Di mana Tangkapan Layar dan Cuplikan disimpan di Windows 11/10

Apakah Anda ingin membagikan skor permainan Anda, menyimpan ide pakaian, memberikan presentasi, mendemonstrasikan sesuatu, atau apa pun, tangkapan layar digunakan di mana saja. Mengambil dan membagikan tangkapan layar sangat sederhana dan praktis. Betapa indahnya kami dapat menangkap seluruh layar kami hanya dengan satu klik dan membaginya dengan siapa pun di seluruh dunia. Tapi, pernahkah Anda mengalaminya saat Anda mengambil tangkapan layar dan sekarang Anda tidak dapat menemukan di mana itu disimpan di PC Anda? Apakah Anda tahu di mana Screenshot dan Snips disimpan di PC kita? Yah, itu sebenarnya tergantung pada metode yang Anda gunakan untuk mengambil tangkapan layar. Mari pelajari lebih lanjut tentang itu.

Di mana Tangkapan Layar dan Cuplikan disimpan di Windows 11/10?

Kita tahu bahwa ada banyak metode berbeda untuk mengambil tangkapan layar di PC Anda. Dengan setiap metode, tangkapan layar dan cuplikan disimpan di lokasi yang berbeda di PC Anda.
Menggunakan Tombol PrntScMenggunakan Tombol Win+PrntScSnipping Tool atau Snip & SketchMenggunakan Alat Tangkapan Layar1] Menggunakan Tombol PrntSc
Menggunakan tombol Print Screen (PrntSc) pada keyboard Anda adalah metode paling umum dan tertua untuk mengambil tangkapan layar di PC Anda. Tombol ini menangkap seluruh layar dengan satu tombol. Jadi, ketika Anda menekan tombol PrntSc pada keyboard Anda, Anda tidak akan melihat apa pun terjadi di layar tetapi tangkapan layar akan disimpan di clipboard.

Anda kemudian dapat menempelkannya ke salah satu aplikasi pengeditan foto, saya menggunakan MS Paint dan ini sebenarnya lagi-lagi metode yang paling umum digunakan untuk menyimpan tangkapan layar. Setelah Anda menekan tombol PrntSc dan layar ditangkap di clipboard Anda, buka MS Paint dan tekan Ctrl+V. Tangkapan layar akan ditempel di Paint. Sekarang terserah Anda di mana Anda ingin menyimpannya. Klik File > Saveas > pilih format > pilih lokasi Anda ingin menyimpannya dan klik Save.

b: Cara mengubah lokasi folder Print Screen di Windows.
2] Win+PrntSc Button
Bila Anda menggunakan Win+PrntSc tombol bersama-sama, Anda melihat klik cepat, dan Windows mengambil tangkapan layar dari layar penuh Anda dan menyimpannya di PC Anda. Tangkapan layar ini disimpan di PC Ini > Gambar > Tangkapan Layar.

Anda tidak dapat memilih format untuk tangkapan layar Anda, opsi ini secara default menyimpan tangkapan layar Anda dalam format PNG. Tangkapan layar disimpan dalam folder Gambar di  folder Tangkapan Layar 2, Tangkapan Layar 3, dll. Angka-angka berlanjut dari tangkapan layar pertama yang mungkin pernah Anda ambil menggunakan opsi Win+PrntSc, bahkan jika Anda menghapus tangkapan layar itu. Misalnya, tangkapan layar saya saat ini disimpan sebagai Tangkapan Layar 33, yang berarti saya telah mengambil 32 tangkapan layar sebelumnya di PC ini menggunakan opsi ini. Tetapi jika diinginkan, Anda dapat mengatur ulang penghitung Tangkapan Layar.

Anda dapat, bagaimanapun, mengubah lokasi default Tangkapan Layar ini dengan memindahkan seluruh folder ini ke tempat lain.

Buka Pictures, klik kanan pada folder Screenshots dan klik Properties. Buka tab Lokasi dan klik Pindahkan, Anda kemudian dapat memilih folder tempat Anda ingin memindahkan folder ini dan klik Ok.

Baca:Tampilan layar tidak disimpan di folder Gambar di Windows
3] Snipping Tool atau Snip & Sketch
Ketika Anda menggunakan Snipping Tool atau Snip & Sketch untuk mengambil tangkapan layar, Anda dapat menyimpannya di lokasi pilihan Anda, sama seperti di MS Paint. Poin plus dengan Snipping Tool adalah memungkinkan Anda menangkap jendela penuh, seluruh layar, dan area tertentu dalam bentuk persegi panjang dan dalam bentuk bebas. Setelah Anda selesai menangkap, klik tombol Simpan di sudut kanan atas, seperti yang ditunjukkan pada gambar di atas. Sekarang Anda dapat memilih format gambar tangkapan layar dan lokasi untuk menyimpannya. Jadi Anda tahu di mana Snips Anda disimpan.
4] Menggunakan Screenshot Tool
Jika Anda menggunakan alat pihak ketiga untuk mengambil tangkapan layar di PC, Anda perlu memeriksa opsi pengaturan default alat itu di mana ia menyimpan tangkapan layar di PC Anda . Biasanya setiap alat tersebut memberi Anda opsi untuk menyimpan tangkapan layar di lokasi pilihan Anda, persis seperti MS Paint dan Snipping tool.

Meskipun ini adalah satu-satunya tempat di mana tangkapan layar dan snip Anda disimpan, jika Anda masih tidak menemukan tangkapan layar, periksa aplikasi OneDrive Anda karena terkadang karena beberapa perubahan di Pengaturan Anda, OneDrive secara paksa menyimpan tangkapan layar Anda.

Baca: Bagaimana cara berhenti menyimpan tangkapan layar ke OneDrive secara otomatis

Mengapa Tangkapan Layar saya tidak masuk ke folder Tangkapan Layar?

Tangkapan layar Anda akan disimpan di folder Tangkapan Layar hanya jika Anda menggunakan kunci, Win+PrntSc. Jika Anda menekan tombol PrntSc, tangkapan layar akan disalin ke papan klip Anda. Anda kemudian perlu menempelkannya ke MS Paint dan kemudian menyimpannya di lokasi pilihan Anda.

Bagaimana Anda menyimpan tangkapan layar di PC?

Jika Anda menggunakan Alat Snipping atau tombol PrntSc untuk mengambil tangkapan layar, Anda dapat menyimpannya di suatu lokasi pilihan Anda. Tetapi jika Anda menggunakan opsi Win+PrntSc, semua tangkapan layar Anda akan secara otomatis disimpan di folder Tangkapan layar yaitu. PC ini > Gambar > Tangkapan Layar.