Diskpart Virtual Disk Service error, Disk yang ditentukan tidak dapat dikonversi

Jika Anda adalah pengguna Windows 11/10, Anda mungkin tahu bahwa Anda dapat mengubah disk MBR menjadi disk GPT melalui Konsol Manajemen Disk atau utilitas Diskpart. Baik Master Boot Record (MBR) dan GUID Partition Table (GPT) adalah gaya partisi untuk hard disk. Gaya partisi GPT memiliki beberapa keunggulan dibandingkan gaya partisi MBR. Makanya diganti MBR. Saat mengonversi disk MBR menjadi disk GPT melalui utilitas Diskpart, beberapa pengguna telah menerima kesalahan “Disk yang ditentukan tidak dapat dikonversi”. Pada artikel ini, kita akan melihat penyebab kesalahan ini dan cara untuk memperbaiki masalah.

Pesan kesalahan lengkap yang ditampilkan oleh Diskpart adalah:

Kesalahan Layanan Disk Virtual: Disk yang ditentukan tidak dapat dikonversi. CDROM dan DVD adalah contoh disk yang tidak dapat dikonversi.

Diskpart Kesalahan Layanan Disk Virtual: Disk yang ditentukan tidak dapat dikonversi

Sebelum kita berbicara tentang perbaikan untuk mengatasi masalah ini, mari kita lihat kemungkinan penyebab kesalahan ini. Anda akan menerima pesan kesalahan ini jika:
Ada beberapa partisi pada hard disk Anda. Sebelum mengonversi hard disk Anda dari MBR ke GPT, Anda harus menghapus semua partisi. Mode BIOS Anda disetel ke mode lama.
Jika Anda menerima pesan kesalahan yang sama saat mengonversi disk MBR menjadi GPT, saran berikut mungkin dapat membantu Anda perbaiki masalah.
Periksa mode BIOS AndaHapus partisi dari hard disk AndaGunakan perangkat lunak pihak ketiga
Mari kita lihat semua solusi ini secara mendetail.
1] Periksa mode
BIOS AndaSebelum Anda mulai mengonversi disk MBR menjadi disk GPT, Anda harus memiliki beberapa informasi dasar. Baik MBR dan GPT adalah gaya partisi pada hard disk. Anda dapat melihat gaya partisi hard disk Anda di Konsol Manajemen Disk. Untuk melakukannya langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

Buka Disk Management Console.Klik kanan pada hard disk Anda dan pilih Properties.Pilih tab Volumes. Anda akan melihat gaya partisi di bawah bagian Informasi Disk.
Disk MBR menggunakan tabel partisi BIOS standar, yang umumnya dikenal sebagai mode lama. Di sisi lain, disk GPT menggunakan mode Unified Extensible Firmware Interface (UEFI) di BIOS. Anda akan dapat mengonversi hard disk Anda dari MBR ke GPT jika BIOS Anda disetel ke mode UEFI. Jika BIOS Anda diatur ke mode lama, Anda harus mengubahnya menjadi mode UEFI. Untuk melihat mode BIOS, ikuti langkah-langkah berikut:

Klik pada Pencarian Windows dan ketik Informasi Sistem.Pilih aplikasi Informasi Sistem dari hasil pencarian.Pilih Ringkasan Sistem dari sisi kiri. Anda akan melihat mode BIOS di panel kanan.
Jika Anda melihat mode BIOS lama di Informasi Sistem, ubah menjadi mode UEFI. Tetapi untuk ini, BIOS Anda harus mendukung mode UEFI juga. Setelah mengonversi BIOS Anda dari mode lama ke mode UEFI, Anda seharusnya dapat mengubah disk MBR menjadi GPT.
2] Hapus partisi dari hard disk Anda
Seperti yang dijelaskan di atas dalam artikel ini, jika Anda ingin mengonversi gaya partisi disk Anda dari MBR ke GPT , seharusnya tidak memiliki partisi. Jika ada partisi pada hard disk Anda, Anda akan mendapatkan kesalahan saat mengubahnya dari MBR ke GPT. Oleh karena itu, Anda harus menghapus semua partisi atau volume yang dibuat di hard disk Anda. Untuk melakukannya, ikuti langkah-langkah di bawah ini:
Backup semua data Anda pada hard disk eksternal.Luncurkan Command Prompt sebagai administrator.Ketik diskpart dan tekan Enter.Sekarang, ketik daftar disk dan tekan Enter. Perintah ini akan mencantumkan semua hard disk yang diinstal pada sistem Anda. Ketik pilih disk # dan tekan Enter. Dalam perintah ini, ganti # dengan nomor disk yang diperlukan. Misalnya, jika Anda ingin mengonversi disk 0, Anda harus memilihnya. Dalam hal ini, ketik pilih disk 0. Ketik bersih dan tekan Enter. Perintah ini akan menghapus semua partisi dan volume dari hard disk Anda. Oleh karena itu, semua data Anda juga akan dihapus. Ketik convert gpt dan tekan Enter.
Diskpart harus mengonversi disk MBR ke GPT tanpa menampilkan kesalahan.
3] Gunakan perangkat lunak pihak ketiga
Karena Anda mendapatkan pesan kesalahan “Disk yang ditentukan adalah not convertible” saat mengonversi disk MBR menjadi GPT melalui utilitas Diskpart, Anda dapat menggunakan perangkat lunak pihak ketiga sebagai alternatif Diskpart. Alat pihak ketiga juga berguna jika Anda tidak ingin membersihkan hard disk sebelum mengubahnya menjadi GPT.

Ada banyak alat manajemen disk dan partisi yang memungkinkan Anda melakukan berbagai tindakan pada hard disk, seperti membuat partisi baru, menghapus partisi yang ada, mengecilkan partisi, memformat hard drive Anda, dll. Beberapa alat atau perangkat lunak ini juga memungkinkan Anda mengubah disk MBR menjadi GPT. Alat gratis ini berguna jika utilitas Diskpart gagal melakukan tindakan yang diminta oleh pengguna.

Baca: Diskpart Virtual Disk Service error, Operasi tidak didukung oleh objek.

Bagaimana cara memperbaiki kesalahan layanan Diskpart virtual disk?

The Diskpart Virtual Kesalahan Layanan Disk terjadi karena berbagai penyebab. Untuk setiap penyebab, Diskpart menampilkan pesan kesalahan yang berbeda. Untuk memperbaiki kesalahan, baca pesan dengan cermat, lalu cari solusi yang sesuai. Terkadang, solusi untuk memperbaiki kesalahan juga ditampilkan di pesan kesalahan.

Misalnya, dalam pesan kesalahan berikut, Diskpart juga menunjukkan solusi yang mungkin untuk memperbaiki kesalahan.

Kesalahan Layanan Disk Virtual:Waktu operasi habis.

DiskPart telah mereferensikan objek yang tidak up-to-date. Refresh objek dengan menggunakan perintah RESCAN. Jika masalah berlanjut keluar dari DiskPart, kemudian restart DiskPart atau restart komputer.

Untuk memperbaiki kesalahan di atas, Anda harus me-restart Diskpart atau restart komputer Anda. Jika ini tidak berhasil, gunakan perintah RESCAN untuk mendeteksi perubahan konfigurasi pada hard disk Anda.

Terkait: Diskpart Virtual Disk Service error, Operasi tidak didukung oleh object

Dapatkah saya mengubah MBR ke GPT?

Anda dapat mengonversi gaya partisi disk MBR ke gaya partisi GPT melalui utilitas Diskpart atau Konsol Manajemen Disk. Sebelum mengonversi MBR ke GPT, Anda harus mencadangkan semua data Anda karena tindakan ini akan menghapus semua data di hard disk Anda. Jika Anda mendapatkan kesalahan saat mengonversi MBR ke GPT, periksa apakah hard disk Anda memiliki partisi. Jika ya, Anda harus menghapus semua partisi. Untuk melakukannya, Anda dapat menjalankan perintah bersih di utilitas Diskpart. Anda akan dapat mengonversi disk dari MBR ke GPT hanya jika BIOS Anda mendukung mode UEFI.

Bagaimana cara memperbaiki kesalahan Layanan disk virtual, Ruang yang dapat digunakan tidak cukup untuk operasi ini?

Utilitas Diskpart biasanya menampilkan pesan kesalahan ini saat membuat partisi baru pada hard disk. Pesan kesalahan lengkapnya adalah sebagai berikut:

Kesalahan Layanan Disk Virtual: Tidak cukup ruang yang dapat digunakan untuk operasi ini.

Dua penyebab utama kesalahan ini adalah:
Gaya partisi hard disk Anda adalah MBR. Disk Anda tidak memiliki cukup ruang yang dapat digunakan .
Ketika Anda menerima kesalahan ini, periksa dulu gaya partisi hard disk Anda. Jika MBR dan sudah memiliki empat partisi, Anda tidak akan dapat membuat lebih banyak partisi karena, pada disk MBR, hanya 4 partisi yang dapat dibuat. Untuk memperbaiki masalah ini, Anda harus mengubah gaya partisi hard disk Anda dari MBR ke GPT.

Jika gaya partisi hard disk Anda sudah GPT tetapi Anda masih mendapatkan kesalahan ini, Anda harus mengecilkan volume. Tindakan ini akan membuat ruang yang tidak terisi pada hard disk Anda. Sekarang, Anda dapat memformat partisi yang tidak terisi itu dan menetapkannya sebagai huruf drive baru. Setelah itu, tandai sebagai active.

Semoga ini membantu.

Baca selanjutnya: Diskpart Virtual Disk Service error, Hapus tidak diizinkan.