Euro Truck Simulator mogok, beku, tidak dimuat di PC

Jika Euro Truck Simulator mogok, macet, atau tidak dimuat di PC Windows 11/10 Anda, berikut adalah beberapa saran yang berfungsi untuk membantu Anda memperbaiki masalah tersebut. Euro Truck Simulator adalah game simulator truk yang tersedia untuk PC Windows. Meskipun gim ini sangat populer di kalangan pecinta simulator, bukan berarti gim ini bebas dari masalah. Banyak pengguna telah melaporkan menghadapi, menabrak, membeku, dan tidak memuat masalah di Euro Truck Simulator 2.

Euro Truck Simulator mogok, beku, tidak memuat

Jika Euro Truck Simulator 2 mogok, beku, atau tidak memuat di PC Windows 11/10 Anda, coba saran berikut:
Pastikan PC sesuai dengan System RequirementDownload Update Graphics Driver terbaruVerifikasi integritas file gameHapus file cache gameJalankan dengan hak administratif Daftar putih game melalui Windows Defender FirewallInstal ulang game
Sekarang mari kita lihat semua solusi secara detail.
1] Pastikan PC cocok dengan Persyaratan Sistem
Sebelum mencoba solusi teknis apa pun, Anda harus memastikan bahwa sistem Anda mampu menjalankan game terlebih dahulu. Di bawah ini adalah persyaratan minimum yang diikuti oleh persyaratan yang disarankan untuk menjalankan Euro Truck Simulator 2.

Minimum:
OS: Windows 7Processor: CPU dual core 2.4 GHzMemori: 4 GB RAMGPU: GeForce GTS 450-class (Intel HD 4000)Hard Drive: 12 GB tersedia space
Direkomendasikan :
OS: Windows 7/8.1/10 64-bitProsesor: CPU quad core 3.0 GHzMemori: 6 GB RAMGrafis: GeForce GTX 760-class (2 GB)Hard Drive: 12 GB ruang yang tersedia2] Unduh pembaruan Driver Grafis terbaru
Salah satu alasan utama di balik masalah dalam pertanyaan bisa menjadi driver grafis usang. Sebagian besar game modern termasuk, Euro Truck Simulator 2 mengharuskan Anda menginstal driver grafis terbaru di sistem Anda agar dapat berjalan tanpa masalah. Jika bukan ini masalahnya, Anda akan selalu menemukan diri Anda terganggu oleh masalah mogok, pembekuan, atau tidak memuat. Jadi, unduh dan instal driver grafis terbaru untuk memperbaiki masalah. Begini caranya.
Anda dapat memperbarui driver GPU Anda secara manual.Untuk memperbarui driver Anda secara otomatis termasuk driver kartu grafis, Anda dapat menggunakan pembaruan driver pihak ketiga.Unduh pembaruan driver terbaru dengan mengunjungi situs web pabrikan.3] Verifikasi integritas file game

Masalahnya yang dimaksud bisa hasil dari file game yang corrupt atau hilang. Anda dapat menghilangkan masalah ini dengan menggunakan Steam Verify integrity of game files options. Berikut cara melakukannya.
Buka Steam di PC Windows Anda.Klik pada opsi Library yang ada di bagian atas jendela.Klik kanan pada Euro Truck Simulator 2, dan pilih Properties dari menu konteks.Beralih ke tab Local Files.Klik pada Verifikasi integritas file game.
Tunggu hingga proses selesai. Setelah selesai, reboot sistem Anda dan periksa apakah Anda masih menghadapi masalah.

Lihat: PUBG Crashing atau Freezing pada Windows PC
4] Hapus file cache game
Seperti aplikasi lainnya, Euro Truck Simulator 2 menyimpan file cache. Tetapi di sisi negatifnya, sejumlah besar data cache, atau cache yang rusak dapat menyebabkan masalah yang berbeda termasuk yang ada dalam pertanyaan. Berikut cara membersihkan cache Euro Truck Simulator 2.
Untuk memulai, tutup klien Steam.Tekan tombol pintas Windows + R untuk membuka kotak dialog Run.Di tempat yang disediakan, ketik %public%Documents dan tekan tombol enter.Delete folder Steam.
Buka klien Steam dan luncurkan game. Periksa apakah Anda masih menghadapi masalah.

Lihat: Halo Infinite terus membeku, mogok, gagap, atau tidak bekerja
5] Jalankan dengan hak administratif
Tidak memiliki hak administratif adalah alasan utama lain di balik masalah dalam pertanyaan. Aplikasi yang berbeda termasuk, Euro Truck Simulator 2 memerlukan hak administratif untuk berjalan tanpa masalah. Berikut cara melakukan needful.
Klik kanan pada Euro Truck Simulator 2, dan pilih Properties.Beralih ke tab Compatibility.Centang Jalankan program ini sebagai opsi administrator.Klik Apply > OK.
Luncurkan game dan periksa masalahnya.

Read: New World terus-menerus mogok atau membeku di PC Windows [Fixed]
6] Daftar putih game melalui Windows Defender Firewall
Terkadang Euro Truck Simulator 2 mungkin tidak berfungsi sebagaimana mestinya karena Windows Firewall memblokir game. Sebagai solusinya, coba nonaktifkan Windows Firewall Anda untuk sementara dan lihat apakah masalahnya sudah diperbaiki atau belum. Jika masalah telah diperbaiki, izinkan game melalui firewall untuk menghilangkan masalah secara permanen.
7] Instal ulang game
Jika tidak ada langkah yang membantu, Anda dapat mencoba menginstal ulang game. Mungkin ada masalah dengan penginstalan yang menyebabkan masalah. Hal terbaik untuk dilakukan dalam situasi ini adalah menginstal ulang game.

Dapatkah Euro Truck Simulator 2 berjalan di Windows 7?

Ya, sesuai dengan persyaratan minimum gim, Anda dapat dengan mudah menjalankan Euro Truck Simulator 2 di Windows 7. Satu-satunya hal Anda perlu memastikan bahwa sistem Anda memiliki setidaknya prosesor Dual-core CPU 2,4 GHz dan  4 GB RAM. Anda harus memiliki 12 GB ruang yang tersedia untuk menginstal game.

Apa yang menyebabkan masalah mogok Euro Truck Simulator?

Masalah mogok Euro Truck Simulator 2 terutama disebabkan pada perangkat yang tidak kompatibel. Jika sistem Anda tidak menampilkan pembaruan driver grafis terbaru, kemungkinan besar Anda akan menghadapi masalah. Hal ini juga akan terjadi jika belum mendownload update game terbaru.

Baca Selanjutnya: Genshin Impact terus crash atau freeze di PC Windows.