Driver Kelas Microsoft IPP Tidak ada warna, Hilang atau Tidak terpasang

IPP (Internet Printing Protocol) adalah protokol internet yang digunakan untuk komunikasi antara perangkat klien (seperti komputer, ponsel, dll.) dan printer melalui port IPP. Di komputer Windows, Driver Kelas Microsoft IPP digunakan untuk tujuan ini. Beberapa pengguna mengalami masalah dengan Driver Kelas Microsoft IPP. Menurut mereka, Microsoft IPP Class Driver memungkinkan mereka untuk mencetak hanya dalam monokrom. Padahal, beberapa pengguna menemukan Driver Kelas Microsoft IPP hilang dari komputer mereka. Jika dokumen yang dicetak dengan menggunakan Driver Kelas Microsoft IPP tidak berwarna atau jika driver Kelas Microsoft IPP hilang atau tidak diinstal pada sistem Anda, solusi yang diberikan dalam posting ini dapat membantu Anda memperbaikinya.

Apa itu Driver Kelas Microsoft IPP yang tidak diinstal ?

Jika Anda menghubungkan printer ke perangkat Windows menggunakan port IPP, Anda mungkin memerlukan driver Microsoft IPP Class. “Driver Kelas IPP Microsoft tidak diinstal” berarti driver Kelas IPP hilang dari perangkat Windows Anda atau Anda belum menginstalnya dengan benar. Jika driver Kelas IPP hilang, komputer Anda tidak akan dapat berkomunikasi dengan printer Anda, oleh karena itu, Anda akan mengalami beberapa masalah dengan printer Anda.

Driver Kelas Microsoft IPP Tidak berwarna, Hilang atau Tidak terpasang

Coba solusi berikut untuk memperbaiki masalah ini.
Jalankan Printer TroubleshooterCoba cetak melalui Microsoft XPS Document WriterUninstall dan instal ulang driver printerHapus dan tambahkan printer lagiPilih driver printer dan port
yang benar Mari kita lihat semua solusi ini secara detail.
1] Jalankan Printer Troubleshooter

Masalah yang Anda alami pada Janda Anda 11/10 perangkat terkait dengan printer. Oleh karena itu, menjalankan Pemecah Masalah Printer dapat membantu Anda memperbaiki masalah tersebut. Anda akan menemukan Pemecah Masalah Printer di aplikasi Pengaturan Windows 11/10 Anda.

Jika Pemecah Masalah Printer tidak membantu, coba solusi berikutnya.
2] Cobalah untuk mencetak melalui Microsoft XPS Document Writer
Microsoft XPS Document Writer adalah driver print-to-file yang memungkinkan pengguna membuat file dokumen XML. Jika Microsoft IPP Class Drier hilang atau memberi Anda cetakan monokrom dokumen Anda, Anda dapat mencoba satu hal. Cetak dokumen Anda menggunakan Microsoft XPS Document Writer.

Saat Anda mencetak dokumen, Windows menampilkan opsi untuk memilih printer. Pilih Microsoft XPS Document Writer dari drop-down dan kemudian klik tombol Print. Setelah itu, Windows akan menyimpan dokumen Anda dalam format Open XPS. Sekarang, Anda dapat mencetak dokumen itu. Masalah seharusnya tidak terjadi kali ini.
3] Copot pemasangan dan instal ulang driver printer
Masalahnya mungkin terjadi karena driver printer yang kedaluwarsa atau rusak. Untuk mengatasi jenis masalah seperti itu, hapus instalan dan instal ulang driver printer. Anda dapat menghapus penginstalan driver printer Anda melalui Device Manager. Langkah-langkah untuk hal yang sama tercantum di bawah ini:
Tekan tombol Win + X dan pilih Device Manager.Di Device Manager, perluas node Antrian Cetak.Klik kanan pada driver printer Anda dan pilih Uninstall device.Klik Uninstall.
Setelah mencopot pemasangan driver printer, restart komputer Anda. Sekarang, kunjungi situs web resmi pabrikan printer Anda dan unduh versi terbaru driver printer Anda. Jika driver diunduh dalam format zip, ekstraklah. Sekarang, jalankan file penginstal untuk menginstal ulang driver printer.

Menghapus dan menginstal ulang driver printer telah berhasil bagi banyak pengguna. Ini mungkin bekerja untuk Anda juga.
4] Hapus dan tambahkan printer lagi
Jika menghapus dan menginstal ulang driver printer tidak menyelesaikan masalah Anda, metode ini akan membantu. Hapus sepenuhnya printer Anda dari perangkat Windows 11/10 Anda. Saat menghapus atau mencopot pemasangan printer sepenuhnya dari perangkat Windows, Anda dapat melakukannya dengan menggunakan:
Aplikasi PengaturanWindows 11/10Panel KontrolProperti Server CetakProperti Perintah PromptRegistry Editor
Setelah melepas printer Anda, mulai ulang perangkat Windows 11/10 Anda. Setelah me-restart komputer Anda, tambahkan printer Anda lagi ke sistem Anda. Sekarang, printer Anda harus mulai mencetak dokumen berwarna.
5] Pilih driver printer yang benar dan port
Solusi ini telah bekerja untuk banyak pengguna. Pilih driver dan port printer yang benar untuk printer Anda dan lihat apakah itu memperbaiki masalah. Ikuti instruksi yang tertulis di bawah ini:

Buka aplikasi Pengaturan Windows 11/10. Buka “Bluetooth & Devices > Printers & Scanners.” Pilih printer yang bermasalah dengan Anda. Klik opsi Printer Properties. Jendela baru akan terbuka. Klik pada tab Advanced.Klik pada menu drop-down Diver dan pilih printer yang tepat.Sekarang, klik pada tab Ports dan pilih printer yang tepat.Klik Apply dan kemudian OK.
Sekarang, matikan printer Anda dan restart komputer Anda. Setelah me-restart komputer Anda, hidupkan printer Anda dan biarkan terhubung ke komputer Anda. Anda seharusnya dapat mengambil cetakan berwarna menggunakan printer Anda.

Baca: Epson Connect Printer Setup tidak dapat menemukan printer

Bagaimana cara menginstal driver Microsoft IPP Class?

Anda dapat menginstal driver Microsoft IPP Class untuk printer Anda dengan mengikuti langkah-langkah yang tercantum di bawah ini.

Kanan- klik pada menu Mulai dan pilih Pengaturan. Ini akan membuka aplikasi Pengaturan Windows 11/10. Buka “Bluetooth & devices > Printers & scanners.” Sekarang, klik tombol Add a printer or scanner (di Windows 10) dan tombol Add device (di Windows 11). Klik pada Printer yang saya inginkan tidak terdaftar link. Jendela Add printer akan muncul. Pilih opsi “Select a shared printer by name”. Ketik HTTP://(alamat IP printer Anda)/printer.Klik Next. Setelah itu, Windows akan menghubungkan komputer Anda ke printer dan membuka Add Printer Wizard.Klik Microsoft dari sisi kiri lalu pilih driver IPP Class untuk printer Anda.Klik OK.
Semoga ini membantu.

Baca selanjutnya: Fix Printer is in Error Status di Windows 11/10.