Enkripsi Perangkat tidak muncul atau berfungsi di Windows 11/10

Kekhawatiran keamanan data semakin jelas dari sebelumnya, oleh karena itu, pengembang mencoba untuk menanamkan sebanyak mungkin fitur keamanan. Enkripsi Perangkat bawaan adalah salah satunya. Namun, untuk banyak pengguna, Enkripsi Perangkat tidak ditampilkan atau tidak berfungsi. Kita akan membicarakan hal ini secara rinci dalam artikel ini.

Apa itu Enkripsi Perangkat?

Enkripsi pada dasarnya adalah kumpulan data Anda dalam format yang tidak dapat dibaca. Jadi, bahkan jika seorang peretas dapat mengambil data Anda, mereka tidak akan dapat memahaminya. Enkripsi Perangkat mengambil data yang berupa teks biasa dan kemudian mengubahnya menjadi algoritma enkripsi format yang tidak dapat dibaca (ciphertext). Data ini hanya dapat didekripsi menggunakan kata sandi atau kunci pemulihan.

Mengapa Enkripsi Perangkat tidak muncul atau berfungsi?

Enkripsi Perangkat tidak ditampilkan atau berfungsi di Windows 11/10 Home. Ternyata, masalahnya terkait dengan Tidur dan Siaga Modern.

Saat komputer Anda tidak aktif dalam jangka waktu tertentu, komputer akan masuk ke mode Tidur. Semua program yang berjalan di RAM masuk ke daya rendah. Sekarang, jika Enkripsi Perangkat diaktifkan, Bitlocker mengambil data dan mengenkripsinya. Sekarang, masalah dengan Bitlocker Windows Home adalah, tidak seperti versi Pro, Bitlocker tidak memiliki fitur lanjutan yang diperlukan untuk waktu bangun yang lebih singkat. Jadi, Microsoft, untuk mengatasi masalah ini, memperkenalkan Modern Standby. Fitur ini memungkinkan komputer Anda mempercepat transisi antara status aktif dan nonaktif. Sekarang, masalah dengan Modern Standby adalah tidak berfungsi bersama Enkripsi Perangkat karena berfungsi dengan menjaga beberapa aplikasi tetap berjalan di latar belakang untuk mengambilnya lebih cepat. Tetapi untuk melakukan itu, fitur tersebut perlu mendekripsi data yang dienkripsi saat komputer Anda memasuki Mode Tidur. Pada banyak sistem, Modern Standy tidak ada, karena itu Enkripsi tidak akan diaktifkan. Ada juga bug yang menghentikan pengguna untuk mengaktifkannya.

Perbaiki Enkripsi Perangkat tidak muncul atau berfungsi di Windows 11/10

Jika Anda tidak dapat mengenkripsi data, ikuti saran berikut.
Pastikan komputer Anda kompatibelPerbarui komputer AndaPastikan Anda adalah seorang administrator
Mari kita bicarakan secara detail.
1] Pastikan komputer Anda kompatibel

Pertama dan terpenting, Anda perlu memastikan bahwa komputer Anda kompatibel untuk mengenkripsi data. Berikut adalah ketentuan yang harus Anda sesuaikan untuk menggunakan Enkripsi Perangkat.
TPM Module 2.0 (Trusted Platform Module) dengan dukungan untuk Modern StandbyTPM harus diaktifkan firmwareUEFI (Unified Extensible Firmware Interface)
Anda juga dapat memeriksa apakah sistem Anda kompatibel menggunakan aplikasi System Information . Jadi, telusuri “Informasi Sistem” dari Start Menu. Setelah aplikasi diluncurkan, cari Dukungan Enkripsi Perangkat untuk mengetahui mengapa enkripsi Anda tidak berfungsi.
2] Perbarui komputer Anda
Jika komputer Anda memenuhi kriteria, tetapi Enkripsi Perangkat masih gagal, periksa apakah ada pembaruan yang tersedia. Karena salah satu alasan mengapa Anda menghadapi masalah ini adalah karena bug, jika ada perbaikan bug yang tersedia, menginstalnya akan membantu Anda.
3] Pastikan Anda adalah administrator

Anda perlu memastikan bahwa Anda adalah seorang administrator

administrator, jika tidak, Anda tidak akan dapat mengaktifkan Enkripsi Perangkat. Untuk memeriksa apakah Anda seorang administrator atau bukan, ikuti langkah-langkah yang ditentukan.
Buka Control Panel.Klik pada User Accounts > User Accounts (ya ada dua opsi, satu demi satu). Jika Anda melihat Administrator tertulis di bawah nama pengguna Anda, Anda administrator.
Jika Anda tidak menggunakan akun administrator, alihkan ke akun tersebut lalu coba aktifkan.

Semoga ini bisa membantu Anda.

Bagaimana cara mengaktifkan enkripsi di Windows 11?

Enkripsi Perangkat dapat diaktifkan menggunakan Pengaturan Windows di komputer Windows 11. Ikuti langkah-langkah yang ditentukan untuk mengaktifkan enkripsi di Windows 11.
Buka Pengaturan dengan Win + I.Klik pada Privasi & keamanan.Buka Enkripsi perangkat.Aktifkan sakelar Enkripsi perangkat.
Dengan cara ini drive Anda akan dienkripsi.

Baca: Apa perbedaan antara Enkripsi dan Hashing?

Apakah Windows 11 memiliki Enkripsi Perangkat?

Ya, Windows 11 memiliki Enkripsi Perangkat. Tidak hanya Windows 11, Windows 10 pun memiliki fitur ini. Pentingnya enkripsi tidak dapat diabaikan. Meningkatnya ancaman keamanan dunia maya tidak disembunyikan dari siapa pun, setidaknya tidak dari Microsoft, yang merupakan hal yang baik. Itulah sebabnya mereka mencoba menambahkan fitur seperti yang dimaksud untuk mengamankan data pelanggan mereka. Sistem Anda hanya perlu memenuhi beberapa kriteria keamanan yang disebutkan di atas dan Anda akan dapat menikmati kehidupan yang aman.

Apa yang harus dilakukan jika Enkripsi hilang dari sistem Anda?

Jika komputer Anda tidak memenuhi kriteria, Anda tidak dapat mengenkripsi file. Anda harus mencoba perangkat lunak enkripsi file dan folder terbaik untuk melakukan hal yang sama. Ini adalah aplikasi gratis dan alternatif yang bagus untuk Enkripsi Perangkat Windows.

Baca selanjutnya:
Fix Enkripsi perangkat ditangguhkan sementara kesalahanMengapa Microsoft menyimpan Kunci Enkripsi Perangkat Windows Anda ke OneDrive?