Diskpart Virtual Disk Service error, Tidak ada cukup ruang yang dapat digunakan

Saat membuat partisi pada hard disk dengan menggunakan utilitas Diskpart, beberapa pengguna mengalami kesalahan “Tidak ada cukup ruang yang dapat digunakan untuk operasi ini.” Menurut pesan kesalahan, Anda tidak dapat membuat partisi baru karena kurangnya ruang yang dapat digunakan pada hard disk Anda. Pada artikel ini, kita akan melihat cara mengatasi kesalahan ini untuk memperbaiki masalah.

Pesan kesalahan lengkap yang ditampilkan oleh utilitas Diskpart dapat berupa salah satu dari dua:

Tidak ada cukup ruang yang dapat digunakan pada disk tertentu untuk memperpanjang volume

Tidak ada cukup ruang yang dapat digunakan untuk operasi ini

Diskpart Kesalahan Layanan Disk Virtual, Tidak cukup ruang yang dapat digunakan

Jika Diskpart menampilkan “Kesalahan Layanan Disk Virtual: Tidak ada cukup ruang yang dapat digunakan untuk operasi ini” saat membuat partisi baru, solusi berikut dapat membantu Anda memperbaikinya masalahnya:
Periksa gaya partisi DiskRescan disk AndaPerkecil partisi pada hard drive AndaGunakan alat pihak ketiga1] Periksa gaya partisi disk
AndaSalah satu kemungkinan penyebab kesalahan ini adalah keterbatasan disk MBR. Jika disk yang diinstal pada sistem Anda menggunakan Master Boot Record, Anda tidak akan membuat lebih dari 4 partisi pada disk Anda. Padahal, di partisi GPT, tidak ada batasan seperti itu. Anda dapat membuat partisi tak terbatas pada disk GPT, tetapi Windows hanya mengizinkan hingga 128 partisi pada disk GPT.

Periksa gaya partisi hard disk Anda. Untuk melakukannya, ikuti langkah-langkah di bawah ini:
Luncurkan kotak perintah Jalankan.Ketik diskmgmt.msc dan klik OK.Perintah di atas akan membuka alat Manajemen Disk.Klik kanan pada hard disk Anda dan pilih Properties.Pilih tab Volume. Anda akan melihat gaya partisi hard disk Anda.
Jika gaya partisi hard disk Anda adalah MBR dan Anda sudah memiliki 4 partisi di dalamnya, Anda harus mengubahnya menjadi GPT untuk membuat lebih banyak partisi. Perhatikan bahwa konversi hanya dimungkinkan jika hard disk tidak berisi partisi atau volume. Jika hard disk Anda berisi partisi apa pun, Anda harus menghapusnya sebelum mengubah MBR menjadi GPT. Tindakan ini juga akan menghapus semua data di hard disk Anda. Itu sebabnya kami menyarankan Anda mencadangkan semua data Anda di hard disk eksternal.

Disk GPT menggunakan mode BIOS Unified Extensible Firmware Interface (UEFI). Anda dapat memeriksa mode BIOS Anda di System Information. Jika BIOS Anda mendukung mode lama dan UEFI tetapi diatur ke mode lama, Anda dapat mengonversinya ke UEFI.

Setelah mengonversi hard disk Anda dari MBR ke GPT, periksa apakah Diskpart menunjukkan kesalahan yang sama saat membuat partisi.
2] Pindai ulang disk
Anda Perintah Pindai Ulang membantu Anda mendeteksi disk baru yang ditambahkan ke komputer Anda. Ketika Anda menjalankan perintah ini, ia mendeteksi perubahan konfigurasi pada hard disk Anda dan memperbarui informasinya. Anda dapat mencoba menjalankan perintah ini di Diskpart dan melihat apakah itu membantu. Ikuti langkah-langkah di bawah ini:
Buka Command Prompt sebagai administrator.Ketik Diskpart dan tekan Enter.Ketik Rescan dan tekan Enter.
Setelah memindai ulang disk Anda, periksa apakah masalah berlanjut.
3] Kecilkan partisi pada hard drivebsp AndaMenurut kesalahan, disk Anda tidak memiliki cukup ruang yang dapat digunakan. Untuk memperbaiki masalah ini, Anda dapat mengecilkan partisi untuk meninggalkan ruang yang tidak terisi. Setelah mengecilkan partisi, Anda harus dapat membuat partisi baru. Langkah-langkah untuk melakukannya tertulis di bawah ini:
Buka Command Prompt sebagai administrator. Ketik Diskpart. Ketik pilih disk #. Ganti # dengan nomor disk. Misalnya, jika Anda ingin membuat partisi pada disk 0, Anda harus mengetikkan pilih disk 0 dan tekan Enter. Sekarang, Anda harus memilih partisi pada hard disk yang ingin Anda kecilkan. Untuk ini, ketik daftar par dan tekan Enter. Perintah ini akan menampilkan semua partisi pada hard disk Anda. Sekarang, ketik sel par #. Ganti # dengan nomor partisi pada hard disk Anda. Setelah memilih partisi tertentu, katakanlah, partisi 3, Anda akan melihat pesan “Partisi 3 sekarang adalah partisi yang dipilih.” Ketik menyusutkan yang diinginkan=ukuran minimum=ukuran. Setelah itu tekan Enter. Ganti ukuran string dalam perintah dengan ukuran sebenarnya pada disk yang ingin Anda kecilkan. Ukuran yang Anda masukkan untuk mengecilkan volume harus kurang dari ukuran total partisi yang dipilih. Misalnya, jika total ukuran partisi yang dipilih adalah 16 GB, ukuran untuk mengecilkan partisi harus kurang dari 16 GB. Setelah perintah di atas berhasil dijalankan, partisi dengan ruang yang tidak terisi akan dibuat. Anda dapat melihat ruang yang tidak terisi ini di Manajemen Disk. Untuk membuat ruang yang tidak terisi dapat digunakan, Anda harus memformatnya. Ketik fs=ntfs quick dan tekan Enter.Tunggu hingga proses pemformatan selesai.
Setelah pemformatan selesai, partisi dengan ukuran yang diinginkan akan dibuat. Pada langkah 6 di atas, kami telah menggunakan perintah menyusutkan yang diinginkan=ukuran minimum=ukuran. Perintah ini terdiri dari dua nilai, yaitu, diinginkan dan minimum. Mari kita lihat arti dan tujuan dari masing-masing nilai ini.
Desired: Ini mewakili jumlah ruang sebenarnya yang Anda inginkan di partisi Anda.Minimum: Ini mewakili ruang minimum pada partisi yang dipilih.
Jika ukuran yang dimasukkan dalam nilai yang diinginkan tidak memungkinkan untuk dibuat, Windows akan membuat partisi dengan ukuran yang Anda masukkan dalam nilai minimum. Anda juga dapat memasukkan ukuran yang sama di kedua nilai ini.

Baca: Diskpart error, Perangkat tidak mengenali perintah.
4] Gunakan alat pihak ketiga
Anda juga dapat menggunakan alat pihak ketiga untuk membuat partisi di hard drive Anda. Jika Anda mencari secara online, Anda akan menemukan banyak alat manajer disk dan partisi yang datang dengan paket gratis dan berbayar. Waktu operasi habis Kesalahan Layanan Disk Virtual Diskpart, Operasi tidak didukung oleh object
Bagaimana Anda memperbaiki kesalahan layanan disk virtual disk yang ditentukan tidak dapat dikonversi?

Anda mungkin melihat pesan kesalahan “Disk yang ditentukan tidak dapat dikonversi” saat mengonversi MBR disk ke GPT dengan menggunakan utilitas Diskpart. Pesan kesalahan lengkapnya adalah:

Virtual Disk Service error: Disk yang ditentukan tidak dapat dikonversi.

Menurut pesan kesalahan, disk yang ingin Anda konversi dari MBR ke GPT tidak dapat dikonversi. Untuk memperbaiki kesalahan ini, Anda harus tahu apa itu gaya partisi MBR dan apa itu gaya partisi GPT. Jika Anda ingin mengonversi disk MBR menjadi GPT, BIOS Anda harus mendukung mode UEFI. Ini karena disk GPT menggunakan mode BIOS Unified Extensible Firmware Interface (UEFI).

Jika Anda mendapatkan pesan kesalahan ini, periksa dulu mode BIOS sistem Anda. Jika itu menunjukkan mode lama, ubah menjadi mode UEFI. Untuk mengetahui mode BIOS, klik Pencarian Windows dan ketik Informasi Sistem, lalu pilih aplikasi Informasi Sistem dari hasil pencarian. Di aplikasi Informasi Sistem, Anda akan melihat BIOS Anda dibuat di panel kanan.

Jika BIOS Anda mendukung mode lama dan UEFI, Anda akan dapat mengonversi warisan ke UEFI. Jika mode BIOS Anda sudah disetel ke UEFI, tetapi Anda masih mendapatkan pesan kesalahan ini, Anda dapat menggunakan alat atau perangkat lunak pihak ketiga, seperti wizard partisi Minitool untuk mengonversi MBR ke GPT.

Read: DiskPart error, Data error Cyclic redundancy check .

Bagaimana cara memperbaiki ukuran volume kesalahan layanan disk virtual terlalu besar?

Ukuran volume kesalahan layanan disk virtual terlalu besar biasanya terjadi saat Anda memformat drive disk tertentu dengan menggunakan sistem file FAT32. Dalam kasus seperti itu, Anda dapat mencoba sistem file lain untuk memformat drive disk, seperti NTFS. Ada beberapa batasan sistem file FAT32. Batas ukuran file maksimum untuk sistem file FAT32 adalah 4 GB. Inilah alasan mengapa Diskpart menampilkan kesalahan ini saat memformat drive disk berukuran besar dengan menggunakan sistem file FAT32.

Baca selanjutnya: Diskpart mengalami kesalahan, Medianya dilindungi dari penulisan.