Driver AMD terus mogok saat bermain game di PC

AMD adalah salah satu produsen kartu grafis populer. Kartu grafis yang diproduksi oleh AMD memberikan pengalaman bermain game yang luar biasa bagi para gamer. Kartu grafis adalah bagian dari perangkat keras yang bertanggung jawab untuk merender gambar dan menampilkan foto dan video berkualitas tinggi. Tidak diragukan lagi, kartu grafis adalah teman terbaik seorang gamer. Untuk membuat hubungan komunikasi antara kartu grafis dan sistem operasi, Anda perlu menginstal driver yang diperlukan. Ketika driver tidak berfungsi atau rusak, perangkat masing-masing tidak berfungsi dengan benar. Masalah seperti itu dialami oleh para gamer yang telah memasang kartu grafis AMD di sistem mereka. Menurut mereka, driver AMD mogok 10 hingga 15 menit setelah meluncurkan game. Jika Anda menghadapi masalah seperti itu, solusi yang diberikan dalam artikel ini dapat membantu Anda memperbaikinya.

Driver AMD terus mogok saat bermain game di PC

Jika driver AMD Anda mogok saat bermain game, berikut adalah cara memperbaiki masalah tersebut.
Rollback driver kartu grafis AMDUnduh driver kartu grafis AMDMatikan Enhanced SyncGunakan Dual Rail PSU (jika kartu grafis Anda mendukung itu)Perbarui driver chipset Anda
Mari kita lihat semua perbaikan ini secara detail.
1] Kembalikan driver kartu grafis AMD
Menginstal versi terbaru Pembaruan Windows juga memperbarui kartu grafis dan lainnya driver perangkat (jika versi driver terbaru tersedia). Jika Anda mengalami masalah ini setelah menginstal Pembaruan Windows terbaru, putar kembali driver kartu grafis Anda (jika opsi tersedia di Pengelola Perangkat) dan lihat apakah itu memperbaiki masalah.

Langkah-langkah untuk mengembalikan driver kartu grafis AMD adalah sebagai berikut:
Tekan tombol Win + X dan pilih Device Manager. Klik kanan pada driver AMD Anda dan pilih Properties. Klik pada Driver dan lihat apakah opsi Roll Back Driver tersedia. Jika opsi tersedia, klik dan putar kembali AMD driver.
Opsi roll-back menginstal versi driver sebelumnya pada sistem Anda.
2] Unduh driver kartu grafis AMD Solusi lain untuk menghilangkan masalah ini adalah dengan mengunduh atau memperbarui Driver AMD dengan AMD Driver Autodetect. AMD Driver Autodetect akan mendeteksi kartu grafis mesin Anda dan sistem operasi Windows. Jika ada driver baru yang tersedia, alat akan mengunduhnya dengan mengklik tombol dan memulai proses instalasi. Alat deteksi otomatis memberi Anda opsi untuk mengunduh driver resmi terbaru. Jika Anda tertarik, AMD Clean Uninstall Utility dapat membantu Anda menghapus file driver AMD sepenuhnya.

Solusi ini telah memperbaiki masalah banyak pengguna. Ini juga akan membantu Anda.
3] Matikan Enhanced Sync
The Enhanced Sync atau VSync adalah fitur kartu grafis AMD yang mencocokkan kecepatan bingkai game Anda dengan kecepatan refresh monitor Anda dan memberi Anda kecepatan ultra dan bebas sobek. pengalaman bermain game. Beberapa pengguna mengalami masalah dengan fitur ini. Ketika mereka mematikan fitur ini, masalahnya hilang.

Jika Anda telah mengaktifkan fitur Sinkronisasi yang Disempurnakan, kami sarankan Anda menonaktifkannya dan kemudian memeriksa apakah itu memperbaiki masalah. Untuk mematikan AMD Enhanced Sync, buka panel Pengaturan perangkat lunak kartu grafis AMD Anda, lalu pilih tab Grafik. Setelah itu, klik tombol di sebelah Radeon Enhanced Sync untuk mematikan fitur ini.
4] Gunakan Dual Rail PSU (jika kartu grafis Anda mendukungnya)
Jika kartu grafis Anda terhubung ke PSU melalui kabel tunggal yang dibelah menjadi dua ujung, ganti dengan dua kabel terpisah. Namun untuk ini, Anda memerlukan PSU (Power Supply Unit) rel ganda. Komponen elektronik pada PC membutuhkan arus input DC untuk beroperasi. Karena itulah PSU dipasang di setiap komputer agar arus AC yang masuk diubah menjadi arus keluaran DC.

A Kartu grafis memerlukan masukan 12 V DC. PSU Rel Ganda memiliki dua output DC 12 V. Dalam PSU Rel Ganda, arus masuk didistribusikan ke dua output 12 V, oleh karena itu, dua output 12 V menghasilkan arus yang lebih sedikit dibandingkan dengan PSU rel tunggal. Arus berbanding lurus dengan Daya dan Daya berbanding lurus dengan pembangkitan Panas. Oleh karena itu, lebih sedikit arus berarti lebih sedikit konsumsi daya dan lebih sedikit konsumsi daya berarti lebih sedikit panas yang dihasilkan. Itu sebabnya jika Anda menghubungkan kartu grafis Anda ke PSU Dual Rail dengan menggunakan dua kabel terpisah, kartu grafis Anda akan mengkonsumsi lebih sedikit daya karena jumlah panas yang dihasilkan lebih sedikit. Ini mengurangi kemungkinan crash saat bermain game.

Sebelum membeli PSU Dual Rail, Anda harus mengetahui berapa arus yang dibutuhkan kartu grafis Anda untuk beroperasi dengan benar sehingga Anda tidak akan membuat kesalahan saat membeli PSU Dual Rail. Baca spesifikasi PSU untuk mengetahui berapa banyak arus yang dialirkan melalui setiap keluaran 12 V.

Baca: Driver Ryzen Master tidak terpasang dengan benar di PC Windows.
5] Perbarui driver chipset Anda Penyebab lain dari masalah ini adalah driver chipset yang sudah usang atau rusak. Kami menyarankan Anda memperbarui driver chipset Anda dari Device Manager. Langkah-langkah untuk hal yang sama diberikan di bawah ini:
Klik kanan pada Start dan pilih Device Manager. Perluas node System devices. Klik kanan pada driver chipset Anda dan pilih Update driver. Sekarang, pilih Cari secara otomatis untuk driver.
Setelah itu Windows akan mencari untuk versi terbaru driver chipset Anda dan instal. Atau, Anda juga dapat menginstal driver chipset secara manual dengan mengunduhnya dari situs web produsen.

Mengapa game saya terus mogok AMD?

Sebelum membeli game, Anda harus memeriksa persyaratan perangkat kerasnya. Penyebab paling umum dari game crash adalah perangkat keras yang tidak didukung. Jika komputer Anda tidak mampu menjalankan game, game akan crash. Jika game Anda mogok meskipun perangkat keras sistem Anda mampu menjalankannya, driver kartu grafis Anda mungkin telah rusak. Anda harus memperbarui driver kartu grafis Anda dari Device Manager.

Penyebab lain dari crash game adalah generasi panas yang berlebihan selama gameplay. Saat kami bermain game, kartu grafis menghabiskan daya. Karena konsumsi daya yang tinggi, jumlah panas yang dihasilkan juga tinggi. Salah satu cara untuk mengurangi pembangkitan panas adalah dengan mengurangi konsumsi daya oleh kartu grafis Anda yang dapat dilakukan dengan menggunakan PSU Dual Rail.

Bagaimana cara memperbaiki bug driver AMD saya?

Jika driver AMD Anda memiliki bug, harus ada versi terbaru dirilis oleh AMD di situs resminya. Kunjungi situs web resmi AMD dan unduh versi terbaru dari driver kartu grafis Anda. Sekarang, hapus instalan versi driver kartu grafis Anda saat ini dan kemudian jalankan file penginstal untuk menginstal driver secara manual. Atau, Anda juga dapat memperbarui driver kartu grafis Anda melalui fitur Pembaruan Opsional Windows.

Baca selanjutnya: Driver NVIDIA terus mogok di Windows 11/10.