File Lokal Spotify tidak muncul di PC Windows

Banyak pengguna mengeluh bahwa File Lokal Spotify tidak muncul di komputer mereka. File Lokal adalah yang Anda tambahkan ke pemutar Spotify dari komputer Anda. Sesuai laporan, Spotify tidak dapat mengambil beberapa file atau menunjukkannya kepada pengguna. Dalam posting ini, kami akan membahas masalah ini dan melihat apa yang dapat Anda lakukan untuk mengatasinya.

Perbaiki File Lokal Spotify tidak muncul di Windows PC

Jika File Lokal Spotify tidak muncul, jalankan solusi berikut untuk menyelesaikan masalah.
Aktifkan Tampilkan File LokalKonfigurasikan File preferensiHapus Spotify CacheIzinkan Spotify melalui FirewallPindahkan File Lokal ke lokasi lainInstal Ulang Spotify
Mari kita bicarakan secara detail.
1] Aktifkan Tampilkan File Lokal

Pertama-tama, kita perlu memeriksa apakah opsi Tampilkan File Lokal diaktifkan di Spotify. Jika fitur dinonaktifkan di Pengaturan Spotify, Anda tidak akan dapat melihat file. Untuk melakukan hal yang sama, ikuti langkah-langkah yang ditentukan.
Buka Spotify.Klik foto profil Anda lalu pilih Setelan.Gulir ke bawah ke File Lokal lalu aktifkan sakelar Tampilkan File Lokal.
Anda juga dapat menambahkan lokasi penyimpanan lagu Anda mengklik tombol Tambahkan sumber . Jika ini tidak berhasil, pindah ke solusi berikutnya.
2] Konfigurasikan file Pref

Selanjutnya, Anda perlu mengonfigurasi file Pref Spotify karena itu akan menyelesaikan masalah untuk Anda. Solusi ini bekerja untuk banyak pengguna dan mungkin bekerja untuk Anda juga. Namun, sebelum itu, tutup Spotify, tidak hanya dengan mengklik tombol Cross tetapi dengan membuka Task Manager, mengklik kanan Spotify dan memilih End Task. Kemudian buka File Explorer, klik View > Show > Hidden items, dan buka lokasi berikut.

Jika Anda telah mengunduhnya dari Microsoft Store
C:Users\AppDataLocalPackagesSpotifyAB.SpotifyMusic_zpdnekdrzrea0LocalStateSpotify
Jika Anda mengunduh Spotify dari situs web
C:Users\AppDataRoamingSpotify
Cari file bernama Pref, buka dengan Notepad atau Notepad++, tambahkan string berikut ke baris ke-4 file teks dan simpan perubahan.
ui.experience_override=”classic”
Sekarang, kita perlu membuat file Read-Only. Untuk melakukan hal yang sama, klik kanan pada file Pref, pilih Properties, centang Read-only dan klik Apply > Ok.

Akhirnya, luncurkan Spotify dan semoga, Anda dapat melihat Local Files.
3] Hapus Spotify Cache

Anda dapat juga mengalami masalah aneh jika cache Spotify rusak. Namun, kabar baiknya adalah, jika kita menghapus cache, cache yang baru dibuat tidak akan rusak. Selain itu, karena kami tidak menghapus data, tetapi cache, Anda tidak akan melihat perbedaan apa pun di aplikasi Spotify.
Buka aplikasi Spotify.Klik profil Anda dan pilih Setelan.Gulir ke bawah untuk membuka Penyimpanan > Cache.Klik pada Tombol Hapus Cache lalu konfirmasi tindakan Anda dengan mengklik tombol Hapus Cache lagi saat diminta.
Setelah cache dihapus, buka aplikasi dan periksa apakah masalah telah teratasi. Mudah-mudahan, ini akan membantu Anda.
4] Izinkan Spotify melalui Firewall
Jika Anda tidak mengetahuinya, Windows Firewall selalu memindai setiap aplikasi yang Anda instal dan mengawasi aktivitasnya. Ini dilakukan untuk memastikan bahwa komputer Anda selalu aman dan sehat dan tidak ada aplikasi yang memberi Anda fitur sebagai ganti data Anda. Namun, hal yang sama dapat dikatakan dalam kasus ini, karena Anda sendiri yang memberi Spotify hak untuk memutar file yang disimpan di komputer Anda. Oleh karena itu, jika Anda ingin Spotify mengambil File Lokal, Anda harus mengizinkannya melalui Firewall. Untuk melakukan hal yang sama, ikuti langkah-langkah yang ditentukan.
Telusuri Keamanan Windows dari Start Menu.Buka Firewall & perlindungan jaringan > Izinkan aplikasi melalui firewall.Klik Ubah Pengaturan. Cari Spotify Music dan izinkan melalui jaringan Publik dan Pribadi .
Terakhir, simpan perubahan Anda dan lihat apakah masalah telah teratasi.
5] Pindahkan File Lokal ke lokasi lain
Spotify mungkin gagal mengenali File Lokal karena beberapa kesalahan. Untuk mengatasi masalah dalam kasus ini, kita perlu memindahkan file ke lokasi yang berbeda dan kemudian memindahkannya kembali ke lokasi mereka saat ini dan melihat apakah itu berhasil. Jadi, pertama-tama, buka alamat tempat File Lokal Anda disimpan, dan salin dan tempel di tempat lain. Sekarang, hapus semua file dari lokasi saat ini. Terakhir, pindahkan kembali semua file ke lokasi aslinya. Ini akan memaksa Spotify untuk menyegarkan file-nya dan dalam prosesnya, masalah Anda mungkin teratasi.
6] Instal ulang Spotify
Jika tidak ada yang berhasil, pilihan terakhir Anda adalah menginstal ulang aplikasi Spotify dan melihat apakah itu berfungsi. Ini harus menjadi pilihan terakhir Anda karena kami tidak ingin Anda kehilangan data dan konfigurasi sistem tanpa alasan. Itu dikatakan jika tidak ada yang berhasil, lanjutkan dan hapus instalan Spotify. Untuk mengunduh salinan aplikasi yang baru, Anda dapat membuka apps.microsoft.com atau Spotify.com. Terakhir, setelah menginstal ulang aplikasi, periksa apakah masalah telah teratasi.

Semoga ini akan berhasil untuk Anda.

Baca Juga: Cara melihat riwayat mendengarkan Spotify di Desktop dan Situs Web

Bagaimana cara mendapatkan file lokal di Spotify untuk Windows?

Menambahkan File Lokal cukup mudah di Spotify untuk Windows, yang harus Anda lakukan adalah mengakses Pengaturan, yang dapat dilakukan dengan mengklik profil Anda dan kemudian memilih Pengaturan. Kemudian, gulir ke bawah ke File Lokal, aktifkan sakelar Tampilkan File Lokal, klik Tambahkan sumber, buka lokasi penyimpanan file Anda, lalu tambahkan folder.

Mengapa beberapa file lokal saya tidak muncul di Spotify?

Jika beberapa File Lokal tidak muncul di Spotify, coba segarkan perpustakaan. Untuk melakukan hal yang sama, Anda dapat mengikuti solusi ke-5 yang disebutkan dalam posting ini. Jika itu tidak berhasil, ada setengah lusin solusi yang tercantum di sini, ikuti mereka untuk menyelesaikan masalah. Semoga, Anda dapat menyelesaikan masalah menggunakan solusi yang disebutkan dalam postingan ini.

Baca: Firewall mungkin memblokir Spotify, Kode kesalahan 30.