DisplayPort vs HDMI: Mana yang lebih baik untuk bermain game di PC?

Ketika harus menautkan tampilan ke pengaturan game, Anda dapat menggunakan HDMI atau DisplayPort. Pertanyaannya adalah mana yang lebih baik untuk bermain game? Ini adalah sesuatu yang ingin diketahui banyak gamer sebelum mereka berinvestasi dalam PC gaming hardcore. Selama bertahun-tahun, kebanyakan orang berbicara tentang HDMI sebagai hal terbaik berikutnya. Namun, seiring berjalannya waktu, DisplayPort mulai menemukan pijakannya, dan saat ini keduanya cukup populer, tetapi HDMI masih unggul dalam hal ini, dan ini terutama karena pertama kali dipasarkan, oleh karena itu, ia memiliki banyak konsumen mindshare.

Mana yang lebih baik untuk bermain game di PC – kabel HDMI vs DisplayPort?

HDMI dan DisplayPort adalah dua kabel media teratas yang ada di pasaran saat ini, tetapi yang satu lebih baik dari yang lain. Pertanyaannya adalah, yang mana, dan apakah itu penting dalam skema besar?

Apa itu HDMI?

Bagi mereka yang bertanya-tanya, HDMI adalah singkatan dari High-Definition Multimedia Interface, dan ini adalah konektor paling populer saat ini. digunakan untuk bermain game, konsumsi media, dan produktivitas. HDMI pertama kali dipasarkan pada tahun 2003, dan sejak itu, telah mengalami beberapa perubahan.

Jika Anda melihat pin pada konektor HDMI, Anda harus menghitung 19-pin. Kurang atau lebih berarti konektor tersebut bukan jenis HDMI.

Sekarang, konektor HDMI mampu mentransmisikan data Ethernet, video, dan audio. Ini dilakukan pada bandwidth antara 10,2 Gbps dan 48 Gbps. Tapi itu semua tergantung pada konektor versi yang Anda gunakan. Anda lihat, HDMI 1.4 maksimal pada 10,2 Gbps, sedangkan HDMI 2.0 dan 2.1 masing-masing hanya dapat mencapai maksimum 18 Gbps dan 48 Gbps. membuat tabel sederhana:
VersionResolutionRefresh RateBandwidthHDMI 1,44K (4096 x 2160 piksel)Hingga 24 HzHingga 10,2 GbpsHDMI 2,04K (4096 x 2160 piksel)Hingga 60 HzHingga 18 GbpsHDMI 2.14K (3840 x 2190 piksel), 10K (10240 × 4320 piksel)Hingga 144 HzHingga 48 Gbps
Hal yang perlu diperhatikan adalah fakta bahwa HDMI terdiri dari empat kabel yang berbeda, dan digunakan untuk tujuan yang berbeda. Mari kita lihat keempat kabel tersebut dan kemampuannya:
Kabel HDMI Standar: Kabel ini adalah yang paling dasar dan digunakan untuk bermain game pada 1080i. HDMI Standar plus Ethernet: OK, jadi yang satu ini dikemas dengan dukungan Ethernet dan dapat memberikan resolusi maksimum pada 1080i. Kabel HDMI Berkecepatan Tinggi: Kabel khusus ini mampu mendukung resolusi 1080p yang populer, tetapi juga dapat mencapai 4K jika diperlukan. Kabel HDMI Berkecepatan Tinggi plus Ethernet kabel: Jika Anda ingin bermain game dengan resolusi tinggi dengan dukungan Ethernet, maka ini adalah kabel yang harus Anda investasikan.NbspIni masalahnya, sebagian besar gamer akan memberi tahu Anda bahwa kabel HDMI berkemampuan kecepatan tinggi bagus untuk bermain game, dan itu tidak bohong. Produk ini dapat mencapai 10K, tetapi saat ini, kami tidak mengetahui game apa pun yang mendukung resolusi setinggi itu, jadi jangan mencobanya.

Selain itu, kabel ini memiliki dukungan untuk teknologi FreeSync AMD, tetapi dalam hal G -Sinkronisasi, dukungan tidak tersedia di sini. Kami tidak yakin apakah dalam waktu dekat HDMI akan mendukung G-Sync, tetapi seperti yang terjadi sekarang, beberapa gamer harus melakukannya tanpa.

Apa itu DisplayPort?

Dalam hal DisplayPort, maka, ini sangat mirip ke HDMI tetapi hanya tersedia untuk PC pada saat penulisan. Konektor memiliki jumlah maksimum 20 pin dengan mekanisme penguncian yang tidak ditemukan pada colokan HDMI. Selain itu, kabel DisplayPort dapat mengirimkan video dan audio secara bersamaan.

Perlu dicatat bahwa ada dua jenis DisplayPort saat ini. Mereka adalah DisplayPort Standar dan Mini DisplayPort. Untuk bermain game, DisplayPort Standar sebagian besar digunakan dan berfungsi dengan cukup baik. Faktanya, DisplayPort sangat populer di kalangan gamer dengan mesin kelas atas karena spesifikasinya yang lebih unggul dari HDMI.

Tergantung pada versinya, DisplayPort dapat mendukung bandwidth hingga 77,37 Gbps. Angka terendah adalah 17,28 Gbps. Jadi sebagaimana adanya, kita dapat melihat mengapa banyak yang memilih untuk menggunakan kabel jenis ini.

Kita juga harus menunjukkan bahwa DisplayPort mendukung FreeSync dan G-Sync, satu lagi pada HDMI.

Kabel mana, HDMI atau DisplayPort, adalah lebih baik?

Sejujurnya, keduanya hebat dalam apa yang mereka lakukan. DisplayPort lebih baik dalam hal spesifikasi mentah, tetapi kebanyakan gamer, mereka akan sangat senang hanya dengan HDMI saja, bahkan jika mereka memiliki komputer gaming kelas atas.

Jika Anda memiliki dua monitor atau lebih, HDMI tidak akan terputus dia. Anda perlu berinvestasi di DisplayPort di penghujung hari.

Baca: Kartu grafis NVIDIA tidak mendeteksi HDMI

Apakah DisplayPort lebih baik daripada HDMI?

Saat ini, DisplayPort memang lebih baik daripada HDMI karena dukungannya untuk bandwidth yang lebih tinggi dan dukungan untuk beberapa monitor .

Apakah DisplayPort sama dengan HDMI?

Keduanya mirip dari segi fisik, tetapi sangat berbeda dalam hal spesifikasi. Belum lagi, kami menyukai DisplayPort karena koneksi memiliki kait untuk memastikan kesulitan pemutusan yang tidak disengaja.