Diskpart mengalami kesalahan, Media dilindungi dari penulisan

Beberapa pengguna melaporkan mendapatkan pesan kesalahan yang mengatakan “Diskpart telah mengalami kesalahan, Media dilindungi penulisan” setelah menggunakan perintah clean or clean all di DiskPart. Selain itu, masalah ini juga dapat muncul saat memasang kartu SD, HDD, SSD, drive SanDisk, dan lainnya. Jika Anda menghadapi masalah yang sama di komputer Anda, posting ini mungkin membantu Anda memperbaikinya.

Apa yang menyebabkan Diskpart mengalami kesalahan perlindungan penulisan Media?

Ada beberapa perangkat penyimpanan massal yang menyediakan perlindungan file dan folder melalui perlindungan penulisan. Sayangnya, terkadang file dan folder tersebut tidak dapat diakses. Selain itu, beberapa drive tidak memiliki sakelar proteksi tulis tetapi masih dapat diatur ke hanya-baca. Berikut adalah beberapa kemungkinan alasan untuk ini.
Anda mungkin memiliki bad sector pada drive Anda.Malware atau virus telah menginfeksi media penyimpanan Anda.Disk disetel ke hanya-baca di Registry atau di Properti.Media tidak lagi dapat ditulisi jika dibaca -mode hanya-saja diaktifkan secara tidak sengaja. Mode baca-saja diaktifkan secara tidak sengaja dan media menjadi tidak dapat ditulisi.
Diskpart mengalami kesalahan, Media dilindungi dari penulisan

Disarankan agar Anda mencadangkan file Anda terlebih dahulu dan kemudian mencoba saran di bawah ini untuk memperbaikinya kesalahan ini secara efektif.
1] Ubah Editor Registri

Coba ubah nilai kunci WriteProtect di Registri untuk melihat apakah itu menyelesaikan masalah. Anda dapat melakukannya menggunakan langkah-langkah di bawah ini:
Langkah pertama adalah membuka Registry Editor. Untuk melakukan ini, tekan tombol Windows + R untuk membuka Run. Ketik regedit ke dalam kotak teks, lalu klik OK. Ketika UAC muncul di layar, klik tombol Yes. Setelah Anda berada di Registry Editor, pergi ke lokasi berikut: HKEY_LOCAL_MACHINESYSTEMCurrentControlSetControlStorageDevicePolicies
Catatan: Atau, Anda dapat menyalin dan menempelkan baris jalur di bawah ini di bilah alamat Editor Registri dan tekan Enter. Komputer Anda akan secara otomatis membawa Anda ke sana.

Jika Anda tidak melihat kunci StorageDevicePolicies di lokasi berikut, Anda harus membuatnya.Untuk melakukannya, klik kanan pada Control lalu pilih New > Key.Kemudian beri nama StorageDevicePolicies.Anda sekarang perlu membuat nilai DWORD 32-bit baru bernama WriteProtect. Untuk ini, klik kanan StorageDevicePolicies, pilih New > DWORD (32-bit) Value, lalu beri nama WriteProtect.Klik dua kali pada kunci WriteProtect yang baru dibuat, lalu ketika menu popup muncul, ubah Value data menjadi 0.Terakhir, klik OK untuk menyimpan perubahan.
Sekarang tutup jendela Registry Editor dan periksa apakah Anda dapat mengakses perangkat penyimpanan dan data.
2] Hapus Read Only Attribute
If the Diskpart perintah clean gagal berjalan dengan benar karena media dilindungi dari penulisan pada USB, Kartu SD, HDD, atau SSD, hapus atribut hanya-baca dan lihat apakah itu membantu. Berikut adalah cara melakukannya:
Run Command Prompt sebagai Administrator. Untuk melakukannya, buka jendela Jalankan. Setelah terbuka, ketik cmd di bilah pencarian dan tekan kombinasi tombol Ctrl+Shift+Enter. Di jendela Command Prompt, ketik diskpart dan tekan Enter. Kemudian, jalankan perintah dalam urutan yang tercantum di bawah ini:

list disk pilih disk n atribut disk clear readonly clean
Catatan: Pada perintah di atas, n mewakili jumlah perangkat yang akan dibersihkan
Setelah Anda melakukan langkah-langkah di atas, sekarang tutup jendela, dan periksa apakah berhasil.3] Perbaiki file sistem yang rusak Sistem file yang rusak juga dapat mengakibatkan masalah ini. Jika Anda mengalami masalah seperti itu, Anda dapat menggunakan Diskpart untuk menghapus semua file proteksi penulisan dan memformat ulang disk.
Buka Command Prompt sebagai administrator.Pada halaman berikutnya, ketik diskpart dan tekan Enter.Sekarang jalankan perintah di bawah ini satu demi satu: daftar disk pilih disk m atribut disk hapus hanya baca bersih buat partisi format utama fs=fat32
Catatan: Pada baris perintah di atas, m merujuk ke drive yang berisi file yang rusak system

Jika Anda telah menyelesaikan langkah-langkah di atas, tutup jendela ini dan periksa apakah perangkat Anda dan data dapat diakses.

Related:
Diskpart telah mengalami kesalahan, Parameternya salahDiskPart telah mengalami kesalahan: Akses ditolakDiskPart telah mengalami kesalahan: Kesalahan data Cyclic redundancy checkDiskPart error, Perangkat tidak mengenali perintah
Bagaimana cara membersihkan Diskpart?

Menggunakan perintah clean di Diskpart akan menghapus seluruh disk dan partisinya. Setelah Anda membersihkan seluruh disk, Anda dapat menggunakan utilitas Diskpart untuk membuat partisi baru. Dalam artikel ini, kami membahas seluruh proses.