Efek Transparansi tidak berfungsi di Windows 11/10

Transparency Effects memberikan peningkatan estetika yang keren pada antarmuka pengguna Windows. Namun, beberapa pengguna menghadapi masalah di mana efek Transparansi tidak berfungsi pada komputer Windows 11/10 mereka. Pada artikel ini, kita akan membicarakan masalah ini secara mendetail dan melihat apa yang perlu Anda lakukan untuk mengatasinya. issue.
Aktifkan Transparansi dari PengaturanUbah pengaturan RegistriNonaktifkan Mode Penghemat DayaPerbarui Windows dan Driver GrafisPemecahan Masalah di Boot BersihCoba Paket Kinerja Tinggi atau TertinggiPastikan Anda menggunakan Windows
asliMari kita bicarakan secara mendetail.
1] Aktifkan Transparansi dari Pengaturan

Pertama, coba aktifkan efek Transparansi dari Pengaturan Windows. Jika Anda telah mengaktifkan opsi tersebut, dan yakin akan hal itu, Anda dapat melewati solusi ini. Ikuti langkah-langkah yang ditentukan untuk melakukan hal yang sama.
Buka Pengaturan.Buka Personalisasi > Warna.Aktifkan Efek Transparansi.
Sekarang, mulai ulang sistem dan lihat apakah masalah terus berlanjut.
2] Ubah pengaturan Registri

Jika Anda telah mengaktifkan opsi Transparansi, tetapi masalahnya sepertinya tidak hilang, coba ubah pendaftar. Untuk melakukannya, buka Registry Editor dari Start Menu dan navigasikan ke lokasi berikut.
ComputerHKEY_CURRENT_USERSoftwareMicrosoftWindowsCurrentVersionThemesPersonalize
Klik dua kali pada Enable Transparency dan setel Value data ke 1. Semoga ini berhasil trik untuk Anda.

Sekarang, pergi ke lokasi berikut.
ComputerHKEY_LOCAL_MACHINESOFTWAREMicrosoftWindowsDwm
Klik kanan pada ruang kosong, dan pilih Nilai DWORD (32-bit). Sekarang, beri nama “ForceEffectMode”, dan atur Value data ke 2.

Semoga, ini akan berhasil untuk Anda.
3] Nonaktifkan Power Saver Mode

Mode Penghemat Daya cenderung menonaktifkan semua fitur yang tidak penting untuk menghemat baterai. Jika Anda kehabisan baterai dan telah memulai mode ini, kemungkinan efek Transparansi dinonaktifkan. Yang harus Anda lakukan dalam hal ini adalah menonaktifkan mode Power Saver, baik dari Quick Settings atau dari Windows Settings.

Untuk menonaktifkan mode Power Saver dari Quick  Settings, Anda cukup membukanya dari Taskbar dan menonaktifkan Power Saver. Jika Anda tidak melihat opsi, coba lakukan hal yang sama dari Pengaturan Windows. Buka Setelan, buka Sistem > Daya & baterai, dan nonaktifkan Penghemat Daya.
4] Perbarui Windows dan Driver Grafik Mungkin ada bug di Windows yang menghentikan Anda menggunakan efek Transparansi. Anda harus melanjutkan dan memeriksa apakah ada pembaruan yang tersedia. Jika ada pembaruan, coba instal di sistem Anda. Hal lain yang perlu Anda lakukan adalah memperbarui driver GPU Anda. Berikut adalah beberapa metode untuk melakukan hal yang sama.
Install Optional dan Driver Update.Download driver dari situs web produsen.
Semoga, ini akan berhasil untuk Anda.
5] Pemecahan Masalah di Clean Boot
Mungkin ada aplikasi pihak ketiga yang mengganggu dengan proses Transparansi dan menyebabkan masalah untuk Anda. Dalam hal ini, Anda perlu melakukan Clean Boot dan menonaktifkan/mengaktifkan proses secara manual hingga Anda menemukan pelakunya. Kemudian, yang harus Anda lakukan adalah menghapus atau menonaktifkannya dan Anda akan baik-baik saja.
6] Coba High atau Ultimate Performance Plan
Sekarang, kita akan mencoba dan mengubah Power Plan Anda karena itu juga dapat membatasi beberapa fungsi seperti efek Transparansi . Jika masa pakai baterai menjadi pertimbangan Anda, coba aktifkan Rencana Kinerja Tinggi atau Tertinggi dan lihat apakah itu membantu.
7] Pastikan Anda menggunakan Windows
asliJika Anda tidak memiliki produk asli, ada banyak batasan yang Anda dapat dihadapi, termasuk namun tidak terbatas pada kurangnya efek transparansi. Fitur ini tersedia di Windows asli dan mungkin tidak akan berfungsi sebaliknya. Jadi, lanjutkan dan dapatkan salinan Windows asli untuk Anda sendiri untuk menikmati fitur tersebut.

Mudah-mudahan, ini akan berhasil untuk Anda.

Bagaimana cara memperbaiki efek Transparansi yang tidak berfungsi?

Efek transparansi tersedia di semua salinan asli Windows 11 /10, tetapi “asli” adalah kata kuncinya di sini. Jadi, untuk memperbaiki masalah yang dimaksud, Anda perlu memastikan bahwa Anda menggunakan salinan asli. Jika Anda memiliki salinan asli, langkah Anda selanjutnya adalah melihat apakah mode Transparansi diaktifkan. Namun, itu adalah beberapa hal yang sangat umum dilakukan orang, tetapi untuk memperbaiki masalah ini selamanya, Anda perlu mencoba menjalankan solusi yang disebutkan dalam artikel ini.

Baca Juga: Cara membuat windows transparan di Windows 11/10 

Bagaimana cara memaksa Transparansi di Windows 11?

Efek transparansi dapat diterapkan di Windows 11 dari Pengaturan. Cukup buka Pengaturan> Personalisasi> Warna dan aktifkan efek Transparansi. Ada banyak hal lain yang dapat Anda konfigurasikan dari halaman Pengaturan itu seperti warna aksen dan di mana Anda ingin warna itu ditampilkan.

Baca Juga: Cara membuat Taskbar transparan atau buram di Windows.