai dengan sukses. Setelah selesai, restart PC Anda dan kemudian luncurkan Command Prompt. Mudah-mudahan, ini akan terbuka dan berfungsi normal sekarang.
Jika Anda masih mendapatkan masalah yang sama, coba perbaikan potensial berikutnya untuk menyelesaikannya.
5] Nonaktifkan antivirus
pihak ketiga AndaJika Anda menggunakan antivirus pihak ketiga, coba nonaktifkan untuk beberapa waktu dan kemudian lihat apakah Anda dapat meluncurkan Command Prompt atau tidak. Antivirus pihak ketiga diketahui mengganggu kerja normal aplikasi Anda. Oleh karena itu, disarankan untuk mematikan antivirus Anda dan kemudian melihat apakah masalah telah teratasi. Jika CMD masih tidak terbuka atau berfungsi, coba perbaikan potensial berikutnya untuk menyelesaikan masalah.
6] Buka Command Prompt di Safe Mode
Anda juga dapat mencoba mem-boot PC Windows Anda dalam mode aman dan kemudian meluncurkan Command Prompt. Ini adalah solusi dan mungkin bekerja untuk Anda.
7] Buat akun pengguna baru
Masalahnya mungkin disebabkan jika ada beberapa masalah dengan Akun Pengguna Anda atau profil pengguna Anda rusak. Oleh karena itu, jika skenarionya berlaku, Anda dapat mencoba membuat akun pengguna baru dan kemudian memeriksa apakah masalahnya telah diperbaiki atau belum.

Berikut adalah langkah-langkah untuk membuat akun pengguna baru di Windows 11/10:
Pertama, buka Pengaturan menggunakan Win+ I dan kemudian pergi ke tab Akun. Sekarang, klik opsi Keluarga & pengguna lain. Selanjutnya, tekan tombol Tambah akun dan pada prompt berikutnya, masukkan alamat email untuk akun baru. Setelah itu, tekan tombol Berikutnya dan kemudian selesaikan instruksi dan informasi yang diminta untuk membuat akun pengguna baru. Terakhir, keluar dari akun Anda saat ini dan kemudian masuk dengan akun yang baru dibuat.
Coba buka Command Prompt di akun pengguna baru Anda dan lihat apakah masalahnya sudah diperbaiki atau belum .
8] Lakukan pemulihan sistem Jika tidak ada solusi di atas yang berhasil untuk Anda, coba lakukan pemulihan sistem. Mungkin ada beberapa perubahan terbaru yang menyebabkan CMD tidak berfungsi dengan baik di PC Anda. Dalam hal ini, Pemulihan Sistem memungkinkan Anda untuk mengembalikan PC Anda ke titik di mana sistem Anda tidak terpengaruh oleh korupsi dan Command Prompt berfungsi dengan baik. Jadi, lakukan pemulihan sistem menggunakan langkah-langkah di bawah ini:
Pertama, buka kotak pencarian desktop dan masukkan Create a Restore Point di dalam kotak. Sekarang, klik opsi Create a Restore Point dari hasil untuk membuka jendela System Restore. Selanjutnya, tekan tombol Pemulihan Sistem dan kemudian pilih titik pemulihan sistem tempat Anda ingin memutar kembali PC Anda. Setelah itu, ikuti petunjuk di layar untuk menyelesaikan prosesnya. Terakhir, reboot PC Anda dan kemudian coba luncurkan Command Prompt.
Semoga CMD akan mulai bekerja dengan baik sekarang.

Mengapa Command Prompt tidak terbuka?

Masalah Command Prompt tidak terbuka atau berfungsi dengan baik dapat disebabkan oleh file sistem yang rusak pada PC Anda. Jika ada file sistem yang rusak atau rusak di PC Anda, itu dapat mencegah CMD untuk membuka atau bekerja secara normal. Oleh karena itu, untuk memperbaiki masalah ini, Anda dapat mencoba melakukan pemindaian SFC menggunakan Windows Powershell. Ini akan memperbaiki file sistem yang rusak dan mengaktifkan Command Prompt untuk membuka dengan benar.

Apa yang harus dilakukan jika Command Prompt tidak terbuka di Windows 10?

Jika Command Prompt tidak terbuka pada PC Windows Anda, Anda dapat mencoba cara alternatif untuk meluncurkan CMD. Anda dapat mencoba meluncurkan Command Prompt dari File Explorer atau Task Manager. Jika itu tidak berhasil, Anda dapat mencoba menjalankan pemindaian System File Checker (SFC) untuk memperbaiki file sistem yang rusak dan membuat CMD berfungsi. Kami telah membahas beberapa perbaikan lagi untuk menyelesaikan masalah yang dapat Anda periksa di bawah ini dalam posting ini.

Sekarang baca: PowerShell telah berhenti berfungsi dan tidak akan terbuka.