Driver Intel(R) Wi-fi 6 AX201 160MHz tidak berfungsi pada Windows 11/10

Banyak pengguna yang mengeluh bahwa Intel Intel(R) Wi-fi 6 AX201 160MHz mereka berhenti bekerja. Ketika mereka mencoba menjalankan Diagnostik Jaringan, pesan kesalahan berikut ditampilkan.

Adaptor Intel(R) Wi-Fi 6 AX201 160MHz mengalami masalah terkait driver atau perangkat keras.

Dalam artikel ini, kami akan menunjukkan apa yang harus dilakukan jika Intel (R) Wi-fi 6 AX201 160MHz tidak berfungsi.

Bagaimana cara memperbaiki Intel(R) WIFI 6 AX200 160MHz tidak berfungsi?

Sebelum memecahkan masalah, kita perlu tahu mengapa ini terjadi. Sebagian besar driver akan gagal berfungsi jika rusak. Ada berbagai macam penyebab yang bisa membuat driver menjadi corrupt seperti gagal instalasi atau download yang biasanya disebabkan saat instalasi terhenti di tengah proses. File juga bisa rusak karena malware atau virus. Kami akan melihat cara memperbaiki driver yang rusak, selanjutnya. Masalahnya juga bisa berupa kesalahan dalam protokol jaringan atau pengaturan. Kabar baiknya adalah bahwa hal itu dapat diselesaikan dengan mudah. Anda hanya perlu mengatur ulang pengaturan atau protokol untuk memperbaiki masalah dalam kasus itu.

Fix Intel(R) Wi-fi 6 AX201 160MHz tidak berfungsi

if Intel(R) Wi-fi 6 AX201 160MHz tidak berfungsi, lalu, pertama-tama perbarui komputer Anda. Pembaruan akan membantu Anda jika adaptor tidak berfungsi karena bug. Setelah itu, coba solusi berikut untuk menyelesaikan masalah.
Beralih ke driver lainInstal ulang Intel DiverReset Network SettingsReset Network Protocols
Mari kita bicarakan secara detail.

Adaptor Intel(R) Wi-Fi 6 AX201 160MHz mengalami driver- atau perangkat keras- masalah terkait
1] Beralih ke driver

yang berbedaPertama, kita akan menggunakan driver yang berbeda jika tersedia dan lihat apakah itu berfungsi. Kami akan menggunakan driver lama dari yang tersedia. Ikuti langkah-langkah yang diberikan untuk melakukan hal yang sama.
Buka Pengelola Perangkat.Perluas Adaptor jaringan.Klik kanan pada driver Intel WiFi 6 Anda dan pilih Perbarui driver.PilihJelajahi komputer saya untuk driver.Klik Biarkan saya memilih dari daftar driver yang tersedia di komputer saya komputer.Pilih versi yang lebih lama dan klik Berikutnya.
Setelah beralih ke driver yang berbeda, mulai ulang sistem, dan lihat apakah masalah terus berlanjut.
2] Instal ulang Driver Intel Anda

Mungkin Driver Intel Anda rusak. Jika itu masalahnya, kita perlu menginstalnya kembali. Sekarang, meskipun setelah menguninstall driver, Windows dapat mendeteksi penginstalan secara otomatis hanya dengan mengklik sebuah tombol. Namun, kami sarankan Anda mengunduh versi terbaru driver Anda dari Intel.com. Karena komputer Anda tidak memiliki driver WiFi, komputer tidak akan terhubung ke jaringan nirkabel. Jadi, Anda dapat menggunakan kabel ethernet atau mengunduh driver di beberapa sistem lain dan menggunakan USB untuk mentransfernya ke komputer Anda.

Untuk mencopot pemasangan driver Intel, ikuti langkah-langkah yang ditentukan.
Buka Pengelola Perangkat.Perluas Adaptor jaringan.Klik kanan pada driver Intel WiFi 6 Anda dan pilih Copot pemasangan perangkat.Klik Copot pemasangan untuk mengonfirmasi.
Setelah mencopot pemasangan driver, mulai ulang komputer Anda. Kemudian buka Pengelola Perangkat, klik Pindai perubahan perangkat keras, atau klik kanan pada Adaptor jaringan, lalu pilih Pindai perubahan perangkat keras.

Ini akan menginstal driver, setidaknya Anda akan dapat berinternet setelahnya. Jika driver yang benar tidak terinstal atau tidak ada driver yang terinstal, instal file yang telah kita download tadi. Mudah-mudahan, ini akan berhasil untuk Anda.
3] Atur Ulang Pengaturan Jaringan

Mungkin Pengaturan Jaringan telah dikonfigurasi sedemikian rupa sehingga menghentikan driver Intel WiFi 6 dari bekerja. Kami harus mengatur ulang pengaturan jaringan dan melihat apakah itu membantu. Ikuti langkah-langkah yang diberikan untuk melakukan hal yang sama.

Windows 11
Buka Setelan.Buka tab Jaringan & internet.Klik pada Setelan jaringan lanjutan.Dari Setelan lainnya, klik Setel ulang jaringan.Klik tombol Setel ulang sekarang.
Windows 10
Buka Setelan.Klik pada Jaringan & Internet .Buka Status.Pilih Setel ulang jaringan > Setel ulang sekarang.
Di kedua platform, Anda harus mengikuti petunjuk di layar untuk menyelesaikan penyetelan ulang.
4] Setel Ulang Protokol JaringanMasalahnya hanyalah kesalahan kecil. Kesalahan ini biasanya ada di protokol jaringan. Kami akan merilis dan memperbarui IP, mengatur ulang Winsock, dan menyiram DNS dan memeriksa apakah itu berfungsi. Untuk melakukannya, buka Command Prompt dan jalankan perintah berikut.
ipconfig /release ipconfig /renew ipconfig /flushdns ipconfig /registerdns netsh winsock reset
Semoga ini berhasil untuk Anda.

Itu saja!

Bagaimana cara memperbaiki adaptor WIFI Intel saya?

To perbaiki Adaptor WiFi, pertama, pastikan itu diaktifkan. Untuk melakukannya, buka Panel Kontrol, ubah Lihat menurut menjadi ikon Besar, klik Jaringan & Pusat Berbagi > Ubah setelan adaptor. Klik kanan pada WiFi dan pilih Aktifkan jika dinonaktifkan.

Jika driver diaktifkan, jalankan pemecah masalah Jaringan dari Command Prompt.

Jika tidak berhasil, coba solusi yang disebutkan di atas untuk menyelesaikan masalah.

Periksa juga: Perbaiki Konektivitas IPv6, Tidak ada kesalahan akses jaringan pada Windows 11/10.